Skip to content

Sekelumit Tentang Shalat Gerhana

Pada tanggal 26 Mei 2021 akan terjadi peristiwa alam berupa gerhana bulan. Peristiwa gerhana bulan dapat terjadi terjadi ketika posisi Bumi di antara Matahari dan Bulan serta menghalangi cahaya dari matahari ke bulan. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa ketika gerhana bulan terjadi, yang kita lihat sebenarnya ialah bayangan Bumi yang jatuh di permukaan Bulan

Di dalam agama Islam diajarkan bahwa gerhana matahari dan gerhana bulan adalah peristiwa astronmi normal yang salah satu merupakan tanda-tanda kebesaran Allah dan tidak berkaitan dengan nasib buruk seseorang atau suatu negara. Di dalam Islam juga diajarkan ibadah berupa shalat sunnah gerhana ketika terjadi gerhana. Shalat gerhana dilaksanakan pada saat terjadi gerhana hingga dengan usai gerhana, baik pada saat gerhana matahari maupun gerhana bulan, pada gerhana total maupun gerhana sebagian.

Apabila gerhana usai namun shalat masih ditunaikan, maka shalat tetap dilanjutkan dengan memperpendek bacaan. Orang yang diperbolehkan untuk mengerjakan shalat gerhana ialah mereka yang mengalami gerhana atau berada di bawah lintasan gerhana. Bagi mereka yang berada di kawasan yang tidak dilintasi gerhana tidak dituntunkan mengerjakan ibadah ini. Salat gerhana dilaksanakan secara berjamaah tanpa adzan dan iqamah. Dilaksanakan dua rakaat, pada setiap rakaat melakukan rukuk, qiyam dan sujud dua kali. Salat gerhana boleh dilakukan di tanah lapang ataupun di dalam masjid.

Beberapa manfaat yang akan kita peroleh ketika mendirikan salat gerhana:

  1. Mengerjakan amalan sesuai dengan yang dilaksanakan oleh Nabi
    Manfaat pertama yang bisa kita peroleh saat mendirikan salat gerhana adalah akan diberikan ganjaran pahala oleh Allah. Selain itu berarti kita juga telah mengamalkan salah satu amalan Nabi Muhammad yang pastinya akan dicatat sebagai salah satu bentuk amal sholeh.
  2. Mendekatkan Diri Kepada Allah
    Manfaat selanjutnya ialah sebagai bentuk keimanan kepada Allah. Dengan mendirikan salah satu perintah Allah tentunya akan membuat diri kita semakin dekat dengan Allah. Salah satu hal yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah adalah dengan cara mendirikan amalan sunnah salat gerhana.
  3. Pengingat akan Hari Kiamat
    Sebaaimana yang kita ketahui bersama bahwa salah satu tanda kiamat ialah terjadinya peristiwa astronomi berupa matahari tidak lagi terbit dari timur, melainkan dari barat. Oleh sebab itu manfaat yang terakhir ialah dapat sebagai pengingat akan datangnya hari kiamat.

Itulah tadi sekelumit tentang shalat gerhana. Semoga dapt memberikan wawasan baru bagi kita semua.

Published inUncategorized