Everything you need to know about Superkomputer

Komputer dan Superkomputer

Apa itu Komputer? Komputer adalah mesin yang memanipulasi informasi atau data. Komputer dapat memulihkan, menyimpan, dan memproses data. Tujuan utama komputer adalah untuk memecahkan masalah manusia seperti masalah matematika, masalah ilmiah, masalah bisnis, masalah ekonomi, masalah sosial dan untuk menyediakan sarana komunikasi antara manusia, antara perangkat komputer dan langsung antara manusia dan komputer. Jadi dalam prakteknya komputer digunakan untuk memecahkan masalah kita.
Seiring waktu, masalah yang kita hadapi semakin rumit dan komputer normal tidak dapat menangani mereka, jadi kita membutuhkan komputer super. Apa itu Superkomputer? Superkomputer adalah mesin yang digunakan untuk pemrosesan yang rumit dan melakukan banyak operasi pada saat yang bersamaan. Kami membutuhkan Superkomputer untuk memecahkan masalah yang sangat kompleks, seperti simulasi perilaku molekuler atau model iklim berbasis lahan.

Penggunaan

Superkomputer digunakan untuk kegiatan akuntansi intensif, seperti prakiraan cuaca, penelitian iklim (termasuk penelitian pemanasan global, model molekuler, simulasi fisik (simulasi pesawat terbang dalam model angin, simulasi ledakan senjata nuklir dan penelitian fusi), dll.

Superkomputer

Superkomputer adalah mesin yang digunakan untuk pemrosesan yang rumit dan melakukan banyak operasi pada saat yang bersamaan. Superkomputer memecahkan masalah dengan melakukan banyak operasi secara bersamaan, jenis komputer ini memiliki banyak prosesor untuk memecahkan masalah. Setiap prosesor dalam Superkomputer bekerja di bagian yang berbeda dan semua prosesor bekerja bersama pada saat yang bersamaan.
Superkomputer digunakan untuk kegiatan akuntansi intensif, seperti prakiraan cuaca, penelitian iklim (termasuk penelitian pemanasan global, model molekuler, simulasi fisik (model terowongan angin, penelitian senjata nuklir dan simulasi fusi nuklir), analisis, dll. Salah satu pengguna Superkomputer utama : sistem Superkomputer membutuhkan perangkat lunak yang lebih baik guna mengatur, mengasumsikan, menyimpan dan memproses data untuk memungkinkan komputasi paralel.
Menjalankan sejumlah besar prosesor membutuhkan sejumlah besar energi, baik untuk menjalankan komputer dan untuk mendinginkannya. Sebagai contoh laptop, ia memiliki kipas untuk menjaga semuanya agar tetap pada suhu yang optimal untuk pengoperasiannya. Bahkan komputer besar harus tetap dingin, baik dengan kipas dan dengan air dingin yang mengalir melalui tabung di seluruh gedung komputer.
Superkomputer tidak hanya menyelesaikan beberapa masalah paling sulit di dunia, tetapi juga menghadirkan beberapa tantangan bagi pemecah masalah di seluruh dunia. Superkomputer terbaru yang disebut Sierra akan menjadi salah satu Superkomputer tercepat di dunia dan akan digunakan untuk memecahkan masalah kompleks, seperti mempercepat penemuan obat antikanker.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa Superkomputer adalah mesin yang sangat berguna yang dapat memecahkan masalah kita. Superkomputer berbeda dari komputer umum karena Superkomputer memiliki lebih banyak prosesor dan didedikasikan untuk memecahkan masalah yang rumit.

link:

Explainthatstuff. 2018. Explainthatstuff. June 26. Accessed December 4, 2018. https://www.explainthatstuff.com/how-supercomputers-work.html.

The Conversation. 2014. The Conversation. April 1. Accessed December 4, 2018. https://theconversation.com/so-supercomputers-are-mega-powerful-but-what-can-they-actually-do-24987.

Wikipedia. 2018. Wikipedia. November 15. Accessed December 4, 2018. https://id.wikipedia.org/wiki/Superkomputer.

—. 2018. Wikipedia. September 18. Accessed December 4, 2018. https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *