Skip to content

Surat Al Humazah dan Balasan Bagi Orang Tamak

Di dalam kitab suci al-Quran, Surat Al Humazah merupakan surat urutan ke 104. Al Humazah memiliki arti pengumpat. Surat ini terdiri dari 9 ayat dan termasuk golongan Makkiyah.

Berikut terjemahan Surat Al Humazah:
“Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya, dia (manusia) mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya. Sekali-kali tidak! Pasti dia akan dilemparkan ke dalam (neraka) Hutamah. Dan tahukah kamu apakah (neraka) Hutamah itu? (Yaitu) api (azab) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sungguh, api itu ditutup rapat atas (diri) mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.”

Jika manusia mengesampingkan akhirat dan hanya mengutamakan urusan dunia saja, manusia tersebut pasti mempunyai akhlak yang tidak baik. Surat ini menegaskan hukuman dan azab kepada golongan yang bersikap demikian. Hidupnya sibuk dengan duniawi, pangkat dan mengumpulkan harta benda saja.

Yang dimaksud dengan orang yang suka mengumpat adalah orang yang suka mencela dan menjelek-jelekkan orang lain. Menurut Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di, di antara sifat humazah dan lumazah yakni hanya mengumpulkan harta benda saja, menghitung-hitungnya dan sngat tamak pada hartanya. Selain itu mereka tidak punya keinginan untuk menginfakkan sebagian harta mereka di jalan kebaikan atau yang lainnya.

Sifat tamak terhadap harta memiliki akibat yang sangat buruk, diantaranya:

  • Bakhil, yaitu kecintaan akan harta benda yang berlebihan sehingga tidak mau berbagi kepada orang lain yang lebih membutuhkan.
  • Egois, sikap mementingkan diri sendiri dan tidak pedul dengan orang lain.
  • Individualis, sikap tidak peduli dengan lingkungan sekitar dan yang difikirkan hanya diri sendiri.
  • Ambisius negatif, hasrat ingin memiliki harta sebanyak-banyaknya tanpa peduli akan halal haramnya.
  • Menjadikan harta sebagai hal yang dipuja, dikejar dan diimpikan.

Balasan kepada pengumpat yang tamak adalah akan dimasukkan ke dalam neraka Hutthamah. Huttamah ialah api yang menyala atas perintah Allah. Ia akan membakar orang-orang yang lebih cinta kepada dunia dan tidak menginfakkannya.

Semoga kita termasuk orang-orang yang terhindar dari sifat buruk pengumpat dan tamak serta kikir. Dan semoga kita semua selamat dari api neraka. Aamiin.

Baca juga: Puasa dan Kesehatan

Published inKhazanahKisah