Skip to content

Adab Belajar Menurut Islam

Bila seorang muslim ingin mencari ilmu hendaknya ia mengerti bagaimana adab adab dalam mencari ilmu itu karena segala hal yang dilakukan harus mempunyai adab. Sebagaimana halnya saat kita hendak membaca Al Quran, kita diwajibkan berwudhu lebih dahulu. Dalam mencari atau menuntut ilmu juga sama, terdapat adab yang harus dipahami. Disinilah pentingnya memahami adab dalam menuntu ilmu.

Imam Malik pernah berpesan,
“Pelajarilah adab sebelum mempelajari ilmu”

Abdullah bin Mubarak juga berkata,
“Dulu kami belajar adab selama 30 tahun, sedangkan mempelajari ilmu hanya selama 20 tahun.”

Perkataan di atas menunjukkan betapa pentingnya memiliki adab yang baik, terutama ketika menuntut ilmu. Dengan mengetahui adab akan lebih dimudahkan dalam memahami ilmu, selain itu ilmunya juga dapat membawa keberkahan.

Lalu bagaimana dan apa saja yang harus diperhatikan tentang adab-adab dalam menuntut ilmu itu? Kita akan bahas beberapa adab-adab dalam menuntut ilmu itu sendiri.

1. Diniatkan Karena Allah

Terkadang ada beberapa orang yang sedang menuntut ilmu itu tidak karena Allah. Seringnya meniatkan dirinya mencari ilmu agar kelak mendapat pekerjaan. Bahkan ada yang menuntut ilmu dengan maksud disebut sebagai ahli. Namun akan lebih utama apabila ketika akan menuntut ilmu yaitu diniatkan karena Allah dengan mengharapkan Ridho-Nya.

2. Takut Kepada Allah

Semakin seseorang mengenal Allah, sudah seharusnya ia semakin dekat kepada Allah. Hal ini akan semakin besar pula rasa takutnya kepada Allah. Di antara golongan yang takut kepada Allah adalah ulama (orang yang berilmu) sebagaimana yang tertuang dalam Surat Fatir ayat 28.

3. Selalu Berdoa Kepada Allah

Ilmu itu cahaya, dan cahaya tidak akan masuk ke dalam seseorang yang hatinya kotor. Disinilah kita harus selalu berdoa kepada Allah agar membukakan hati kita serta melapangkan dada kita ketika menuntut ilmu.

4. Menghormati Guru

Menghormati guru merupakan keharusan bagi umat muslim. Guru merupakan sumber ilmu yang dapat kita petik hikmahnya. Sebagai sumber ilmu, sudah sepantasnya seorang guru selalu kita hormati.

5. Menghormati Diri Sendiri

Dalam mencari ilmu memerlukan kesungguhan. Hormatilah diri sendiri dengan cara menghargai diri dan membuang rasa malas serta bosan agar target menggapai ilmu dapat tercapai.

Demikianlah sedikit adab dalam menuntut ilmu. Terima kasih sudah membaca.

Published inKhazanah