Tips Link Building: Membangun Backlink Berkualitas Tinggi

Pembuatan backlink telah menjadi elemen SEO yang penting selama bertahun-tahun sekarang, namun, aturan pembuatan tautan dan cara berpikir tentang backlink telah mengalami perubahan substansial. Teruslah membaca untuk menemukan di mana mendapatkan tautan berharga, bagaimana menghindari situs web berkualitas buruk, dan apa yang harus difokuskan agar proses pembuatan tautan Anda efektif.

Tautan balik adalah salah satu elemen penting yang akan membantu situs web Anda mencapai peringkat hasil pencarian Google yang tinggi . Mereka sering disebut proses SEO Off-Site atau Off-Page, untuk menekankan bahwa pembuatan backlink dapat terjadi tanpa kredensial situs web .

Jadi, apa sebenarnya membangun backlink SEO itu?

Singkatnya, membangun backlink terdiri dari membuat backlink , artinya tautan ditempatkan pada halaman yang berbeda dan merujuk ke situs web yang bersangkutan.

Hyperlink (atau tautan) adalah elemen seperti frasa, URL bersih, atau CTA (Call to Action) yang mengarahkan pengguna ke lokasi tertentu. Setelah Anda mengklik hyperlink, Anda akan dibawa ke situs web, platform, atau dokumen target.

Hyperlink digunakan untuk memfasilitasi proses navigasi di berbagai situs web. Kami dapat membayangkan tautan sebagai referensi – ditempatkan di situs web atau di dokumen elektronik apa pun, yang – ketika diklik – segera merujuk pengguna ke situs lain atau ke dokumen lain.

Meskipun ada tautan bersih dalam bentuk URL, ada juga yang disebut jangkar yang terkait dengan objek lain – teks atau gambar. Jangkar sangat penting untuk membangun tautan balik , karena kontribusinya yang nyata terhadap posisi situs web dalam hasil pencarian.

Ada berbagai jenis backlink , dan kita dapat membedakan:

  • tautan merek – tautan yang menampilkan nama perusahaan, misalnya Delante.co, Delante,
  • Tautan EMA (teks jangkar pencocokan tepat) – di sini teks jangkar hanya cocok dengan kata kunci, misalnya “Panduan penting pembuatan tautan”
  • campuran – menjadi kombinasi merek dan tautan EMA, misalnya “Panduan untuk membangun tautan berkualitas, oleh Delante.co”
  • tautan navigasi – merujuk ke lokasi tertentu dalam situs web, misalnya “di sini”
  • clean URL – tempat teks URL ditampilkan, misalnya “Kunjungi situs web kami: https://delante.co/”.

Backlink adalah elemen penting yang mempengaruhi proses SEO . Mereka adalah tanda yang menunjukkan bahwa situs web tertentu yang dirujuk dihormati dan dihargai oleh situs web dan sumber lain.

Tautan semacam itu menginformasikan robot mesin pencari bahwa situs web tersebut dapat dipercaya, dan merupakan sumber informasi yang dapat diandalkan.

Fakta bahwa halaman lain menautkan dan merujuk ke situs tertentu memberi tahu Google bahwa situs tertentu ini harus berperingkat tinggi di SERP . Itulah mengapa membangun backlink sangat penting dalam proses SEO.

Kami dapat secara signifikan meningkatkan kinerja situs web Anda secara online dengan pembuatan tautan berkualitas . Mencari tahu bagaimana!

Jika ada cukup banyak backlink berkualitas, situs web Anda kemungkinan akan menempati peringkat teratas dalam hasil pencarian. Di sisi lain, membuat tautan berkualitas buruk dapat mengakibatkan hukuman Google, yang merugikan, biasanya menyebabkan penurunan posisi organik yang signifikan dalam hasil pencarian.

Semakin banyak backlink berkualitas dari sumber berharga yang Anda peroleh, semakin baik pesan yang dikirim ke Google bahwa situs web Anda adalah tempat yang andal dan dapat dipercaya. Akibatnya, otoritasnya meningkat yang mempengaruhi posisi di peringkat.

Untuk melakukan pembuatan backlink dengan benar, Anda perlu memastikan bahwa backlink yang dihasilkan berasal dari halaman yang berkualitas dan berperingkat tinggi.

gambar bangunan backlink

Ada banyak tempat di Internet yang dapat digunakan untuk mendapatkan backlink .

Namun, situs web yang menampilkan tautan harus relevan dengan topik , cocok dengan profil perusahaan Anda. Membuat database domain berharga yang berpotensi digunakan untuk membangun backlink dapat secara signifikan merampingkan kampanye.

Pada tahap ini, jangan lupa untuk mendiversifikasi sumber – mendapatkan tautan dari beberapa domain berbeda akan jauh lebih baik dan efektif daripada mendapatkan seratus tautan balik dari satu situs web.

Sumber backlink yang paling umum meliputi:

  • Jaringan situs Anda sendiri – ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink SEO berkualitas tinggi – membuat situs mikro yang berkualitas tinggi itu sendiri. Ini bisa berupa blog atau situs web dengan entri atau artikel berharga, tempat Anda dapat mempublikasikan entri dengan tautan ke halaman utama Anda.
  • Direktori – situs web SEO khusus yang menampilkan jumlah besar dalam berbagai kategori tematik. Memiliki PA yang tinggi, direktori tersebut ditinjau secara positif oleh mesin pencari, termasuk Google. Untuk menjamin kualitas backlink SEO Anda, pastikan direktori yang Anda gunakan berharga dan backlink yang diperoleh tidak akan merusak profil tautan Anda.
  • Komentar blog dan posting forum – pengguna mengajukan banyak pertanyaan, dan Anda dapat memberikan jawaban yang komprehensif (dengan tautan) di bidang keahlian Anda.
  • Publikasi ahli dan artikel bersponsor – ketika situs web Anda ditampilkan oleh penerbit terkenal, hal itu berdampak positif pada pengakuannya dan dapat memberi Anda banyak manfaat, seperti jangkauan yang lebih baik, kelompok sasaran yang lebih luas, atau konversi yang lebih tinggi.
  • Posting media sosial – posting media sosial dengan tautan tidak memengaruhi SEO secara langsung tetapi dapat membuat situs web Anda lebih dapat dipercaya di mata mesin pencari.
  • Baris – konten teks pendek, sering kali menampilkan foto dan… tautan, tentu saja! Diterbitkan di situs web khusus, menawarkan produk atau layanan bisnis kami kepada berbagai pelanggan.
  • NAP SEO – singkatan dari Name, Address, Phone Number – situs web khusus yang mengumpulkan informasi bisnis berikut: nama bisnis/nama pemilik, nama keluarga, alamat, dan nomor telepon. NAP merampingkan identifikasi dan verifikasi bisnis dan memiliki dampak positif pada SEO lokal .
  • Media Nasional – Backlink media nasional memiliki power yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan ribuan traffic perharinya yang menjadikan link Anda menjadi berkualitas. Saat ini, banyak jasa backlink media nasional yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan otoritas website Anda.

Tidak ada aturan emas tentang itu.

Namun, ada baiknya tetap bersikap moderat, terutama jika Anda tidak memiliki terlalu banyak domain penautan. Profil backlink yang diinginkan harus seluas mungkin, tampak alami bagi Google.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah meningkatkan jumlah backlink SEO secara bertahap , dimulai dengan hanya sejumlah kecil tautan yang dibuat. Peningkatan jumlah backlink yang tiba-tiba akan dianggap tidak wajar, dan robot Google dapat menghukum situs web Anda karena aktivitas tersebut.

SEO yang efektif bergantung pada konten unik berkualitas tinggi yang berharga bagi pembaca dan menarik perhatian mereka. Menerbitkan entri menarik di blog industri atau situs web lain meningkatkan peluang Anda untuk diperhatikan oleh pengguna. Dengan cara ini proses pembuatan backlink SEO Anda akan terjadi secara alami!

Ingatlah untuk selalu memberikan tautan ke situs web Anda di konten yang dipublikasikan!

2. Terapkan Jangkar

Jangkar yang diterapkan dengan benar terlihat alami bagi Google dan pengguna. Pastikan Anda menautkan elemen berharga dan konten jangkar sesuai dengan konten halaman yang akan dituju pengguna.

Ingatlah untuk tidak menggunakan jangkar yang sama dengan tautan yang berbeda! Ini akan membingungkan robot Google!

Tautan SEO berkualitas tinggi sangat penting bagi Google .

Algoritme canggihnya menganalisis dan memfilter halaman jika mereka mencurigai bahwa tautan balik tertentu tidak wajar. Itu sebabnya membuat tautan berkualitas rendah dapat menyebabkan hukuman Google , dan bahkan dapat mengakibatkan penurunan posisi Anda di SERP secara signifikan.

Seperti apa seharusnya tautan SEO berkualitas tinggi itu ?

Pertama dan terpenting, tautan semacam itu harus menampilkan informasi yang andal, berharga bagi pengguna. Mereka harus unik, jangan menyalin konten dari situs lain, dan pastikan semuanya dieja dengan benar.

Pembuatan backlink SEO yang efektif didasarkan pada perolehan apa yang disebut tautan tematik. Google sangat mementingkan konsistensi konten tematik dari domain perujuk dan yang dirujuk.

Itu sebabnya, saat membuat backlink SEO Anda , pilih situs yang secara tematis relevan dengan situs web bisnis Anda . Misalnya, Anda menjalankan perusahaan konstruksi? Jangan membuat terlalu banyak tautan di situs industri katering, karena Google akan mengevaluasi aktivitas tersebut secara negatif, dan ini juga dapat berdampak buruk pada PR perusahaan Anda.

Atribut dofollow atau nofollow ditetapkan ke setiap tautan di seluruh web. Nilai-nilai ini penting untuk robot yang merayapi situs web karena ketika mereka menemukan hyperlink dofollow, mereka mengaitkan bagian dari nilai halaman dengan tautan ke situs web yang dirujuk.

Ini berarti bahwa akuisisi tautan dofollow memungkinkan Anda mengambil sebagian dari nilai domain pengarah untuk halaman Anda sendiri!

6. Pilih Halaman yang kuat

Setiap situs web memiliki tingkat tertentu, yang mencerminkan seberapa dapat dipercaya itu menurut pendapat Google. Membuat tautan dofollow dalam domain dengan parameter tinggi akan memungkinkan Anda meningkatkan otoritas situs web Anda .

backlink membangun otoritas halaman moz

Satu tautan yang dibuat di situs web yang sangat tepercaya dan kuat memiliki nilai lebih dari lusinan tautan dari halaman berkualitas sangat buruk – yang terakhir bahkan dapat merusak halaman Anda.

Cari tahu lebih lanjut tentang Otoritas Domain .

7. Buat Konten yang Dapat Ditautkan

Selain mengandalkan artikel berbayar dan kerjasama dengan situs web lain, luangkan waktu Anda untuk membuat konten yang unik dan berkualitas . Dengan cara ini, orang lain akan ingin menautkannya.

Cari tahu lebih lanjut tentang membuat konten yang dapat ditautkan .

Cobalah untuk mendekati subjek dari perspektif yang berbeda, menulis panduan, artikel “bagaimana caranya”, membuat konten yang mudah dibaca. Gunakan infografis, poin-poin, dan elemen visual lainnya yang membuat teks lebih transparan. Konten yang bagus adalah bagian penting dari proses pembuatan backlink SEO !

8. Tulis Postingan Tamu

Membuat blog tamu di situs web industri lain adalah peluang bagus untuk memperkenalkan halaman Anda dan menawarkan kepada kelompok penerima yang lebih luas. Selain itu, Anda dapat menempatkan backlink SEO langsung di konten . Berkat itu, Anda dapat mengontrol subhalaman, atau elemen situs web mana yang ditautkan.

Pikirkan tentang ide posting blog yang menarik yang akan menarik bagi pengguna. Tulis ringkasan dan yakinkan orang bahwa mereka akan menemukan jawaban atas pertanyaan mereka dalam teks. Posting tamu adalah bagian yang sangat penting dari proses pembuatan backlink , jadi Anda harus meluangkan waktu untuk membuat konten dan memilih situs web untuk memposting.

9. Jadilah Aktif dan Komentari Postingan Berperingkat Tinggi

Dengan mengomentari entri yang dipublikasikan di situs web berperingkat tinggi dalam hasil pencarian, Anda dapat menarik pengguna dan meyakinkan mereka bahwa masuk ke halaman Anda layak dilakukan. Selain itu, bagian komentar adalah tempat yang bagus untuk meninggalkan tautan SEO ke halaman Anda .

10. Daftar Perusahaan Anda di Direktori

Pastikan situs web Anda (bersama dengan tautan yang mengarah ke sana) ditautkan ke direktori yang dapat dipercaya. Anda juga harus membuat daftar Google Bisnisku yang akan meningkatkan profil dan posisi backlink Anda di hasil pencarian.

11. Manfaat dari Pemasaran Influencer

Pemasaran influencer semakin populer. Ini dapat secara signifikan meningkatkan pengenalan merek Anda dan influencer yang merekomendasikan produk atau layanan Anda akan membagikan tautan ke situs web Anda.

Jika anggaran Anda tidak terlalu mengesankan, pilihlah mikro-influencer, yang sering bersedia melakukan kerja sama barter. Pastikan mereka menyebutkan merek Anda, penawarannya, dan situs webnya.

Pemasaran influencer dapat membawa banyak manfaat bagi bisnis Anda!

Cari situs web yang berharga dan informatif yang terkait dengan industri tempat Anda beroperasi dan periksa apakah tautan eksternalnya berfungsi dengan benar .

Identifikasi hyperlink yang menghasilkan kesalahan 404 , temukan konten serupa di halaman Anda, dan tulis kepada pemilik situs untuk memberi mereka konten alternatif yang dapat ditautkan alih-alih halaman yang sudah tidak ada lagi.

Ini adalah situasi yang saling menguntungkan – Anda mendapatkan tautan balik SEO dari sumber berkualitas , dan sumber ini memiliki tautan yang berfungsi.

Menganalisis backlink dari pesaing pasar Anda adalah salah satu resep paling sederhana dan tercepat untuk menemukan situs web berkualitas yang berpotensi dapat Anda gunakan dalam proses pembuatan backlink SEO Anda .

Selain itu, jika halaman tertentu telah tertaut ke sejumlah pesaing Anda, kemungkinan halaman tersebut juga akan tertaut ke situs Anda, asalkan Anda menawarkan konten yang sesuai.

Tentu saja, Anda tidak perlu memeriksa tautan secara manual. Untuk tujuan ini, Anda dapat menggunakan alat dan fungsi khusus seperti Backlink Gap yang ditawarkan oleh SEMrush . Berkat itu, seluruh proses hanya memakan waktu beberapa menit dan Anda dapat dengan cepat menemukan tempat-tempat bermanfaat di mana Anda dapat memperoleh tautan.

Selain mendukung proses pembuatan tautan, analisis celah tautan balik dapat membantu Anda menjembatani kesenjangan antara Anda dan pesaing pasar Anda , karena tautan balik ini mungkin menjadi alasan mengapa peringkat Anda lebih rendah dalam hasil pencarian.

14. Buat Infografis

Infografis adalah konten hebat yang menarik perhatian pengguna dan memungkinkan untuk memahami informasi dengan mudah. Selain itu, infografis adalah tempat yang ideal untuk backlink ke situs web Anda .

Pengguna yang tidak menyukai blok panjang teks menyukai infografis, dan gagasan untuk mendapatkan semua data penting dalam satu bagan, gambar, atau grafik.

Jika Anda membuat infografis yang transparan dan berkualitas, pembuat konten lain akan menggunakannya dalam teks mereka, dan mereka akan memberikan tautan ke sumber aslinya, sehingga meningkatkan pengenalan merek Anda dan mendukung upaya membangun tautan balik Anda .

Jangan khawatir! Anda tidak harus menjadi seorang desainer grafis profesional untuk membuat infografis yang menarik. Ini semua tentang imajinasi Anda, dan data yang Anda sajikan. Selain itu, Anda dapat menggunakan alat online sederhana seperti Canva , yang akan membantu Anda membuat infografis yang menarik secara visual!

15. Ikut serta dalam Webinar, Podcast, atau Wawancara

Jadilah aktif di industri!

Ikut serta dalam webinar, podcast, wawancara, buat testimonial, dan pastikan ada banyak tempat di mana perusahaan Anda sedang dibicarakan.

Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan backlink berkualitas , menarik minat mereka yang belum pernah mengenal merek Anda sebelumnya, dan meyakinkan mereka bahwa produk atau layanan Anda adalah sesuatu yang mereka cari.

Jika Anda tidak mendapatkan terlalu banyak proposal untuk menjadi tamu selama acara tersebut, jangan berkecil hati. Ingat bahwa Anda selalu dapat mengambil banteng dengan tanduk, dan host pesan dan penyelenggara yang berbeda untuk memberitahu mereka bahwa Anda ingin berpartisipasi dalam kejadian tersebut.

Sumber: https://revagaza.com