Huawei Y3 2017 ponsel pintar entri level segera dirilis dalam waktu dekat. Mengusung spesifikasi yang handal Huawei Y3 2017 memiliki desain dengan tampilan menarik tidak terlihat adanya tombol fisik. Menurut spesifikasi handphone, pada bagian belakang juga terlihat seperti bentuk speaker, kamera dan LED flash, dan tak ketinggalan logo Huawei. Mengusung layar seluas 5 inci dengan kemampuan resolusi 480 x 854 piksel berkerapatan 196 ppi panel ini juga sudah menggunakan layar IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors.

Huawei Y3 2017 juga didukung dengan tenaga yang handal yaitu dipersenjatai dengan chipset Mediatek MT6737M yang akan berpadu dengan prosesor Quad core berkecepatan 1.1 GHz. Tak hanya itu untuk dukungan multitasking Huawei juga membenamkan RAM dengan kapasitas 1 GB  yang dipastikan membuat kinerja semakin ringan. Huawei Y3 2017 juga sudah mengandalkan OS Android  6.0 Marsmallow dimana memiliki beberapa fitur yang cukup fungsional. Untuk kebutuhan memori internal Huawei membenamkan kapasitas memori internal dengan kapasitas 8 GB dan masih bisa diperluas dengan mengandalkan slot microSD meski belum jelas berapa kapasitas maksimalnya.

Beralih pada sektor fotografi, kamera Huawei mampu memberikan bidikan yang cukup memukau. Dilengkapi dengan dual kamera yang beresolusi 8 megapiksel pada kamera belakang yang sudah dilengkapi dengan fitur seperti autofocus dan LED flash. Sementara pada kamera depan terbenam kamera dengan resolusi 2 megapiksel kamera ini mampu memberikan hasil foto selfie yang dinilai cukup menawan meski resolusinya tidak terlalu tinggi dan bisa digunakan untuk aktivitas video call.

Sektor yang sangat penting yakni spesifikasi baterai, komponen ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan dari setiap komponen sehingga kinerjanya akan lebih maksimal. Huawei Y3 2017 akan menyuplai kebutuhan baterai ini dengan  baterai berjenis Li-Ion yang memiliki kapasitas dengan daya 2.000 mAh. Kapasitas baterai ini cukup memadai untuk mencukupi kebutuhan daya disetiap komponennya. Memang terbilang memiliki spesifikasi yang standar namun kemampuannya cukup handal. Huawei Y3 2017 juga dijual dengan harga yang cukup murah yaitu Rp 1.7 jutaan.