Fitur WhatsApp Terbaru yang Jarang Orang Ketahui

By | Januari 4, 2021

UNS, Fitur WhatsApp Terbaru – Di zaman digital serba cepat ini siapa sich yang tidak menggunakan program chatting WhatsApp? Ya, WhatsApp jadi salah satunya program chatting terkenal yang sering dipakai oleh orang dari bermacam kelompok dan umur di penjuru dunia.

Selain penampilannya yang simpel dan mempermudah pemakai, sejumlah fitur memikat dan hebat juga lagi diperbaharui hingga makin menambah pemakai berasa nyaman memakainya.

Tetapi, dari beberapa fitur whatsapp yang ada, beberapa relatif jarang-jarang dijumpai tetapi dapat berguna untuk pemakai. Apa sajakah? Baca pembahasan lengkapnya dari belajarinfo.com di bawah ini.

1. Menyembunyikan Chat di WhatsApp

Kamu berasa kebanyakan ruangan percakapan (chatroom) di WhatsApp? Nah, feature “Arsip” bisa saja jalan keluar untuk membereskan ruangan percakapan.

Khususnya, bila kamu masih sangsi untuk meniadakan keseluruhnya pesan pembicaraan. Dengan “Arsip”, chatroom cuman akan diselinapkan dan akan tampil kembali saat ada pesan baru masuk dari contact yang diselinapkan itu.

Android

Bila pengin mengarsipkan beberapa pembicaraan saja, tentukan chatroom yang diharapkan > click dan tahan (hold) > tentukan simbol arsip yang dilukiskan dengan kotak dan anak panah ke bawah.

Simbol arsip ada disamping atas, persisnya di tengah simbol senyap (mute) dan menu (titik tiga vertikal).

Jika pengin mengarsipkan seluruh chat, membuka penataan (seting) > chat > kisah chat > arsipkan seluruh chat > ok.

Pesan yang diarsipkan bisa dicari dan chatroom akan kembali tampil saat ada pesan baru diterima.

iPhone

Pemakai WhatsApp di iPhone dapat manfaatkan feature ini dengan geser pesan menuju kiri dan tentukan pilihan arsipkan. Pesan yang telah diarsipkan bisa dijangkau dari laci dibagian bawah daftar pembicaraan WhatsApp di handphone.

2. Mencari File dengan Cepat

Tahun akhir 2020 tempo hari, WhatsApp mengeluarkan feature untuk memudahkan pemakainya dalam cari file, baik photo, video, GIF, atau dokumen.

Untuk cari file pada jalan pintas, click simbol penelusuran yang dilukiskan dengan simbol kaca pembesar > tentukan tipe file yang pengin dicari, apa photo, GIF, video, audio, dokumen, atau link.

Lalu tambahkan kata yang lain terkait dengan penelusuran. Selaku contoh, jika pengin cari link dari tehnologi.id di satu pembicaraan, karena itu dalam penelusuran tentukan “link”, lalu saran kata “belajarinfo.com”. Nantinya akan tampil beberapa omongan yang memuat link tersebut.

3. Notifikasi Berbeda untuk Setiap Kontak/Group

Sejumlah besar pemakai WhatsApp terima banyak pesan tiap hari, hingga hp kerap mengeluarkan bunyi atau bergetar yang memberikan indikasi akseptasi pemberitahuan. Walau demikian, umumnya pesan dengan jumlah banyak ini malah mengakibatkan pemakai melewatkannya.

Nah untuk menghindariinya, kamu dapat mengendalikan suara pemberitahuan berlainan untuk tiap-tiap pembicaraan, baik pembicaraan group atau individual.

Triknya, ketok nama group atau contact untuk terhubung penataan chat. Selanjutnya, tentukan sinyal titik tiga di pojok kanan atas halaman pembicaraan, dan akses Grup Informasi.

Di bagian Grup Informasi, dapatkan pilihan Custom Notification dan contreng pilihan itu, selanjutnya tentukan pemberitahuan yang diharapkan untuk contact atau group itu.

4. Ekspor Chat Ke Perangkat Lain

Saat sebelum mengalihkan WhatsApp ke piranti lain, umumnya pemakai akan lakukan pencadangan hp. Tetapi, seringkali ada banyak pesan yang tersisip dan tidak turut tercadangkan.

Salah satunya pilihan yang dapat dipakai ialah menggunaan feature ekspor chat. Feature ini akan mengirim semua kisah percakapan di chatroom, terhitung pesan text, audio, photo, atau video.

Dengan begitu, pesan dari contact yang dipandang penting tetap terselamatkan, jika tidak turut tercadangkan. Pemakai dapat pilih, apa pengin mengekspor pesan text saja, atau meliputi pesan medium (photo, video, audio) juga. Bila mengekespor pesan medium , nanti ukuran file yang di-export akan makin besar.

Export chat dapat dikerjakan dengan buka pembicaraan yang pengin di-export > click simbol menu > more > ekspor chat. Pesan dapat di-export ke e-mail, cloud penyimpanan, atau program perpesanan lain.

5. Mengirim Gambar Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Waktu kita mengirim photo, WhatsApp akan automatis mengkompres photo itu, hingga mutunya turun, pecah resolusinya, dan ukuran akan makin kecil. Untungnya, ada trick yang dapat kalian pakai untuk menangani permasalahan ini, supaya photo yang dikirimkan masih ada dalam kualitas tinggi.

Triknya, tidak boleh memakai galeri untuk mengirimnya, tetapi melalui feature Dokumen. Dengan demikian, photo akan dikirimkan berbentuk file yang utuh.

Lebih detilnya, pada kolom chat, ketok ikon tambahan > tentukan Dokumen > mencari photo yang kalian harapkan. Jika telah, langsung kirim saja.

6. Mencegah Salah Masuk Kamar Chat

Kadang buka WhatsApp yang sarat dengan ruangan percakapan dapat membuat kita salah masuk kamar chat. Contoh, waktu pengin kirim pesan penting ke group kantor atau keluarga, tetapi yang berlangsung malah menulis pesan ke contact atau group lain.

Nah, untuk mengecilkan peluang salah masuk ini, pemakai dapat membuat shortcut atau pintasan chat yang dapat ditempel di monitor khusus hp. Hingga, pemakai langsung akan masuk di ruangan percakapan contact itu tanpa ada terdistraksi pesan dari contact yang lain.

Triknya, tentukan contact atau group chat yang pengin jadi pintasan. Selanjutnya click dan tahan (hold) > click menu > add shortcut (tambah pintasan) > add (tambah).

Shortcut pembicaraan akan automatis ada di monitor khusus dan dapat dipakai untuk langsung ke arah contact atau group spesifik hingga tidak salah masuk kamar chat.

Itu dia, 6 fitur WhatsApp yang jarang-jarang dijumpai tetapi dapat berguna untuk pemakai yang sukses dibahasa oleh tim belajarinfo.com. Selamat mempraktikkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *