pendidikan

6 Tanaman Perkebunan Yang Terkenal di Indonesia

Tanaman perkebunan di Indonesia merupakan tanaman yang dibudidakan pada area perkebunan. Tanaman perkebunan cenderung tanaman industri seperti kelapa sawit, kopi, karet, kakao tebu dan lainnya.

Tanaman tersebut memiliki potensi yang besar bagi pendapatan negara karena termasuk hasil bumi berstandar internasional yang siap untuk diekspor ke seluruh dunia.

Tanaman perkebunan

Tanaman perkebunan berdasarkan dosenpertanian.com berperan penting dan strategis bagi pembangunan negara yang dapat meningkatkan pendapatan negara, menyediakan lapangan kerja, memenuhi kebutuhan konsumsi bagi masyarakat, dan mengoptimalkan dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) secara berkelanjutan.

Jenis Tanaman perkebunan

Tanaman perkebunan biasanya digunakan untuk sektor industri kecil maupun besar. Oleh sebab itu, tanaman perkebunan membutuhkan lahan yang luas dan jangka waktu panjang. Berikut jenis tanaman perkebunan dan manfaatnya:

Beberapa jenis tanaman perkebunan, antara lain:

  • Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan jenis komoditas perkebunan yang dikelola untuk produksi minyak nabati. Kelapa sawit menjadi komoditas dengan penghasil minyak nabati terbesar kedua di dunia. Produk olahan dari kelapa sawit juga banyak dimanfaatkan di beberapa industri misalnya biodesel atau bahan bakar,minyak industri, dan minyak makan. Tanaman kelapa sawit ini bisa kamu temui hampir seluruh di Indonesia.

Indonesia menjadi negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Kelapa sawit dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 0-500 m di atas permukaan laut. Sawit biasanya membutuhkan lahan yang tidak tergenang air dan tidak kekeringan.

  • Kapas

Kapas merupakan jenis komoditas industri perkebunan yang bersifat komersial. Kapas telah diproduksi di berbagai negara seperti India, Mesir, Brazil, China, Amerika Serikat, dan Pakistan. Kapas biasanya dimanfaatkan seratnya untuk industri tekstil, industri bahan perekat, dan insutri kertas. Kapas ini biasanya berbentuk pohon dan tumbuh di daerah tropis atau subtropis dengan ketinggian yang bisa mencapai 3 meter.

  • Pohon Karet

Indonesia merupakan negara dengan menghasilkan lateks atau getah karet terbesar kedua di dunia. Tanaman perkebunan ini sangat dibutuhkan di sekotr industri seperti industri otomotif untuk bahan baku ban atau industri kesehatan untuk produk alat-alat kesehatan. Pohon karet biasanya tumbuh di daerah tropis.

Karet ini dapat disadap atau diambil getahnya saat umurnya telah mencapai umur tanam 5-7 tahun. Karet ini berasal dari negara Brazil dan sangat dibutuhkan untuk keperluan masyarakat modern. Tanaman karet merupakan tanaman perkebunan tahunan sehingga bisa memproduksi hasil lebih dari satu kali dan di Indonesia karet menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar kedua di dunia untuk menyediakan lateks sebagai bahan utama dalam beberapa industri.

  • Kopi

Kopi merupakan tanaman perkebunan yang berasal dari benua Afrika. Kopi dikenal di Indonesia karena saat penjajahan Belanda. Kopi dulu hingga sekarang sangat dinikmati dan dicari. Jenis kopi yang menjadi unggulan dan favorit adalah kopi arabika,kopi robusta, kopi liberika.

Kopi biasanya dihidangkan sebagai minuman namun berkembangnya teknologi dan pengetahuan kopi dimanfaatkan sebagai industri farmasi dan kosmetik. Indonesia menjadi negara terbesar ketiga sebagai produsen kopi di dunia.

  • Kakao

Kakao merupakan komoditas perkebunan yang digunakan dalam produksi olahan coklat. Kakao berasal dari negara Amerika Selatan dan bermula dibudidayakan oleh India. Kakao di dunia dikenal dengan tiga jenis yaitu Criollo, Forestero, dan Trinitario. Kakao pada jaman dahulu hanya dimanfaatkan sebagai minuman dan makanan namun sekarang kakao menjadi bahan baku dalam industri kecantikan seperti kosmetik dan parfum.

  • Tebu

Tebu merupakan jenis tanaman komoditas pekerbunan yang memproduksi bahan baku makanan berupa gula dan vetsin. Tanaman tebu mempunyai kerabat dekat dengan tanaman jenis rumput-rumputan seperti padi, sorgum, gandum, dan jagung. Tebu biasanya dimanfaatkan dalam industri pangan baik makanan maupun minuman, farmasi bahkan pakan hewan ternak. Tebu termasuk tanaman industri yang komersal.

  • Teh

Teh merupakan jenis tanaman perkebunan yang berasal dari negara Cina dan sekarang sudah tersebar di seluruh dunia. Teh biasanya diolah menjadi minuman bahkan sekarang industri komestik memanfaatkan teh sebagai bahan baku, industri kesehatan dan obat herbal juga memanfaatkan teh sebagai pengobatan karena di dalam mengandung senyawa yang berguna dalam kualitas kesehatan tubuh.

Teh memiliki beberapa jenis antara lain seperto teh hitam, teh olong, teh putih dan lainnya. Teh di Indonesia dapat ditemui di dataran tinggi karena daerah tersebut mempunyai kelembaban udara yang cocok terhadap pertumbuhan teh. Teh termasuk dari famili Theaceae dan yang dimanfaatkan adalah bagian daun dan bunganya.

  • Kelapa

Kelapa merupakan jenis tanaman komoditas perkebunan yang komersial karena hampir semua bagian kelapa dapat dimanfaatkan. Kelapa termasuk dari famili Arecaceae yang mempunyai hubungan dekat dengan tanaman Aren. Kelaapa biasanya diolah menjadi kopra (minyak kelapa) dan air kelapa yang digunakan dalam bahan baku nata dan jelly.

Di Indonesia kelapa mudah ditemui dan banyak dibudidayakan karena memiliki keuntungan yang cukup tinggi. Kelapa biasanya dijual menjadi minuman atau makanan sehingga mempunyai pasar yang tinggi. Kelapa juga memiliki pertumbuhan yang cocok dengan iklim di Indonesia.

Itusaja artikel yang bisa saya posting kepada kalian tentang macam-macam jenis tanaman perkebunan yang memang sangat familiar di Indonesia. Semoga bisa membantu ya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *