pendidikan

Pengertian Biosfer dan Hidrosfer Menurut Para Ahli

Memberikan penjelasan terkait dengan definisi biosfer dan hidrosfer ini tentusaja sangat dekat dengan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya pada bidang studi geografi. Dari berbagai sumber ipsterpadu.com berikut penjelasan atas pengertian keduanya.

Biosfer dan Hidrosfer

Penjelasan terkait biosfer dan hidrosfer, antara lain;

Biosfer

Biosfer (dari bahasa Yunani bios = kehidupan, sphaira = bola) adalah lapisan planet Bumi tempat kehidupan ada. Lapisan ini berkisar dari ketinggian hingga sepuluh kilometer di atas permukaan laut, digunakan oleh beberapa burung untuk terbang, hingga kedalaman laut seperti parit Puerto Rico, pada kedalaman lebih dari 8 kilometer. Ini adalah contoh yang ekstrem.

Namun, secara umum lapisan Bumi yang mengandung kehidupan tipis: atmosfer bagian atas memiliki sedikit oksigen dan suhu yang sangat rendah, sedangkan kedalaman laut lebih dari 1000 m gelap dan dingin. Faktanya, telah dikatakan bahwa biosfer seperti kulit dalam kaitannya dengan ukuran apel.

Perkembangan istilah ini dikaitkan dengan ahli geologi Inggris Eduard Suess (1831-1914) dan fisikawan Rusia Vladimir I. Vernadsky (1863-1945). Biosfer adalah salah satu dari empat lapisan yang mengelilingi bumi bersama dengan litosfer (batuan), hidrosfer (air) dan atmosfer (udara) dan merupakan jumlah dari semua ekosistem.

Biosfer bersifat unik. Sejauh ini belum ada kehidupan di tempat lain di alam semesta. Kehidupan di Bumi tergantung pada matahari. Energi, yang disediakan sebagai cahaya matahari, ditangkap oleh tanaman, beberapa bakteri dan protista, dalam fenomena fotosintesis yang luar biasa.

Energi yang ditangkap mengubah karbon dioksida menjadi senyawa organik seperti gula dan menghasilkan oksigen. Sebagian besar spesies hewan, jamur, tanaman parasit dan banyak bakteri bergantung secara langsung atau tidak langsung pada fotosintesis.

Hidrosfer

Air adalah zat yang paling melimpah di permukaan bumi. Diperkirakan terdapat sekitar 1,4 miliar km kubik air dalam bentuk cair dan beku yang membentuk samudera, danau, sungai, gletser, dan air tanah.

Volume air yang sangat besar ini, dalam berbagai manifestasinya, membentuk lapisan terputus-putus, yang menutupi sebagian besar permukaan daratan, yang dikenal sebagai hidrosfer. Inti dari setiap diskusi tentang hidrosfer adalah konsep siklus air (atau siklus hidrologi).

Siklus ini terdiri dari sekelompok reservoir yang berisi air, proses perpindahan air dari satu reservoir ke reservoir lain (atau ditransformasikan dari satu kondisi ke kondisi lainnya), dan laju transfer yang terkait dengan proses tersebut. Jalur transfer ini menembus seluruh hidrosfer, memanjang ke atas hingga sekitar 15 km (9 mil) di atmosfer Bumi dan turun ke kedalaman pada urutan 5 km (3 mil) di keraknya.

Pengertian Biosfer dan Hidrosfer Menurut Para Ahli

Adapun definisi biosfer dan hidrosfer menurut para ahli, antara lain:

  1. Jhon Wiley, Biosfer dapat didefinisikan sebagai kawasan yang ada di dalam planet bumi sebagai tempat tinggal mahluk hidup secara alami (manusia, hewan, dan tumbuhan), yang diperluas dari serangkaian lapisan lebih rendah dari lapisan atmosfer yang melindungi bumi.
  2. Vladimir Wanouich Veinadsky, Biosfer dapat didefinisikan sebagai sistemasiasi kawasan yang bersifat terbuka dan berkembang sejak zaman terbentuknya bumi dan akan tetap terpelihara selama keseimbangan lingkungan hidup senantiasa terjaga oleh seluruh elemen mahluk hidup.
  3. Michael Allaby, Biosfer dapat didefinisikan sebagai lingkungan hidup organisme berbagai bentuk mahluk hidup yang dapat mudah ditemukan serta melakukan interaksi dengan cara pemembentukan sistem-sistem kelompok yang efektif dengan corak yang berbeda-beda.

Adapun definisi hidrosfer menurut para ahli, antara lain:

  1. Encyclopedia Britannica, Hidrosfer adalah lapisan air yang diskontinu di atau dekat permukaan bumi. Ini mencakup semua air permukaan cair dan beku, air tanah yang tersimpan di tanah dan batu, dan uap air atmosfer.
  2. National Geographic, Hidrosfer adalah jumlah total air di sebuah planet. Hidrosfer meliputi air yang ada di permukaan, bawah tanah, dan di udara.

Itusaja keterangan sekaligus penjelasan singkat yang bisa saya tuliskan. Tentang pengertian biosfer dan hidrosfer menurut para ahli. Semoga membantu kalian semuanya ya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *