Erupsi besar Merapi pada tahun 2010 telah meluluh lantakkan Desa Kali Adem dan beberapa desa lainnya serta menewaskan beberapa penduduk lokal. Bencana alam ini juga mengubur desa-desa tersebut sehingga juga memaksa warga untuk relokasi dari tempat tinggalnya. Setelah beberapa tahun berlalu, wajah dari kawasan ini berubah total. Pasca erupsi tersebut, banyak orang yang penasaran dan ingin datang ke kawasan ini untuk melihat dari dekat kondisi tempat ini setelah erupsi. Melihat hal tersebut ini beberapa pihak melihat peluang bisnis dari aktivitas para wisatawan yang datang ke tempat ini.

Pada akhirnya mereka pun mengembangkan sebuah wisata alam yang dipadukan dengan kegiatan kegiatan ekstrim yaitu Volcano Tour Merapi. Tour ini menjadi spesial dan berbeda dengan yang lainnya karena wisatawan diajak berkeliling kawasan yang terkena dampak langsung erupsi Merapi dengan menaiki kendaraan Jeep. Dengan jeep inilah wisatawan akan diajak berkeliling mengunjungi tempat-tempat yang dulunya berupa perkampunagan yang sekarang telah rata menjadi tanah dan bangunan yang tersisa telah hancur dan dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan hijau.

Di kawasan ini terdapat berbagai operator atau penyedia layanan jasa tour Merapi di Kawasan Kaliadem. Terdapat ratusan jeep dari berbagai jenis seperti Willys maupun Hardtop yang siap menemani para pengunjung unutuk bertualang dan off-road ke tempat-tempat yang telah ditentukan. Tempat-tempat yang dikunjungi antara lain: Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, Bunker Kali Adem, dan lainnya. Wisata Volcano Tour Merapi merupakan objek wisata utama yang ada di Jogja sehingga banyak wisatawan yang memasukkannya di rencana paket wisata di Jogja mereka.

Tarif Sewa Jeep:

Di Lava Tour Merapi menyediakan beberapa buah paket tour yaitu paket pendek, sedang dan panjang. Untuk paket pendek dihargai Rp. 350.00,- per jeep, paket sedang tarifnya Rp. 450.00,- per jeep dan untuk paket panjang dikenai tarif Rp. 550.00,- per jeep. Terdapat pula paket sunrise yang mana wisatawan bisa melihat keindahan sunrise dari Kaliadem dengan tarif Rp. 550.00,- per jeep. Kapasitas penumpang di jeep adalah 4 hingga 5 orang tergantung ukuran badan penumpang namun pada umumnya jeep dinaiki oleh 4 orang penumpang atau bisa baca lengkap disini paket wisata jogja yang bagus.

Lokasi:

Wisata Volcano Tour Merapi berada di Desa Kali Adem, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Terdapat beberapa tour operator yang menyewakan jeep kepada para wisatawan yang datang.

Tip Wisata:

  1. Bawa baju hangat untuk berjaga-jaga dari udara dingin.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman.
  3. Gunakan penutup kepala untuk melindungi dari debu.
  4. Pakai masker karena banyak debu berterbangan.
  5. Bawa air mineral untuk berjaga-jaga saat haus.
  6. Jaga kebersihan.