Skip to content

Cara Mengetahui HP disadap, Mudah dan Cepat!

Jika seseorang memata-matai Anda melalui telepon Anda, beberapa tanda akan memberi tahu Anda. Setelah Anda memahami apa yang harus dicari, Anda dapat memantau perangkat Anda untuk indikasi akses tidak sah atau perangkat lunak mata-mata yang diinstal secara diam-diam. Tanda-tanda bahwa seseorang memata-matai ponsel Android atau Apple Anda adalah:

  • Penggunaan data yang tinggi
  • Daya tahan baterai buruk
  • Performa lambat
  • Aktivitas yang tidak dapat dijelaskan saat perangkat dalam keadaan siaga
  • Suhu tinggi saat tidak digunakan
  • Suara aneh selama panggilan

Penggunaan data yang tinggi dapat terjadi ketika perangkat Anda mengirimkan banyak informasi ke sumber yang tidak sah. Misalnya, jika seseorang melihat Anda melalui kamera ponsel Anda, mengirim atau streaming video akan membutuhkan data dalam jumlah besar. Audio, gambar, dan informasi lainnya juga akan memiliki dampak penting saat ditransfer dari perangkat Anda ke perangkat yang dipegang oleh mata-mata.

Oleh karena itu, memantau penggunaan data sangat penting untuk memahami apa yang terjadi pada ponsel Anda. Untungnya, perangkat Android dan iOS memungkinkan Anda mengakses statistik yang berguna untuk membantu penyelidikan Anda.  

Berikut cara mengetahui HP Disadap

1. Buka Pengaturan > Koneksi > Penggunaan data

Layar penggunaan data Pengaturan Android.

2. Ketuk penggunaan data seluler atau penggunaan data Wi-Fi

3. Gulir daftar aplikasi untuk melihat apakah ada aplikasi yang menggunakan jumlah data yang mencurigakan

Layar penggunaan data seluler Pengaturan Android.

4. Ketuk rentang tanggal saat ini dan pilih periode sebelumnya untuk dibandingkan

Pengaturan Android penggunaan data seluler dengan kotak pilihan periode yang ditampilkan.

Apple menyertakan fitur serupa di iOS. Berikut cara mengecek penggunaan data di iPhone:

  1. Buka Pengaturan > Seluler atau Pengaturan > Data Seluler
  2. Periksa aplikasi mana yang menggunakan jumlah data yang sangat tinggi
  3. Gulir ke bawah dan ketuk Layanan Sistem untuk melihat komponen iOS mana yang menggunakan data dalam jumlah besar

Jika Anda tidak dapat membedakan apakah penggunaan tinggi untuk aplikasi tertentu atau tidak, Anda dapat mengetuk Atur Ulang Statistik untuk menghapus statistik saat ini dan memulai dari awal. Melakukannya memungkinkan Anda untuk memantau dengan tepat berapa banyak data yang digunakan aplikasi sejak Anda melakukan reset. Jika aplikasi atau layanan sistem tampak terlalu aktif saat tidak digunakan, seseorang mungkin menggunakannya untuk memata-matai Anda melalui ponsel Anda.

Penggunaan data yang tinggi tidak secara otomatis berarti seseorang telah meretas ponsel Anda. Masalah yang lebih tidak berbahaya dapat menyebabkan gejala yang sama. Namun, jika aplikasi tertentu menunjukkan lonjakan penggunaan data pada waktu yang hampir bersamaan Anda mencurigai seseorang mulai memata-matai Anda, Anda mungkin telah mengidentifikasi potensi masalah.

Daya tahan baterai yang buruk adalah indikator lain bahwa seseorang mungkin mengakses telepon Anda dari jarak jauh. Mengirim data dalam jumlah besar dari perangkat Anda ke mata-mata potensial akan menggunakan banyak daya, dan Anda dapat melihat beberapa statistik konsumsi energi di ponsel Android dan Apple.

Berikut cara memeriksa statistik penggunaan baterai di perangkat Android:

  1. Buka Pengaturan > Baterai dan perawatan perangkat > Baterai
  2. Geser ke kiri pada Penggunaan sejak grafik pengisian penuh terakhir
  3. Periksa statistik 7 hari terakhir untuk mengidentifikasi anomali apa pun

Jika Anda melihat lonjakan besar dalam penggunaan baterai pada saat Anda mencurigai seseorang menyusup ke perangkat Anda, Anda mungkin memiliki bukti lebih lanjut bahwa seseorang memata-matai Anda. Namun, konsumsi energi dapat meningkat karena alasan lain. Misalnya, jika Anda lebih sering menggunakan ponsel atau menjalankan aplikasi yang haus daya, baterai akan lebih cepat habis.

Anda dapat menemukan statistik serupa di perangkat iOS. Berikut cara memeriksa penggunaan baterai di iPhone:

  1. Buka Pengaturan > Baterai
  2. Ketuk 10 Hari Terakhir
  3. Ketuk kolom mana pun selama berhari-hari dengan penggunaan tinggi dan periksa aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan daya

Jika aplikasi yang tidak Anda gunakan atau kenali menguras baterai Anda, Anda mungkin telah mengidentifikasi perangkat lunak mata-mata. Anda harus selalu menyelidiki aplikasi yang mencurigakan lebih lanjut.

Performa yang lambat dapat mengindikasikan perangkat yang disusupi. Perangkat lunak yang digunakan untuk menonton atau merekam Anda melalui telepon akan menggunakan banyak sumber daya, yang dapat memperlambat seluruh sistem Anda. Dengan demikian, perangkat yang lebih tua atau yang kelebihan beban dengan aplikasi juga dapat memiliki masalah kinerja, jadi Anda harus mendapatkan setiap bagian dari teka-teki sebelum melompat ke kesimpulan apa pun.

Aktivitas yang tidak dapat dijelaskan saat perangkat dalam mode siaga bisa menjadi indikator lain bahwa seseorang menggunakan ponsel Anda untuk memata-matai. Memang, pemberitahuan tertentu akan menerangi layar Anda. Namun, aktivitas yang terjadi tanpa alasan yang jelas menjadi alasan untuk penyelidikan lebih lanjut. Jika tidak ada peringatan saat layar Anda menyala, ada hal lain yang membangunkan ponsel Anda.

Perangkat yang berjalan pada suhu tinggi saat tidak digunakan mencurigakan dan dapat mengindikasikan perangkat lunak mata-mata yang berjalan di latar belakang. Kadang-kadang, pembaruan perangkat lunak mungkin dimulai tanpa sepengetahuan Anda dan menghasilkan panas, tetapi ini seharusnya tidak sering terjadi. Selain itu, mengisi daya perangkat Anda akan menaikkan suhunya, tetapi, secara keseluruhan, ponsel yang tidak aktif seharusnya tidak menghasilkan panas yang signifikan.

Suara aneh selama panggilan mungkin menunjukkan bahwa seseorang telah menyadap telepon Anda. Dengan demikian, saluran yang buruk dapat menyebabkan segala macam hal aneh terjadi, tetapi suara yang mencurigakan secara konsisten saat Anda sedang menelepon bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih jahat.

Terbukti, semua gejala seseorang yang memata-matai ponsel Anda bisa berasal dari penyebab lain. Idealnya, Anda harus memeriksa setiap potongan teka-teki untuk membentuk gambaran yang jelas.  

Bagaimana aplikasi sadap HP yang sudah terinstal

Jika Anda yakin bahwa seseorang memata-matai Anda melalui telepon Anda, Anda harus menghapus perangkat lunak apa pun yang mereka gunakan untuk melawan Anda dan menghubungi penegak hukum jika Anda yakin Anda dalam bahaya. Untungnya, membersihkan perangkat Android atau iOS Anda dari aplikasi yang tidak diinginkan itu mudah.

Hapus aplikasi sadap HP dari perangkat Android

Menggunakan alat pendeteksi Spyware Clario adalah salah satu cara tercepat dan paling efektif untuk menghapus perangkat lunak mata-mata dari perangkat Android Anda:

  1. Instal dan luncurkan Clario untuk Android
  2. Masuk atau buat akun
  3. Ketuk Perangkat
  4. Ketuk Mulai Pindai di panel detektor Spyware untuk memeriksa perangkat lunak berbahaya di ponsel Anda
  5. Biarkan pemindaian selesai dan hapus semua ancaman jika ditemukan
Unduh dan instal Clario

Clario melakukan pemindaian menyeluruh untuk mendeteksi dan menghapus perangkat lunak mata-mata apa pun di perangkat Anda. Idealnya, Anda harus selalu menginstal aplikasi keamanan yang baik saat menggunakan ponsel Android, karena sistem operasi (OS) tidak kebal terhadap infeksi.

Hapus perangkat lunak mata-mata dari perangkat iOS

Perangkat lunak iOS Apple terkunci rapat, dan Anda tidak dapat menginstal aplikasi di luar App Store. Ini membuat pengunduhan perangkat lunak berbahaya secara tidak sengaja menjadi sulit. Namun, terkadang kerentanan memang muncul, tetapi Apple umumnya cepat memperbaikinya.

Oleh karena itu, memperbarui perangkat lunak Anda adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari seseorang menggunakan perangkat iOS Anda untuk memata-matai Anda. Inilah cara Anda memeriksa pembaruan perangkat lunak di iPhone Anda:

  1. Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak
  2. Ketuk Instal Sekarang atau Unduh dan Instal jika pembaruan tersedia

Selama Anda tidak melakukan jailbreak pada ponsel Anda, pembaruan perangkat lunak Apple seringkali cukup untuk melindungi perangkat Anda. Namun, beberapa aplikasi yang dikenai sanksi di App Store memiliki kemampuan memata-matai. Aplikasi mata-mata meliputi:

  • mSpy
  • iKeyMonitor
  • SPYERA
  • FlexiSpy

Sebagian besar aplikasi mata-mata yang tersedia di App Store dirancang untuk orang tua yang ingin memantau aktivitas anak-anak mereka. Namun, seperti halnya teknologi apa pun, orang selalu dapat memilih untuk menyalahgunakannya.

Untuk menginstal perangkat lunak mata-mata di iPhone Anda, orang yang melakukannya perlu mengetahui kode sandi perangkat Anda dan kata sandi ID Apple. Jika Anda menemukan aplikasi yang mencurigakan di ponsel Anda, Anda harus segera menghapusnya dan mengubah kredensial login Anda.

Atur ulang ponsel Anda ke setelan pabrik

Sebagai upaya terakhir, Anda dapat memilih untuk menyetel ulang ponsel ke setelan pabrik. Namun, dalam banyak kasus, tindakan drastis seperti itu tidak diperlukan. Jika Anda memutuskan untuk menghapus konten perangkat Anda, Anda harus terlebih dahulu membuat cadangan data penting apa pun.

Berikut cara reset pabrik ponsel Android:

  1. Buka Pengaturan > Manajemen umum > Atur Ulang
  2. Ketuk Reset data pabrik
  3. Ketuk Reset t dan masukkan kode sandi Anda jika diminta

Berikut cara mengatur ulang pabrik iPhone:

  1. Buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone
  2. Ketuk Hapus Semua Konten dan Pengaturan
  3. Konfirmasikan dan masukkan kode sandi Anda jika diminta

Dapatkah seseorang melihat Anda melalui ponsel Anda?

Dengan motivasi, akses, dan perangkat lunak yang tepat, siapa pun, termasuk peretas, petugas polisi, dan agen pemerintah, dapat mengawasi Anda melalui ponsel.

The Guardian melaporkan sebuah contoh di mana pembuat film dokumenter memasang perangkat lunak mata-mata di telepon dan membiarkan seseorang mencurinya. Pemilik aslinya kemudian memata-matai si pencuri, mengawasi melalui kamera perangkat dan mendengarkan dengan mikrofon.

Bagian tersulit bagi peretas adalah mendapatkan perangkat lunak mata-mata di ponsel Anda. Namun, seperti yang dinyatakan oleh cerita Guardian, mata-mata dapat menggunakan salah satu dari banyak cara untuk menyusup ke perangkat Anda, termasuk aplikasi yang disusupi, file PDF, dan emoji. Bahkan tanpa melibatkan peretasan, beberapa orang percaya bahwa ponsel mereka mendengarkan percakapan pribadi mereka .

Vasiota.com melaporkan bahwa setidaknya 25 departemen kepolisian di Amerika Serikat memiliki akses ke Stingray, perangkat yang bertindak sebagai menara seluler palsu dan menipu telepon terdekat untuk menghubungkannya. Polisi kemudian dapat mengawasi siapa pun yang terjebak dalam perangkap. Jika penegak hukum atau lembaga pemerintah merasa perlu untuk memata-matai Anda, mereka pasti akan menggunakan setiap alat yang mereka miliki.

Dapatkah seseorang mencerminkan ponsel saya dan melihat apa yang saya lakukan?

Secara teknis, perangkat lunak berbagi layar memang ada untuk perangkat Android dan iOS, tetapi Anda harus memberikan izin sebelum pencerminan terjadi. Selain itu, sebagian besar aplikasi jenis ini membuatnya cukup jelas saat Anda berbagi layar.

Melihat dengan tepat apa yang Anda lakukan di ponsel mungkin tidak sepadan dengan upaya ekstra bagi peretas, karena mereka dapat belajar banyak hanya dengan mengakses kamera, mikrofon, atau data tersimpan lainnya di perangkat Anda. Kami tidak mengatakan bahwa pencerminan rahasia tidak pernah terjadi, tetapi hanya sedikit jika ada laporan tentang kejadian seperti itu.

Bagaimana cara melindungi HP dari aplikasi penyadap?

Anda dapat menghindari seseorang menggunakan ponsel Anda untuk memata-matai Anda dengan mengikuti praktik keamanan yang baik:

  • Selalu perbarui perangkat lunak
  • Jangan pernah membuka email atau tautan yang mencurigakan
  • Jangan unduh aplikasi yang tidak dikenal
  • Gunakan kata sandi yang kuat yang hanya Anda yang tahu
  • Instal aplikasi keamanan yang baik

Mengapa seseorang memata-matai ponsel Anda?

Penguntit, penipu, penegak hukum, dan lembaga pemerintah semuanya memiliki alasan untuk menggunakan ponsel Anda untuk memata-matai Anda. Perangkat kami membawa banyak data pribadi, dan kami membawanya ke mana pun kami pergi, yang menjadikannya target yang layak.

Tetapi jika Anda mengikuti praktik keamanan yang baik, kemungkinan Anda menjadi korban operasi mata-mata sangat kecil. Jika seseorang memang ingin memata-matai Anda, Anda seharusnya tidak membuatnya mudah bagi mereka.

Sumber: https://www.vasiota.com/2022/04/cara-menyadap-hp.html

Published inTips & Trik