Kalau ngomongin soal aplikasi pengolah kata, karena itu Microsoft Word terang jadi opsi nomor satu. Program ini banyak memiliki feature yang bisa mempermudah kita saat membuat karya tulis. Tapi, bila kamu sukai software gratis, karena itu kamu dapat memakai salah satunya dari 5 program pengolah kata gatis ini.

TextMaker

Saat pertama kali buka aplikasi pengolah kata ini, akan ada dua opsi menu yang dapat kamu pakai, yakni menu classic dan menu ribbon. Program ini bisa memberikan preview dari document yang hendak kamu membuka, mencari peralihan pada document itu dan menyelipkan komentar. Disamping itu, pada document yang kamu bikin di TextMaker, kamu juga bisa memasukkan slide PowerPoint dan bagan Excel.

TextMaker memberikan dukungan banyak tipe file seperti PWD, SXW, dan WPD. Bila kamu ingin simpan file yang kamu bikin di TextMaker , karena itu kamu bisa menyimpan dalam pola file terkenal seperti TXT, HTML, DOTX dan DOCX. Nach, untuk kamu yang ingin download TextMaker, harus dipahami jika program ini sebagai sisi dari SoftMaker FreeOffice . Maka kamu perlu download kelompok program itu. Meskipun begitu, saat proses penginstalan, kamu dapat memutuskan untuk cuma memasang TextMaker saja.

Writer

Writer adalah aplikasi pengolah kata yang ada di WPS Office. Program ini memliki design yang simpel dengan menu yang tidak amburadul hingga gampang untuk dipakai. Program ini sediakan model full-screen, penampilan halaman double dan opsi untuk sembunyikan menu. Dengan feature itu, kegiatan menulis akan terlepas dari masalah.

Feature yang dipunyai Writer termasuk cukuplah komplet. Kamu dapat membuat daftar isi, memakai template bawaan dan feature yang lain untuk membikin tuilisan jadi lebih menarik. Disamping itu, kamu bisa juga simpan document dalam beberapa tipe file terkenal.

OpenOffice Writer

OpenOffice Writer banyak memiliki feature yang dibutuhkan oleh beberapa penulis. Ini membuat program itu menjadi satu diantara program pengolah kata terbaik yang dapat dihandalkan untuk membikin karya tulis. Disamping itu, OpenOffice Writer mempunyai versus portable yang dapat kamu lakukan di flashdisk.

Saat kamu memakai OpenOffice Writer, kamu akan mendapati beberapa menu di bagian samping yang membuat kamu bisa lakukan pengoreksian dengan cepat. Tetapi, sama dengan WPS Office writer, kamu perlu download paket OpenOffice untuk memakain program ini. Untuk kamu yang ingin memakai versus portable, kamu juga perlu mengekstrak semua software yang ada WPS Office.

Baca Juga : digihackaction.id

WriteMonkey

Buat kamu yang membutukan software dengan penampilan yang paling simpel hingga dapat semakin konsentrasi saat membuat karya tulis, karena itu kamu dapat memakai WriteMonkey. Program pengolah kata ini sebagai program portable. Dengan demikian, kamu dapat download WriteMonkey dan langsung memakai program itu tanpa perlu menginstal di computer atau netbookmu.

Disamping itu, WriteMonkey mempunyai antar-muka yang hampir tidak memunculkan masalah saat menulis. Ini karena tiap menu di WriteMonkey cuma akan diperlihatkan bila kamu mengeklik kanan mouse pada document . Maka penampilannya betul-betul bersih hingga kamu dapat semakin konsentrasi saat kerjakan kreasi tulismu.

FocusWriter

Sama seperti WriteMonkey, FocusWriter mempunyai penampilan antar-muka yang minimalis. Menu dan beberapa tombol dalam FocusWriter juga secara automatis ditiadakan hingga kamu dapat konsentrasi saat menulis. Bila belum juga cukup, kamu bisa juga jalankan program ini dalam model full-screen hingga kamu tidak menyaksikan program lain di monitor. Di FocusWriter ini, kamu dapat menulis dan lakukan pemformatan dasar seperti mempertebal atau menggarisbawahi text. Disamping itu, kamu bisa juga mengganti background dengan pilih tema-tema yang ada atau topik yang kamu bikin sendiri.