pendidikan

Menyiapkan Penyelamatan Saat Bencana Alam

Pada tahun 2014, Pusat Penelitian Epidemiologi Bencana (CRED) memperkirakan bahwa 1.298.848 orang kehilangan tempat tinggal karena bencana alam. Segera setelah bencana, mayoritas populasi pengungsi tinggal di tempat penampungan sementara yang padat dengan sedikit atau tidak ada akses ke air dan makanan terutama selama beberapa hari pertama.

Kondisi kehidupan seperti itu sangat ideal untuk penyebaran penyakit menular yang meningkatkan angka kesakitan dan kematian di antara populasi pengungsi sehingga kita di kutim dari dosenpenjas.com perlu untuk melakukan kegiatan olahraga sebagai antisipasi awal. Bencana alam juga menyebabkan beban ekonomi yang sangat besar. Dari tahun 2000 hingga 2009, bencana alam menyebabkan $ 891 miliar kerusakan di seluruh dunia (Kellet and Sparks, 2012).

Tingginya biaya bencana alam disebabkan oleh kehancuran infrastruktur yang mahal dan penting (misalnya Jalan dan bangunan). Dalam hal kerugian kesehatan dan ekonomi, negara-negara berpenghasilan rendah secara tidak proporsional dipengaruhi oleh bencana alam.

Pengertian Bencana Alam

Bencana alam adalah peristiwa bencana dengan asal atmosfer, geologis, dan hidrologi (mis., Kekeringan, gempa bumi, banjir, angin topan, tanah longsor) yang dapat menyebabkan kematian, kerusakan properti, dan gangguan lingkungan sosial (International Journal of Disaster Risk Reduction, 2016).

Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli

Adapun definisi bencana alam menurut para ahli, antara lain:

Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulan Bencana

Bencana alam dapat didefinisikan sebagai bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

Kamadhis UGM (2007)

Bencana alam dapat didefinisikan sebagai bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh gejala-gejala alam yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, kerugian materi, maupun korban manusia.

Penyelamatan Saat Bencana Alam

Bencana alam bisa melanda negara-negara yang ada di dunia tanpa memandang apakah letaknya di belahan bumi utara atau selatan, juga tanpa memandang apakah negara tersebut termasuk negara maju atau berkembang, sebab bencana alam terjadi karena aktivitas alamiah.

Oleh karena itulah penting bagi kita untuk melakukan penyelamatan. Baik untuk diri sendiri ataupun orang lain. Beberapa penjelamatan yang perlu dikuasasi oelh seseorang saat bencana alam apapun itu, antara lain;

Penyelamatan di Air

Konsep penyelamatan di air bisa dilakukan oleh seseorang makala ada bencana alam seperti banjir bandang, tsunami, dan lain sebaginya.

Penyelamatan di Darat

Adapun untuk penyelamatan di darat ini terkait dengan bencana alam seperti tanah longsor, bajir bandang, sampai pada adanya gempa bumi, dan letusan gunung berapi.

Adapun itu asalkan terkait dengan penyemalamatan sedini mungkin akan mampu membuat seseorang meminimalisir banyaknya korban akibat bencana alam.

Itulah penjelasan yang bisa di utarakan oleh saya pribadi berkaitan dengan pentingnya olahraga terutama agar mengusai penyelamatan saat terjadinya bencana alam. Semoga berkenan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *