Hai sobat semua, pada artikel ini saya akan berbagi materi tentang pengertian dan macam-macam konjungsi untuk sobat semua. Nah seperti yang kita tahu, materi konjungsi adalah salah satu materi yang wajib sobat kuasai karena hampir disetiap jenjang kelas, sobat pasti akan bertemu dengan materi ini.

Untuk itulah sobat perlu memiliki pemahaman yang mendalam soal konjungsi atau kata hubung ini. Sebelum kita membahas lebih dalam lagi, kita cari tahu terlebih dahulu pengertian konjungsi.

Konjungsi adalah kata tugas yang fungsinya menghubungkan antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf.
Pengertian simpelnya konjungsi atau kata hubung adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan 2 kalimat. Ada beberapa macam konjungsi yang perlu sobat ketahui. Antara lain konjungsi intra kalimat dan antar kalimat.

Nah keduanya masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian lagi yang lebih kompleks, namun pada artikel ini kita akan membahas macam-macam konjungsi dan contohnya dengan simpel dan jelas. Jadi jika sobat ingin versi yang lebih lengkapnya, sobat bisa berkunjung ke artikel ini Macam-Macam Konjungsi dan Contohnya TerlengkapOke langsung saja kita mulai pembahasan kita kali ini tentang jenis-jenis konjungsi dan contohnya, cekidot 😊

Macam-Macam Konjungsi Beserta Contohnya

Seperti yang saya utarakan tadi, ada 2 sub pokok pembagian konjungsi, yaitu intra kalimat dan antarkalimat. Nah keduanya masih dibagi lagi menjadi lebih spesifik. Itulah yang akan kita cari tahu semua. Berikut ini penjelasannya 🙂

#1. Konjungsi Intra Kalimat
Konjungsi intra kalimat dibagi menjadi 2, yaitu konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif. Berikut ini penjelasan masing-masing konjungsi tersebut:
 Konjungsi Koordinatif adalah konjungsi yang menhubungkan dua klausa atau lebih yang mana mempunyai status yang sama. Contohnya: dan, tetapi, kemudian, sedangkan, padahal, melainkan, lalu, atau.
 Konjungsi Subordinatif adalah konjungsi yang menggabungkan 2 klausa atau lebih yang mempunyai status tidak sederajat. Contohnya: supaya, jika, kalau, andai, seperti, bagai, setelah, ketika, sehingga, sejak, ibarat, karena.

Selanjutnya untuk konjungsi subordinatif masih ada pembagian lagi, berikut ini pembagiannya:

• Hubungan waktu, contohnya: sejak, ketika, biar, setelah, selagi, sehabis, seraya, sesudah, selama, selesai, sampai, sementara, sambil, tatkala.
• Hubungan syarat, contohnya jikalau, asal, asalkan, manakala, jika, bila.
• Hubungan pengandaian, contohnya seandainya, andaikan.
• Hubungan tujuan, contohnya agar, supaya, biar.
• Hubungan konsesif, contohnya kendati, sekalipun, biarpun, walau
• Hubungan pemiripan, contohnya sebagai, bagaikan, seakan-akan, seperti
• Hubungan penyebaban, contohnya karena, sebab.
• Hubungan pengakibatan, contohnya maka, sehingga, karenanya.
• Hubungan penjelaan, contohnya bahwa.
• Hubungan cara, contohnya dengan, melalui

#2. Konjungsi AntarKalimat
Penjelasan singkat mengenai konjungsi antar kalimat, adalah konjungsi yang menghubungkan 2 kalimat atau lebih yang mana difungsikan untuk menyatakan maka yang berbeda-beda. Untuk peletakannya bisa di awal kalimat, atau sehabis tanda titik, tanda seru dan tanda tanya.
Untuk contohnya antara lain: dengan demikian, selain itu, kecuali itu, sebaliknya, sesudah itu, sebelum itu, namun.

Macam-Macam Konjungsi Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, konjungsi dibedakan menjadi:
 Konjungsi temporal, fungsinya untuk menjelaskan hubungan waktu antar peristiwa.
 Konjungsi perbandingan, fungsinya untuk menghubungkan 2 hal denga membandingkan keduanya.
 Konjungsi sebab (kausal), fungsinya untuk menjelaskan bahwa suatu hal terjadi karena suatu sebab tertentu.
 Konjungsi akibat (konsekutif), fungsinya untuk menunjukkan bahwa suatu hal terjadi sebagai akibat dari hal lainnya.
 Konjungsi urutan, fungsinya untuk menunjukkan urutan suatu hal.
 Konjungsi pertentangan, fungsinya untuk menghubungkan 2 kalimat yang sebenarnya keduanya saling bertentangan

Nah saya rasa itu saja, jangan lupa untuk materi lengkapnya sobat bisa kunjungi informasibelajar.com yang linknya sudah saya berikan pada tengah artikel tadi. Sekian artikel mengenai macam-macam konjungsi dan contohnya, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share dengan yang lain ya 😊