Perkembangan Pesat Musik Indie di Indonesia

Perkembangan Pesat Musik Indie di Indonesia

Hai hai hai, para pecinta musik!♥

Tahukah kalian tentang musik indie yang lagi ngehits-ngehitsnya?

Musik indie adalah sebuah aliran musik alternative pop yang berasal dari Inggris pada pertengahan era 1980an. Terkadang istilah indie digunakan untuk menggambarkan grup musik yang berkarier secara independen.  Istilah indie diangkat dari kata Independent yang berarti merdeka, bebas, mandiri, dan tidak bergantung.

Musik indie lebih kepada gerakan musik berbasis DIY (Do It Yourself). Berbeda dengan band yang memiliki label tersendiri, band indie lebih bersifat bebas untuk berkarya. Band indie bebas menciptakan lagu sesuai dengan yang mereka sukai. Maka tak heran bila karya musik band indie berbeda dengan band mainstream atau dengan corak lagu yang sedang laris dipasaran. Biasanya, band indie memasarkan lagu-lagu ciptaannya melalui antar kawan atau relasi yang dimilikinya.

Istilah indie baru populer pada pertengahan tahun 1990an. Pada awalnya Indonesia lebih mengenal istilah underground. Namun tidak selamannya perjalanan perkembangan musik indie di Indonesia berjalan lancar. Beberapa nama band indie mendapat kontrak dari label-label rekaman besar. Jelas saja, kontrak ini menjadi perdebatan karena dianggap sebagai pengkhianatan terhadap idealisme independen. Namun di sisi lain hal ini juga dianggap sebagai peluang untuk memperkenalkan musik mereka secara massal.

Band-band indie di Indonesia diakui memiliki kualitas yang baik karena mampu bersaing dengan karya dari band lain yang telah memiliki label. Hal ini dibuktikan dengan delapan album rilisan band dari label indieseperti The S.I.G.I.T, The Upstairs, The Brandals, The Milo, Bangku Taman, Efek Rumah Kaca, Teenage Dead Star, Seek Six Sick, The Adams, White Shoes And The Couple Company dan Goodnight Electric masuk dalam jajaran 20 album terbaik versi Rolling Stone tahun 2008.

Bukan hanya sampai di sana saja, dalam hal penyebaran karyanya pun band indie dengan bangga membagikannya secara gratis. Cara mereka menyebarkannya antara lain menjadikan CD mereka sebagai bonus dalam majalah Rolling Stone dan membagikan lagu mereka secara gratis lewat situs My Space. Meskipun cara yang dilakukan meniru dari band luar negeri seperti Radiohead, Coldplay dan Metallica.

Kini perkembangan musik indie semakin pesat. Dalam setiap lirik yang dinyanyikan pun memiliki sindirian dan semangat perlawanan. Contoh saja band Efek Rumah Kaca yang memiliki lagu berlirik lugas dan menerkam realitas sosial. Misalnya dalam lagu ‘Di Udara’ yang bercerita soal kematian Munir, lalu dalam lagu ‘Cinta Melulu’ yang mengkritisi para musisi dalam menciptakan lirik-lirik lagu cinta.

Daftar grup musik indie pop asal Indonesia :

So let’s start to listening indie music, guys♥

 

sumber :

http://www.jumpaonline.com/kolom/perkembangan-band-indie-di-indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/Indie_pop


One thought on “Perkembangan Pesat Musik Indie di Indonesia

  1. Walaupun saya bukan perempuan, tapi, postingan ini sangat bermanfaat untuk saya, supaya wajah saya tetap tampan dan berani. Terimakasih ❤

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *