SEO Youtube

Ingin membuat Video Anda menonjol dari yang lain? Apakah Anda memikirkan cara terbaik untuk meningkatkan brand? Lalu apa yang bisa lebih baik dari SEO youtube (Search Engine Optimization)?

Ketika kita melihat jaringan media sosial seperti Facebook, Instagram, youtube, dll., Youtube semakin populer dan menjadi cara yang efisien untuk menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan pendapatan bisnis. Sesuai penelitian, sekitar 2 miliar orang masuk youtube setiap bulan. Tidak ada dua pendapat bahwa angka ini akan meningkat dari tahun ke tahun.

Dengan melihat minat orang, sebagian besar organisasi lebih suka mengunggah video di saluran youtube untuk membuat pengguna memahami konsep kompleks dan mengubah pengunjung anonim menjadi prospek yang berkualitas.

Tidak peduli apakah itu video youtube pertama Anda atau yang keseribu, mengoptimalkan video itu penting. Ini tidak hanya akan membantu Anda untuk menempatkan video Anda di atas tetapi juga meningkatkan reputasi merek.

Jika Anda membaca artikel ini, Anda mungkin penasaran untuk mengetahui tips dengan mempertimbangkan video youtube mana yang dapat dioptimalkan SEO.

Sekarang, tanpa diskusi lebih lanjut, mari kita lihat tips yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di Youtube.

Tips Menaikkan Peringkat di Youtube

Traffic YouTube

1. Buat Judul yang Dioptimalkan

Judul memainkan peran penting dalam mengoptimalkan keseluruhan video. Jika judul Anda menarik, maka akan mudah bagi Anda untuk menarik perhatian pengunjung dan memberi peringkat pada video Anda # 1. Memang ada berbagai cara untuk mengoptimalkan video youtube, namun pengoptimalan judul adalah cara yang paling sederhana dan efektif untuk melakukannya.

Coba buat judul yang bertuliskan, “clickbait”. Judul Anda yang menjanjikan harus menyampaikan pesan yang sama kepada pengunjung yang disampaikan oleh seluruh video Anda. Anda juga dapat memasukkan kata kunci yang sering dicari untuk meningkatkan peringkat video youtube Anda. Taktik semacam itu akan meningkatkan peluang rasio klik-tayang

Tapi, benar juga bahwa satu judul yang menarik tidak cukup untuk memberi peringkat video di atas, kata kunci juga penting.

2. Buat Kata Kunci Tertarget

Tidak ada dua pendapat bahwa kata kunci bermanfaat dalam meningkatkan peringkat video. Pada dasarnya, kata kunci dan SEO berjalan seiring. Jika Anda membuat kata kunci yang terfokus, maka peluang untuk berada di puncak Google meningkat.

Setiap kali Anda membuat kata kunci, pastikan Anda bertanya pada diri sendiri, apa tujuan / fokus utama di balik pembuatan video tersebut.

Setelah Anda mendapatkan jawaban ini, akan mudah bagi Anda untuk menghasilkan kata kunci yang sederhana, menarik, dan dioptimalkan untuk SEO. Ada berbagai alat yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui pencarian dan persaingan kata kunci, antara lain KeywordTool,io Perencana kata kunci, SEMrush, Ahref, dll.

Jadi, selalu coba buat kata kunci pencocokan luas atau tepat yang secara langsung menunjukkan topik utama. Setelah Anda berhasil menemukan kata kunci yang sesuai dengan topik Anda, mulailah menggunakannya sambil membuat video youtube, dan evaluasi hasilnya. Anda akan melihat peningkatan yang cukup besar dalam peringkat saluran youtube Anda

3. Membuat Script yang Luar Biasa

Skrip adalah faktor lain yang akan membantu Anda menentukan peringkat video di atas. Bagaimanapun, skrip adalah tulang punggung video. Jika naskah Anda informatif dan menarik, pengunjung akan senang untuk tetap menonton video Anda. Selain itu, ada kemungkinan mereka akan berbagi hal yang sama dengan yang lain.

Sekitar 92%orang akan membagikan video tersebut kepada orang lain jika menurut mereka video tersebut informatif dan menarik.

Setiap kali Anda menulis skrip, pastikan Anda menyelesaikannya dalam 250 300 karakter. Ini akan membantu Anda membuat video yang tidak terlalu panjang, juga tidak terlalu pendek. 
Sesuai analisis Adage , ditemukan bahwa 10 detik pertama adalah periode emas bagi pemasar. Buat naskah yang melibatkan dan menangkap pengunjung dalam 10 detik pertama. Anda juga dapat menyewa perusahan produksi video penjelajah untuk memanfaatkan layanan video terbaik dengan biaya yang wajar.

Jadi, pastikan video yang Anda buat sederhana, mendidik, pendek, dan cuplikannya. Dengan demikian, ini akan membantu Anda menjaring audiens yang tepat pada waktu yang tepat.

4. Tambahkan Deskripsi yang Dioptimalkan

Saat membuat judul dan kata kunci yang ramah SEO, deskripsi yang dioptimalkan sama pentingnya. Judul dan deskripsi yang menarik akan memaksa penonton untuk membuka video.

Sekarang, intinya adalah apa yang perlu dipertimbangkan saat menulis deskripsi yang dioptimalkan dan menarik.

Baik! Usahakan untuk menyelesaikan video dalam 250 kata atau kurang karena youtube menampilkan 125 karakter pertama di atas. Pastikan juga untuk menambahkan kata kunci yang menarik dalam deskripsi yang Anda buat sambil membuat judul untuk menarik lebih banyak pengunjung dalam waktu yang lebih singkat.

Membuat deskripsi yang dioptimalkan bukan hanya tentang algoritme Google; itu juga akan membantu Anda menjaga video tetap menarik perhatian pengunjung. Jadi, mulailah memahami kekuatan deskripsi Youtube.

5. Link dengan Benar

Jika Anda ingin video Anda dilihat di sesi saat ini dan berperingkat lebih tinggi, maka membangun tautan adalah cara lain untuk meningkatkan peringkat konten Anda.

Anda mungkin tidak asing dengan konsep bahwa google menemukan jumlah backlink untuk memahami apakah konten itu berharga atau tidak. Untuk memenuhi kriteria ini, tautkan sebanyak mungkin situs web atau blog. Ini akan membantu Anda membuat video lebih informatif dan menarik. Tapi pastikan tautan yang Anda tambahkan dalam video itu berharga.

Ingatlah selalu, semakin banyak jumlah backlink, semakin baik pula rangking youtube nya. Jadi, bersiaplah untuk memberi peringkat video Anda di bagian atas saluran youtube dengan membuat tautan balik yang sesuai.

6.  Tingkatkan Waktu Menonton

Waktu tonton adalah faktor lain yang menentukan peringkat youtube Anda. Waktu tonton adalah waktu yang dihabiskan oleh orang-orang yang menonton video di Youtube. Semakin lama waktu tonton, semakin tinggi peringkat video karena berdampak positif pada algoritme Google. Semua video yang sangat ditonton di youtube memiliki peringkat tinggi.

Jadi, selalu coba maksimalkan waktu tonton youtube dengan membuat video yang sangat menarik dan mendidik. Anda juga dapat menambahkan beberapa animasi dan efek menyenangkan lainnya yang membuat video menonjol dari yang lain.

Selain itu, jangan pernah meregangkan video Anda terlalu lama dan mencoba langsung ke intinya di awal video Anda. Taktik ini akan membantu Anda dalam membuat video yang memaksimalkan waktu tonton Youtube dan membangkitkan minat pengunjung.

Jadi, jika Anda ingin mengetahui apakah video youtube Anda sesuai atau tidak, maka Anda selalu dapat membandingkan waktu tonton video yang Anda upload.

7. Buat Thumbnail yang menarik

Judul dan Gambar Mini keduanya dilihat oleh orang-orang sebelum melakukan klik. Jadi, sangat penting untuk membuat gambar mini yang dirancang dengan baik karena semakin baik gambar mini dan judulnya, semakin tinggi rasio klik-tayang, dan semakin banyak produktivitas bisnis.

Menurut analisis, visual diproses 60.000 kali lebih banyak dibandingkan dengan teks. Semakin tinggi produktivitas bisnis, semakin baik peringkatnya. Setiap gambar mini terutama dirancang untuk menarik perhatian pengunjung dan memperkuat kinerja peringkat Anda.

Jadi, jika Anda ingin membuat video youtube yang menonjol, maka cobalah untuk membuat thumbnail yang menarik, unik, dan informatif karena tidak hanya akan menarik perhatian pengunjung tetapi juga meningkatkan reputasi brand Anda. Jadi, bersiaplah untuk membuat video berkualitas tinggi.

Singkatnya

Youtube adalah salah satu tempat paling kompetitif untuk meningkatkan brand awareness karena jumlah pengunjung yang menonton video di youtube sangat besar. Baik! Memang meningkatkan SEO youtube memang tidak semudah yang dibayangkan, tapi itu bukan sesuatu yang mustahil.

Mempertimbangkan teknik yang tercantum di atas tidak hanya akan meningkatkan SEO Youtube tetapi juga meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Sekarang tunggu apa lagi? Singsingkan lengan baju Anda untuk membuat video yang menguntungkan agar bisnis Anda tetap dalam posisi yang merangsang.

Namun, jika Anda memiliki pemikiran kedua, silakan tinggalkan pesan di bagian yang ditambahkan di bawah ini. Baca di situs semutku untuk mengetahui berbagai update terlengkap seputar teknologi, gadget dan beragam tips lainnya.