Uncategorized

Ciri Kulit Ari, Tanduk, dan Malphigi

Kulit sejatinya dipergunakan sebagai organ utama yang berperan dalam melindungi organ di dalamnya. Kulit yang letaknya diluar tubuh makhluk hidup selain sebagai organ peraba dan perasa juga rentan terhadap gangguan benturan, gesekan, goresan, dan lain-lain.

Ketika semua kejadian itu terjadi, permukaan yang ada dalam kulit akan mengalami luka, sebagai salah satu mekanisme perlindungan. Oleh karena itu, lapisan kulit tersusun secara optimal dari atas sampai bawah.

Lapisan Kulit Ari, Tanduk, dan Malphigi

Macam lapisan ari, tanduk, dan malphigi pada kulit dan cirinya yang lebih mendetail. Diantaranya sebagai berikut :

Kulit Ari (Lapisan Epidermis)

Kulit ari adalah sebutan lain bagi lapisan epidermis, yaitu lapisan terluar yang ada pada kulit dari mahluk hiudp. Kulit ari merupakan lapisan yang sangat tipis pada kulit.

Fungsinya sebagai pelindung tubuh dari bahan kimia yang tersebar di lingkungan, selain itu juga melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV), serta sebagai bagian perlindungan tubuh dari bakteri.

  1. Terletak pada seluruh permukaan tubuh bagian luar
  2. Ketebalannya berbeda-beda sesuai letaknya pada tubuh
  3. Terdapat batang rambut yang berfungsi mengurangi penguapan dan penahan dingin
  4. Terjadi mekanisme pengeluaran/ekskresi hasil dari aktivitas yaitu keringat

Lapisan Tanduk

Lapisan tanduk merupakan salah satu bagian dari lapisan epidermis. Yang letaknya dalam dunia sains sendiri berada paling luar pada tubuh. Lapisan tanduk memiliki ciri khas berupa pergantian kulit akibat dari sel mati.

Lapisan tanduk juga terdiri dari lapisan tanpa inti namun mengandung keratin, serta tidak ditemukan pembuluh darah atau saraf.

  1. Melakukan regenerasi kulit ketika sel kulit sudah mati
  2. Ketika pergantian kulit tidak ditemukan pendarahan karena tidak terdapat pembuluh darah
  3. Mudah mengelupas dan memiliki sebutan lain yaitu lapisan mati

Lapisan Malphigi

Lapisan malphigi pada dasarnya juga merupakan bagian dari lapisan epidermis, yaitu lapisan terakhir pada epidermis namun memiliki sub lapisan lain yang menyusun dirinya sendiri.

Berbeda dengan lapisan tanduk, dalam kajian untuk lapisan malphigi terdiri dari sel-sel hidup yang aktif membelah diri. Selain itu terdapat pembuluh kapiler untuk meneruskan nutrisi ke bagian kulit lain.

Lapisan malphigi memiliki fungsi lain sebagai pembentuk warna kulit karena terdapat kandungan melanin yang membentuk pigmen.

  1. Terdiri dari sel-sel hidup yang aktif membelah
  2. Terdapat pigmen warna yang memberikan dan menentukan warna kulit
  3. Terdapat kapiler dan ujung saraf sebagai bagian indera peraba

Kesimpulan

Kulit dalam gurusains.com terdiri dari beberapa lapisan agar dapat melangsungkan fungsinya dengan baik. Secara umum lapisan kulit dikenal terdiri dari lapisan utama, yaitu lapisan epidermis sebagai lapisan terluar, lapisan dermis sebagai lapisan tengah, dan lapisan hipodermis sebagai lapisan paling bawah.

Setiap lapisan memiliki ciri dan fungsinnya masing-masing yang bergantung pada komponen yang menyusunnya. Selain ketiga lapisan utama, di bawah ini akan dibahas lebih mendetail

Hanya itusaja yang bisa saya tuliskan pada kalian tentang adanya karakteristik yang ada di dalam lapisan kulit ari, tanduk, dan malphigi beserta dengan penjelasan lengkapnya. Semoga saja bisa membantu untuk pelajar yang sedang mendalami dunia sains. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *