Surat izin tidak masuk sekolah merupakan surat pribadi yang ditujukan kepada sekolah untuk memberitahukan kabar tentang seorang murid yang tidak hadir. Pada umumnya surat izin sekolah dibuat dan ditandatangani oleh orang tua atau wali murid yang bersangkutan agar nantinya pihak sekolah mengetahui alasan mengapa murid tersebut tidak hadir.

Membuat surat izin sekolah sebenarnya sangat mudah ditulis, hanya saja mungkin sebagian kita belum mengetahui format nya karena surat ini termasuk surat pribadi yang resmi. Nah, Berikut adalah cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar.

Tanggal Surat, untuk mengetahui kapan surat tesebut ditulis, dapat dilengkapi juga dengan nama kota atau kabupaten. Contohnya : Jakarta, 20 Januari 2017

Alamat dan Tujuan Surat, Berisi informasi alamat dan nama penerima yang akan ditujukan. Apakah kepada kepala sekolah atau kepada wali kelas yang bersangkutan. Misalnya :
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 3A
SD Negeri 2 Jakarta

Salam Pembuka, agar surat yang kita tulis lebih santun maka cantumkan juga salam pembuka, seperti : Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Isi atau Alasan membuat surat izin, merupakan isi dari surat izin yang memberitahukan alasan mengapa siswa yang disebutkan nama nya dalam surat itu tidak bisa hadir di sekolah. Apakah karena sakit sehingga tidak bisa datang atau ada kepentingan lain yang menyebabkan siswa tersebut tidak hadir ke sekolah.

Salam Penutup, merupakan kalimat terakhir dapat ditulis sebagai ucapan terima kasih.Contohnya : Demikian surat izin ini kami buat, atas segala perhatian dari bapak/ibu guru wali kelas saya ucapkan banyak Terima kasih.

Pengirim surat, yaitu berisi tentang informasi siapa yang mengirimkan surat izin tersebut, pada umumnya surat izin mencantumkan nama dari orang tua atau wali murid yang bertanggung jawab atas dibuatnya surat izin sekolah tersebut, dilengkapi juga dengan nama dan tanda tanggan.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Semoga informasi mengenai surat izin ini bisa berguna bagi anda.