Salah satu hal yang sering membuat orang merasa bingung ketika mau melakukan pembagian ruang dalam rumahnya adalah masalah biaya. Agar masalah ini dapat dipecahkan, ada sebuah jalan penyelesaian terbaik yaitu menggunakan dinding partisi lipat yang harganya jauh lebih murah.

Sebelumnya partisi dinding lipat memang lebih cocok digunakan dalam ruang yang berada di gedung besar seperti hotel, perkantoran, universitas dan lainnya. Tapi untuk saat ini partisi penyekat ruang sudah mengalami perkembangan desain yang lebih menarik, sehingga cocok digunakan dan diaplikasikan pada rumah hunian.

Partisi ini mampu menciptakan suasana yang lebih nyaman bagi penghuninya, karena desain dan warnanya dapat disesuaikan menurut kebutuhan dan keinginan. Apalagi untuk penghuni rumah yang ingin mendapatkan privasitas tinggi dalam melakukan kegiatan-kegiatannya.

Sistem kerja partisi lipat

Partisi lipat selain bisa membuat penghuni rumah merasa lebih nyaman, juga dapat membuat ruangan terlihat makin rapi dan indah. Selain itu sangat mudah dan praktis digunakan, karena dilengkapi roda yang berfungsi sebagai penyangga dinding partisi dan menggeser pintu yang ada di partisi tersebut.

Saat pintu partisi lipat digerakkan, rodanya akan berjalan di atas rel. Fungsi dari rel ini adalah menjaga agar kondisi lantai yang dipakai untuk meletakan dinding partisi lipat tetap terjaga dengan baik dan tidak mengalami kerusakan. Selain itu juga untuk menjaga agar gerakan atau pergeseran pintu tidak meleset.

Jika ruang akan digunakan, kunci yang berada di bagian paling ujung di papan penyekat bisa dibuka lalu sekatnya digeser dan dilipat. Setelah ruang tidak dipakai, sekat tersebut digeser lagi ke tempat semula dan ruang akan kembali tertutup secara otomatis. Sementara itu dalam waktu yang bersamaan ruang lain juga bisa digunakan oleh penghuni rumah lainnya.

Hemat dalam penggunaan ruang

Salah satu keunggulan paling utama yang dimiliki partisi dinding lipat adalah lebih hemat dalam penggunaan ruang. Jika menggunakan dinding dan pintu berbeda, dibutuhkan tempat khusus untuk meletakan daun pintu. Apabila ukuran luas ruangannya kecil pasti hal ini sering menimbulkan masalah karena ruang tersebut akan terasa makin bertambah sempit.

Inovasi baru ini membuat konsep penataan ruang dalam rumah jadi lebih fleksibel. Luas serta ukuran ruang yang dipisah dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanpa menghilangkan ukuran luas ruang sebelumnya. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai media untuk memperindah dan mempercantik penampilan ruang karena memiliki gaya desain yang penuh variasi.

Memilih partisi lipat untuk rumah hunian

Jika dipakai di dalam rumah disarankan untuk memilih dinding partisi lipat yang dilengkapi roda agar lebih kokoh dan mudah digeser saat diperlukan. Apabila ruangnya memiliki ukuran yang lebih luas, sebaiknya menggunakan partisi jenis foolding door.

Partisi penyekat ruang ini tidak hanya bisa dijadikan pemisah saja, tetapi juga dapat meredam kebisingan suara. Sehingga tidak akan menimbulkan gangguan pada pemakai ruang lain yang ada di sebelahnya. Selain itu pilihlah partisi lipat yang materialnya lebih kuat namun ringan agar semakin mudah digeser atau dibuka dan ditutup.

Untuk desainnya, juga diselaraskan dengan konsep gaya desain interior dalam ruang tersebut. Jangan takut menentukan pilihan, karena pembuatan desain partisi lipat dapat direncanakan lebih dahulu menurut selera dan kebutuhan. Setiap penjual pasti menyediakan aneka macam gambar contoh yang bisa dijadikan sebagai bahan rekomendasi.

Bahkan apabila dirasa perlu lakukan konsultasi agar tidak ada kesalahan saat memilih partisi dinding lipat untuk penyekat ruang di rumah. Sehingga penghuni akan mendapat kepuasan dan kenyamanan yang makin optimal.