Pengertian Manajemen Keuangan – Management keuangan ialah aktivitas rencana, pengendalian, penyimpanan, dan pengaturan dana dan asset yang dipunyai satu perusahaan. Pengendalian keuangan harus diperkirakan dengan masak supaya tidak muncul permasalahan di masa datang.

Konsep Management Keuangan

Ada beberapa Manajemen Keuangan manager keuangan yang perlu diaplikasikan di tiap perusahaan.

Responsibilitas

Responsibilitas ialah kewajiban kepribadian dan hukum yang ada dalam sebuah perusahaan. Hingga bisa dijumpai darimanakah dana didapat, dana digunakan buat apa saja, dan bagaimana perusahaan menggunakan dana itu. Seluruh pihak dan faktor di perusahaan harus tahu bagaimana dana dan kuasa itu dipakai.

Stabilitas

Mekanisme keuangan perusahaan harus dilaksanakan secara stabil, bukan bermakna perusahaan jangan menukar mekanisme yang telah berjalan. Tapi karena ada penggantian itu mengisyaratkan ada pemakaian dana yang tidak konstan

Keberlangsungan Hidup

Pengertian Manajemen Keuangan keuangan harus dapat berencana keuangan supaya perusahaan tetap berjalan dan hidup. Manager keuangan harus juga memunyai taktik keuangan yang tepat.

Transparan

Perusahaan harus terbuka dan terbuka pada keuangan perusahaan. Perusahaan harus sediakan info mengenai rutinitasnya sama orang yang memiliki kepentingan. Keuangan yang tepat, komplet, dan rapi bisa dijangkau dnegan gampang oleh tiap manager yang memiliki kepentingan.

Standard Akuntansi

Mekanisme akuntasi yang berjalan di tiap perusahaan sebaiknya sama. Yang berrarti semua akuntan di penjuru dunia bisa mengerti dan paham mengenai mekanisme akuntasi yang serupa.

Kredibilitas

Laporan dan catatan keuangan harus dijaga integritasnya secara baik. Neraca keuangan harus dibikin sedetail dan seakurat kemungkinan.

Pengendalian

Perusahaan harus dapat mengurus keuangan perusahaan dengan tepat. Perusahaan harus dapat jamin jika dana yang sudah dibujetkan bisa dipakai sesuai arah dan gagasan keuangan yang sudah dibikin awalnya.

Peranan Management Keuangan yang Harus Kamu Kenali

Kecuali arah manager keuangan di atas, manager keuangan harus juga memiliki peranan yang pasti. Janganlah sampai manager keuangan tidak memiliki peranan apa-apa dan cuman berdiri dengan sendiri saja. Ada beberpa peranan manager keuangan :

  1. Rencana
    Berencana keuangan dalam sebuah perusahaan benar-benar lah penting. Rencana keuangan mencakup mengendalikan uang kas, hitung rugi keuntungan, berencana cash flow.
  2. Anggaraning
    Anggaraning sebagai aktivitas membagikan dana untuk seluruh kepentingan perusahaan. Peruntukan ini harus dilaksanakan seminimal kemungkinan dan mengoptimalkan bujet yang ada.
  3. Controlling
    Controlling ialah lakukan pengaturan atau penilaian pada keuangan yang berjalan. Penilaian dilaksanakan untuk membenahi mekanisme keuangan perusahaan supaya perusahaan bisa bertahan.
  4. Auditing
    Auditing ialah proses pengecekan keuangan. Pengecekan keuangan perusahaan seperti aturan akuntasi akan menghindar terjadi penyimpangan dan penyelewengan dana perusahaan.
  • 5 Reporting Reporting ialah memberikan laporan keuangan. Memberikan laporan keuangan perusahaan harus dikerjakan secara terbuka dan terbuka di semua kelompok perusahaan. Laporan ini bermanfaat untuk memberi info kondisi keuangan perusahaan.

Panduan Mengurus Management Keuangan

Sesudah Anda ketahui mengenai peranan, arah, dan konsep manager keuangan. Kita harus juga tahu bagaimana panduan pengendalian keuangan yang baik. Berikut ada banyak panduan pengendalian keuangan yang pas buat.

1. Pisah Di antara Rekening Individu dan Keuangan Perusahaan

Banyak pebisnis yang menambahkan uang individu dan uang perusahaan. Uang individu dan perusahaan harus dibagi, hal itu bermanfaat untuk menghitung kondisi keuangan perusahaan dan menghindar penyimpangan keuangan perusahaan.

2. Distribusikan Pengeluaran untuk Menggaji Diri Sendiri

Walau perusahaan itu punya Anda sendiri, di tiap bulan Anda harus membagikan dan untuk menggaji diri Anda sendiri yang jelas sesuai keperluan. Bila Anda pinjam uang di perusahaan sendiri harus juga dicatat sebagai hutang dan harus dibalikkan.

3. Buat Laporan Keuangan

Neraca keuangan dibikin dengan arah ketahui masuk keluarnya uang dan bisa ketahui untung dan rugi usaha yang berjalan.

4. Buat Catatan Prediksi Arus Kas

Karena ada catatan prediksi cash flow, perusahaan dapat ketahui kapan harus keluarkan dana dan kapan saatnya terima dana. Catatan ini berperan untuk cari usaha saat sebelum terjadi rugi pada keuangan perusahaan.

5. Jauhi Uang Bermalam di Pegawai

Janganlah sampai uang perusahaan dibawa oleh pegawai yang mengelola keuangan perusahaan. Kemungkinan besar uang itu akan digunakan untuk kepentingan individu sang pegawai.

6. Kerjakan Check Stock Barang

Memeriksa stock barang secara periodik akan meminimalkan kecurangan. Umum terjadi stock barang yang telah terjual dicatat belum terjual. Jadi, dana yang semestinya masihlah ada harus lenyap tanpa arah yang pasti.

7. Pisah Kasir dan Akunting

Sisi yang menggenggam uang kasir harus juga membuat laporan keuangannya sendiri. Uang kasir harus disampaikan sehari-harinya, ini untuk menghindar kekuatan kecurangan data.

Untuk mempermudah hal itu Anda dapat memakai software POS dan akuntansi untuk meminimalkan perlakuan fraud dan mempermudah Anda mengawasi usaha.

Untuk hasil yang optimal Anda dapat memakai software akuntansi yang mempunyai feature integratif dengan bermacam software kasir, misalnya ialah seperti Akirate Online.

Sekian pembahasan tentang Pengertian Manajemen Keuangan  semoga bermanfaat.

Sumber Referensi: