Di jaman yang serba digital seperti saat ini, smartphone merupakan sebuah benda yang wajib dimiliki. Ada banyak merek smartphone yang ada, dan setiap smartphone hadir dengan mengusung berbagai fitur yang menarik dan inovatif.

Namun seiring dengan berjalannya waktu kinerja dan performa smartphone Android akan semakin melambat, hal ini bisanya dikarenakan oleh berbagai faktor salah satunya ialah terlalu banyak aplikasi yang terinstal pada sebuah smartphone Android. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda perlu menghapus aplikasi bawaan Android.

Menghapus aplikasi bawaan android memiliki banyak manfaat, salah satunya ialah dapat meningkatkan kinerja dan performa smartphone Android. Karena dengan hapus aplikasi bawaan android dapat mengurangi beban dari RAM dan memori internal jadi lebih ringan, sehingga kinerja dan multi tasking Android lebih lancar.

Untuk melakukan cara menghapus aplikasi bawaan android ini kita tidak membutuhkan PC, sehingga prosesnya akan lebih cepat dan mudah. Dengan beberapa klik saja kita telah dapat menghapus aplikasi bawaan Android pada smartphone kita. Namun perlu Anda tahu bahwa dalam melakukan proses hapus aplikasi Android ini dibutuhkan akses root, sehingga jika Anda ingin melakukan cara ini, maka terlebih dahulu smartphone Anda harus dalam keadaan root.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

  1. Root perangkat Android anda.
  2. Download aplikasi System App Remover.
  3. Instal aplikasi System App Remover yang sebelumnya telah di download.
  4. Jalankan aplikasinya, dan tunggu sebentar hingga aplikasi System App Remover membaca seluruh aplikasi yang terinstal pada Android anda.
  5. Kemudian ceklist aplikasi bawaan yang ingin anda hapus.
  6. Dan akan muncul peringatan “remove this application can make your phone not funtion perfectly. Do you want to remove this application?”
  7. Jika anda yakin ingin menghapus aplikasi yang anda ceklist, maka klik “uninstall” dan tunggu hingga proses uninstall selesai.

Cukup mudah bukan? Nah, demikianlah tutorial menghapus aplikasi Android dari kami yang dikutip dari androidcourt.com. Semoga tutorial ini bermanfaat dan membantu untuk meningkatkat perfoma dan kinerja ponsel Android Anda.