Cara Membuat Recent Post di WordPress

By | Januari 12, 2021

UNS, Cara Membuat Recent Post – Setelah membuat website WordPress, Anda harus pastikan jika pengunjung dapat memperoleh sebanyak-banyaknya info berkaitan. Ini bisa Anda kerjakan secara tampilkan recent post

Recent post ialah daftar yang berisi postingan-postingan terkini di website. Karena feature ini, Anda bisa ajak pengunjung untuk membaca artikel-artikel lainnya. Seperti membaca artikel cara membuat sitemap yang baik dan benar.

Karena itu, hubungan dan waktu bertandang di website juga bertambah. Lalu, bagaimana cara membuat recent post? Yuk, simak 6 caranya di artikel ini!

1. Gunakan Widget Recent Posts

Salah satunya langkah paling mudah untuk bikin recent post ialah memakai widget WordPress. Umumnya, widget berada dibagian sidebar atau footer halaman web Anda. Tetapi, harus dipahami jika tiap topik mempunyai posisi widget yang lain.

Jadi, pilih theme WordPress dengan letak widget yang diharapkan. Bila Anda pengin daftar recent post berada di sidebar, pilih theme yang mempunyai feature itu. Demikian demikian sebaliknya.

2. Dengan Plugin

Selain memanfaatkan widget untuk tampilkan recent post, Anda dapat memakai plugin.

Install lebih dulu socketin Recent Post Widget with Thumbnails di WordPress Anda. Di Dasbor, click Socketins > Add New. Selanjutnya, kembalilah ke Dasbor dan click Appearance > Widget. Click tab Recent Posts with Thumbnails dan geser ke daftar widget aktif.

Lewat halaman penataan, bisa Anda saksikan jika socketin ini tawarkan jauh semakin banyak pilihan penyesuaian untuk recent post di sidebar. Supaya memahami perannya, silahkan ulas penataan ini satu demi satu.

3. Dengan Blok Recent Posts di Editor Gutenberg

Semenjak editor Gutenberg dikenalkan di WordPress, membuat daftar recent post dalam posting menjadi lebih gampang. Feature ini benar-benar berguna jika Anda pengin menggerakkan pengunjung website untuk membaca beberapa konten yang lain.

Triknya benar-benar simpel. Membuka posting Anda, selanjutnya tambah blok Latest Posts. Blok ini bisa diketemukan di tab Widgets.

4. Dengan Menambahkan Kode di Functions.php

Ketiga cara tadi benar-benar sangat gampang. Tetapi, mungkin masih kurang fleksibel sebab Anda cuman bisa tampilkan daftar posting terkini di sidebar, footer, atau posting. Bila pengin tentukan terletak sendiri, Anda perlu lakukan coding.

Langkah ini dan sebagainya akan menerangkan cara-caranya. Langkah pertama ialah menambah code di file functions.php. File ini pada intinya berisi penataan sejumlah fitur topik. Untuk mengaksesnya, login ke account cPanel Anda dan membuka file manajer.

5. Dengan Shortcode

Seperti saat mengubah file functions.php, tampilkan recent post memakai shortcode mewajibkan Anda untuk lakukan coding juga. Tetapi, secara lebih simpel. Untuk tampilkan daftar posting terkini memakai shortcode, Anda perlu memasang socketin Display Posts.

6. Dengan WP_query

Cara ini sebenarnya serupa dengan mengubah file functions.php. Perbedaannya, Anda diwajibkan mengubah file template topik, seperti footer.php.

Untuk memakai langkah ini, tentu saja Anda pun perlu membuat child theme. Kalau sudah, Anda tinggal mengopi code di bawah ini ke dalam file yang Anda ubah.

Kami berharap artikel ini tentang cara membuat recent post di wordpress bisa menolong Anda untuk berkreatifitas selanjutnya di website WordPress Anda. Jika ada pertanyaan tentang cara membuat sitemap, silahkan simak artikel kami selanjutnya. Dan jangan malu untuk tinggalkan tanggapan pada kolom di bawah artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *