Jenis Kompor Gas dan Cara Memilih yang Tepat

Sebuah dapur tanpa kompor, apa yang terjadi, ya? Walau bisa diakali dengan memakai microwave, tapi tetap tidak ada yang dapat menaklukkan kekuatan kompor saat mengolah. Perlengkapan masak ini harus ada untuk dapat menyuguhkan sajian sedap untuk keluarga. Tipe kompor juga berbagai macam, seperti kompor listrik, kompor induksi, kompor portabel, dan yang umum dipakai di Indonesia ialah kompor gas.

Kompor gas memang yang terbanyak dipakai oleh warga danmasih ada yang belum mengetahui bila ada berbagai macam tipe kompor gas. Apa Anda terhitung yang belum mengetahui? Yok, cari info semakin banyak mengenai pemahaman kompor gas, langkah kerja kompor gas, tipe dan range harga kompor gas, dan tutorial pilih kompor gas yang akurat.

Pemahaman Kompor Gas

Kompor gas pertama kalinya dibikin di tahun 1820, namun tetap memiliki sifat uji coba dan rahasia. Selanjutnya di tahun 1851, kompor gas pertama kalinya dikenalkan pada acara World Fair yang berjalan di London. Mulai sejak tersebut kompor gas makin mengalami perkembangan dan dipakai khalayak luas.

Bila dulu bahan bakar kompor gas datang dari kumparan kawat, sekarang ini kompor gas sudah memakai glass ceramic. Kompor gas yang dipakai sekarang ini tidak bau, berasap, dan singkat. Sama dengan namanya, kompor gas memakai bahan bakar gas yang umumnya berbentuk cair LPG atau melalui pipa aliran.

Langkah Kerja Kompor Gas

Kompor gas mempunyai beberapa elemen, yakni katup, spuyer, tungku, pipa aliran gas, pemantik, dan katup cut off. Secara umum, langkah kerja kompor gas sama dengan semprotan minyak wangi atau cat semprot.

Tiap tabung gas mempunyai penekanan hingga saat katup tabung gas dibuka, saluran gas LPG bergerak dan masuk ke aliran lalu keluar spuyer ke arah rongga tungku. Selanjutnya saat Anda menghidupkan pemantik atau bila kompor gas tidak mempunyai pemantik bisa dihidupkan dengan korek api. Bila kompor yang dipakai ialah kompor dengan pemantik api automatis, bakal ada proses penyemburan gas, pemantik, dan penutupan gas dengan cepat yang terpadu dalam pemutar katup gas.

Saat Anda ingin beli kompor gas, seharusnya Anda sudah mengetahui banyak info mengenai tipe kompor gas. Ini dapat menolong Anda tentukan kompor gas yang sesuai keperluan. Berikut beberapa jenis kompor gas berdasar tungku dan design dan info harga terkini.

Kompor Gas Satu Tungku

Kompor gas satu tungku atau bertungku tunggal kerap dipakai untuk dapur memiliki ukuran kecil. Ukuran yang minimalis dan irit ruangan membuat kompor ini cocok untuk di kos dan apartemen studio. Rerata detail kompor gas satu tungku ialah ceramic burner, sun burner, stainless steel, mekanisme penyalaan teknisi, dan low pressure gas.

Kompor Gas Dua Tungku

Untuk Anda yang mempunyai ruangan dapur terbatas tapi aktif mengolah, kompor gas dua tungku menjadi jalan keluar. Anda bisa mengolah dua sajian sekalian hingga bisa mengirit waktu. Berikut harga terkini kompor gas dua tungku.

Kompor Gas Tiga Tungku

Kompor gas tiga tungku umumnya terdiri dari 2 tungku khusus memiliki ukuran besar dan satu tungku tambahan memiliki ukuran lebih kecil. Beberapa produsen kompor gas tiga tungku lengkapi kompor ini dengan feature untuk memanggang pada tungku tambahannya. Berikut range harga untuk kompor gas tiga tungku.

Kompor Gas Empat Tungku

Kompor gas empat tungku bisa disebutkan sebagai salah satunya kompor gas favorite karena jumlah tungku yang dijajakan semakin banyak. Tetapi, masih tetap dengan design yang minimalis. Ada banyak opsi mode untuk kompor gas empat tungku, yakni mode empat tungku yang diatur secara horizontal, mode dua tungku horizontal dan dua tungku vertikal, dan mode empat tungku bertumpuan.

Kompor Gas Portabel

Kompor gas portabel yang dibuat minimalis mempermudah Anda untuk membawa kemana-mana. Secara umum, kompor portabel dipakai saat mendaki gunung atau lakukan aktivitas di ruangan terbuka. Kompor gas portabel sekarang kerap dipakai di dalam rumah makan dengan ide all you can eat dan ide self-cooking. Berikut detail kompor gas portable, yakni tabung portable, feature keamanan, alat pengontrol dan pemutus saluran gas automatis, dan tatakan panel dari alumunium yang anti panas dan bertahan lama.

Baca Juga : Service Kompor

Kompor Gas Free Standing

Kompor gas free standing ialah mimpi beberapa orang yang menyukai mengolah. Bagaimana tidak? Kompor ini memiliki feature yang banyak, yakni diperlengkapi dengan 4 sampai enam tungku. Pada bagian bawahnya ada oven hingga Anda tak perlu beli oven terpisah.

Dilansir dari Home Guides, ukur dulu panjang tempat di mana Anda merencanakan memasangkan kompor gas free standing saat sebelum membeli. Tentukan mode yang sesuai dapur Anda dan beri jarak beberapa cm di ke-2 segi. Maksudnya untuk memungkinkannya Anda menariknya keluar, bila Anda ingin lakukan pembaruan atau bersihkan sisi belakangnya.

Kompor Gas Tanam

Kompor gas tanam atau cooktop mempunyai peranan yang serupa dengan kompor tipe free standing, tapi tidak diperlengkapi dengan oven. Kompor ini dapat ditempatkan di lokasi yang luasnya terbatas dan gampang dibikin bersih. Kompor gas tanam jadi opsi favorite untuk pemilik rumah minimalis karena bisa mendatangkan kesan-kesan menawan.