WordPress: CMS Populer dengan Banyak Keunggulan

Banyak sekali platform blogging gratis yang ada di internet, salah satunya adalah Blogger atau yang biasa dikenal dengan Blogspot. Tetapi bukan hanya itu saja, ternyata ada juga platform blogging gratis lainnya yang mudah digunakan.

Layanan ini bernama WordPress yang bisa membuat blog secara gratis lewat layanan WordPress.com dan juga layanan WordPress.org yang bisa kita install di server kita sendiri.

Jika anda baru mengenal bahkan baru mendengar istilah ini tentu muncul pertanyaan tentang apa sih sebenarnya si WordPress ini?

DAFTAR ISI

Apa itu WordPress?

Singkatnya, WordPress adalah sebuah software atau script yang dapat digunakan untuk membuat blog atau website baik secara gratis maupun premium dengan modal server dan domain sendiri.

Menurut Wikipedia, WordPress adalah sebuah aplikasi open source yang dibangun dengan bahasa pemrograman berupa PHP dan database MySQL yang dapat digunakan sebagai blog atau website dan CMS (Content Management System).

Sejarah Singkat WordPress

pengertian wordpress

WordPress bermula saat Matt Mullenweg terbentur masalah ketiadaan aplikasi publishing online. Saat itu, B2 yang merupakan salah satu aplikasi serupa telah dihentikan oleh pengembangnya, Michel Valdrighi.

Karena hal tersebut, Matt dan rekannya Mike Little melakukan pengembangan kembali pada code B2, hingga pada tahun 2003, lahirlah WordPress.

Nama WordPress sendiri diusulkan oleh sahabat Matt yang bernama Christine Selleck. Dan hingga saat ini, WordPress berkembang dengan sangat pesat dibawah perusahaan milik Matt, Automatic.inc.

WordPress.com vs WordPress.org

Dua situs ini merupakan layanan yang sama-sama dikembangkan oleh perusahaan Automatic dan terkesan sama. Namun, dua situs ini berbeda dan memiliki target user yang berbeda pula.

Keduanya sama-sama bisa digunakan sebagai platform blogging, akan tetapi, hanya satu yang memiliki fitur lebih dan dapat digunakan secara “powerfull” sebagai blog, website, bahkan bisnis di internet.

Lalu, apa perbedaan WordPress.com dan WordPress.org? Mana yang harus anda gunakan?

perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

WordPress.com

kelebihan dan kekurangan wordpress.com

WordPress.com adalah sebuah layanan dimana pengguna dapat membuat blog sendiri secara gratis. Disini pengguna akan mendapatkan url dengan subdomain namablog.wordpress.com.

Pengguna juga akan mendapatkan jatah ruang penyimpanan sendiri tetapi dengan fitur yang dibatasi. Dan jika ingin memperoleh fitur yang lebih lengkap, pengguna diharuskan melakukan upgrade dengan biaya yang ditentukan.

Untuk menggunakan domain sendiri seperti namablog.com akan dikenakan biaya tahunan yang relatif mahal jika berlangganan langsung melalui WordPress.com.

Baiknya, pengguna WordPress.com tidak perlu pusing karena direpotkan dengan hal-hal teknis untuk membuat sebuah blog. Semua hal teknis telah dimanage oleh WordPress untuk memudahkan penggunaan.

WordPress.org

pengertian wordpress self hosted

WordPress.org atau lebih dikenal dengan WordPress Self Hosted merupakan layanan yang diperuntukkan bagi para developer atau lainnya yang ingin membuat blog atau website secara “mandiri”.

Pengguna WordPress.org dapat membuat blog dengan domain dan hosting sendiri serta bisa menggunakan fitur-fitur WordPress lainnya yang tidak terdapat pada WordPress.com.

Pengguna dapat menggunakan domain sendiri yang relatif murah daripada custom domain di WordPress.com. Kemudian menginstall WordPress di server atau hosting, lalu menginstall themes atau plugin yang diinginkan.

Themes dalam WordPress.org bisa dicustom lebih menarik karena pengguna dapat mengedit code dari themes yang digunakan. Selain itu, fitur Plugins juga menjadi pelengkap karena bisa menambah berbagai fitur yang tidak akan ditemukan di WordPress.com.

Themes dan Plugins inilah yang menjadikan WordPress.org lebih fleksibel dan powerfull dibandingkan WordPress.com. Pengguna bisa menjadikannya sebuah blog, website portal, bahkan toko online sekalipun.

Di WordPress.org pengguna dapat menemukan ribuan themes dan plugins menarik yang dikembangkan oleh developer WordPress di seluruh dunia. Para developer pun dapat menawarkan karya mereka untuk digunakan secara gratis oleh pengguna WordPress lainnya.

Banyak developer yang memasarkan produk themes dan plugins karya mereka di WordPress.org.

Biasanya mereka menawarkan versi lite secara gratis dan akan mendapat penambahan fitur jika pengguna melakukan upgrade ke versi premium atau pro. Tentunya dengan biaya yang bervariasi.

Kelebihan WordPress Sebagai CMS

Sampai saat ini, WordPress telah dikembangkan menjadi CMS (Content Management System) yang sangat populer di dunia.

Menurut Wikipedia, pengguna WordPress sudah mencapai 27,5% dari 10 juta website teratas dan penggunanya mencapai lebih dari 60 juta website di seluruh dunia.

WordPress sendiri merupakan platform yang sangat fleksibel dan telah digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari blog pribadi, website profile perusahaan atau organisasi, website sekolah, dan masih banyak lagi.

Lalu, apa yang membuat WordPress begitu populer? Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki CMS WordPress dibandingkan CMS lainnya.

kelebihan wordpress

1. Gratis

Salah satu alasan mengapa banyak pengguna yang memilih menggunakan WordPress adalah karena WordPress merupakan CMS gratis.

2. Mudah digunakan

WordPress sangat mudah digunakan oleh para pengguna karena instalasinya yang tidak memerlukan banyak konfigurasi yang rumit.

3. Fleksibel

WordPress memiliki keunggulan dimana CMS ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti personal blog, blog komersial, website perusahaan atau organisasi, toko online, komunitas, dan lain-lain.

4. SEO Friendly

Faktor SEO menjadi keunggulan WordPress yang berikutnya dimana CMS ini menyediakan berbagai plugins SEO gratis yang bisa menjadikan blog atau website pengguna mudah muncul di halaman pertama pencarian search engine seperti google.

5. Keamanan

Faktor keamanan merupakan faktor yang sangat penting dimiliki oleh sebuah website. WordPress selalu mengupdate systemnya untuk meningkatkan keamanan situs penggunanya.

Di sini juga disediakan plugins keamanan yang dapat membantu pengguna mengamankan website mereka.

6. Dukungan Komunitas

WordPress memiliki komunitas yang sangat besar di seluruh dunia. Apabila pengguna mengalami sebuah masalah atau error pada website WordPress mereka, mereka bisa saling berdiskusi untuk melakukan problem solving terhadap masalah tersebut.

Sebagai sebuah CMS, WordPress memiliki banyak sekali fitur dan keunggulan untuk kebutuhan penggunanya. Baik WordPress.com maupun WordPress.org memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk menggunakan CMS ini, sangat dianjurkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Jika untuk sebuah blog pribadi dengan budget yang minim, WordPress.com adalah pilihannya.

Dan jika ingin membuat website komersial dan memiliki budget yang cukup, WordPress.org bisa digunakan sebagai platform yang tepat.

 
Profile photo of Richo Thomas Arnando

Richo

The one who looks over the crowd. To enjoy an ordinary life, you must constantly evolve.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *