Everything you need to know about Android

  1. Mobile Technology

Mobile technology atau teknologi mobile adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan berbagai macam tipe dari teknologi komunikasi selular. Teknologi mobile ini telah berkembang dengan sangat pesat pada beberapa tahun terakhir. Sejak awal dari millennium ini, sebuah perangkat mobile sudah berubah dari pager 2 arah yang simple menjadi telefon selular, sistem navigasi GPS, web browser, client Instant Messenger dan video game genggam. Banyak ahli yang mengatakan bahwa tekn0logi komputer dimasa yang akan datang bertumpu pada teknologi mobile.

Teknologi telekomunikasi merupakan salah satu teknologi yang berkembang dengan sangat cepat. Mulai dengan berkembangnya pemanfaatan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol), Teknologi satelit yang memugkin melakukan komuikasi dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Teknologi telekomunikasi bergerak (mobile technology) juga mengalami perkembangan yang sangat cepat dimulai dengan layanan yang kita kenal 1G sampai dengan 4G dan bahwakan 5G.

 

  1. ANDROID

Android adalah operasi system yang berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android didirikan pada Oktober 2003 oleh  Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.),[32] Nick Sears[33] (mantan VP T-Mobile), dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV).

Android pada awalnya tidak dibuat untuk ponsel, melainkan untuk kamera digital. Tujuan itu bergeser ketika perusahaan menyadari peluang mereka lebih besar untuk berkembang jika menyasar perangkat mobile. Jadilah Android diplot untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile yang kala itu menjadi pemain utama. Tapi saat mulai dikerjakan, karena suatu alasan, Android Inc menjalani misi itu secara tersembunyi.

Lalu di tahun 2005, tepatnya pada tanggal 17 bulan Agustus, Google meminang Android Inc yang artinya Google juga memboyong para pendiri Android ke dalam naungan mereka. Tapi sampai di penghujung tahun 2006, Google belum melahirkan apa-apa, Android menghilang dan barulah pada 22 Oktober 2008 ponsel seluler komersil pertama berbasis Android diluncurkan dengan nama HTC Dream. Total, hingga September 2013 sedikitnya ada 1 miliar perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia dengan lebih dari 4 miliar aplikasi terpasang dari Google Play Store.

  • Kelebihan Android

  • User Friendly – Kalimat ini sangat melekat pada sistem operasi Windows miliknya microsoft, ibaratnya kita dengan sangat mudah mengoprasikan komputer hanya dengan belajar beberapa hari bahkan beberapa jam saja, dan ini juga melekat pada Android yang berjalan pada Smartphone.
  • Notifications – Anda dengan sangat mudah mendapatkan notifikasi dari smartphone android dengan mengatur beberapa akun Email, SMS , Voice Dial, Update dan lain sebagainya.
  • Tampilan – Dari segi tampilan, Android tidak kalah bagusnya dari iOS miliknya Apple, karena memang dari awal android hampir mengusung teknologi iOS, hanya saja ini versi murahnya.
  • Open Source – Operating system ini memang dibuat open source oleh penciptanya, karena memang berbasis kernel Linux. Jadi jangan kaget jika diluar sana ada banyak sekali Custom Rom untuk masing-masing perangkat android.
  • Aplikasi – Untuk Aplikasi anda akan disajikan jutaan pilihan aplikasi yang menarik dari yang gratis hingga berbayar, dan anda bisa mendownloadnya di Google Play, siapa lagi kalau bukan miliknya Mbah Google.

 

  • Kekurangan atau Kelemahan Android

  • Update System –untuk melakukan update system tidaklah mudah, anda harus menunggu dari masing-masing Vendor untuk merilis Update Versi yang terbaru. Tentu ini sangat tidak menyenangkan.
  • Batterai Cepat Habis – Ini sering terjadi jika anda menyalakan paket data dan menggunakan widget serta aplikasi yang berjalan secara berlebihan, untuk mengatasinya anda harus mengurangi aktivitas aplikasi pada smartphone anda.
  • Lemot atau Lag – Sebenarnya kalau ini ada kaitannya dengan spesifikasi dari masing-masing perangkat, namun ada kalanya Android ini tidak bersahabat dengan beberapa aplikasi dikarenakan Ram ataupun Prosesornya yang kurang memadai, jadi sesuaikan aplikasi dengan perangkatnya.

VERSI – VERSI ANDROID

  1. Apple Pie / Alpha v1.0
  2. CupCake v1.5
  3. Donut v1.6
  4. Eclair v2.0-2.1
  5. Froyo/Forzen Yogurt v2.2
  6. Gingerbread v2.3
  7.  Honeycomb v3.0-3.2
  8. Ice Cream Sandwich v4.0
  9. Jelly bean v4.1.2
  10. KitKat v4.4.2
  11. Lolipop v5.0
  12. Marsmelow v6.0
  13. Nougat v7.0
  14. Oreo v8.0

Kesimpulan

Mobile Technology akan mengalami perkembangan setiap saat. Tentunya mengikuti perkembangan zaman yang saat ini menjadi lebih modern. Begitu juga dengan Android mengalami berbagai perubahan setiap tahun. Android Oreo adalah versi Android yang memiliki kelebihan dibandingkan versi lainnya. Namun selain memiliki kelebihan, Oreo juga memiliki berbagai kerugian seperti disebutkan di atas.

sumber:

http://hplover.com/pengertian-apa-itu-android.html

https://jalantikus.com/tips/urutan-versi-android/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *