Inspirasi Cantik Produk Pertanian

Tahukah kamu kalau ternyata ada produk pertanian unik yang bisa kamu manfaatkan sebagai dekorasi di rumah atau hiasan untuk mempercantik kamar kamu.
Mau tahu? Simak sampai habis ya.
1. Terarium

Terarium atau taman mini dalam kaca ini sangat cocok buat kamu yang suka keindahan natural tapi tidak punya cukup waktu untuk merawat taman.

Selain itu, karena disimpan di dalam wadah kaca, kamu bisa menjadikan terarium sebagai dekorasi rumah di sebelah manapun yang kamu inginkan.

Ada berbagai macam tipe terarium yang bisa kamu pilih. Mulai dari tanaman paku, lumut, sukulen, kaktus, atau tanaman apapun yang kamu sukai.

Tapi pastikan tanaman yang kamu pilih adalah tanaman yang ukurannya kecil, suka tempat teduh, toleran terhadap kelembaban tinggi, dan mudah dirawat ya. Selain bisa dibuat sendiri, kamu juga bisa membeli terarium yang sudah jadi.

2. Tanaman dalam botol

Tanaman dalam botol ini sebenarnya merupakan salah satu tahapan dalam proses kultur jaringan. Satu bagian tanaman seperti sel atau jaringan tanaman ditumbuhkan dalam kondisi steril dan di dalam botol kaca agar bisa tumbuh kembali menjadi satu tanaman lengkap kembali.

Cara ini biasanya digunakan untuk membudidayakan tanaman atau mempercepat perbanyakan dari suatu jenis tanaman.

Misalnya seperti pisang, anggrek, ataupun tanaman lainnya. Akan tetapi, dengan sedikit kreasi, tanaman dalam botol ini bisa menjadi hiasan yang cukup cantik juga.

Apalagi jika tanaman yang dikultur adalah jenis bunga. Selain cantik dipandang, tanaman hias yang dikultur juga tidak memerlukan perawatan karena seluruh kebutuhan tanaman tersebut sudah ada di dalam botol kaca.

3. Hidroponik

Hidroponik adalah cara menanam tanaman yang unik dan sangat cocok untuk mereka yang tinggal di kota. Karena untuk melakukan cara ini, kamu tidak perlu memiliki lahan yang luas.

Kamu bisa mengubah halaman belakang atau halaman depan rumah kamu jadi taman kecil dengan beragam jenis tanaman dengan memanfaatkan cara hidroponik ini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat taman hidroponik. Misalnya dengan menggunakan cara Nutrient Film Technique atau WICK yang lebih mudah dan murah.

Pastikan juga tanaman kamu mendapat nutrisi, intensitas cahaya, dan suhu yang sesuai untuk kehidupannya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *