Lima tahun sudah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan memberikan fasilitas beasiswa kepada putra-putri bangsa terbaik untuk program Magister dan Doktoral. Beasiswa luar negeri dan dalam negeri ini diberikan kepada mereka yang sesuai dengan kualifikasi dan lolos seleksi guna meneruskan studinya di perguruan tinggi impian.

Program beasiswa LPDP ini berfungsi untuk mendukung tersedianya kualitas SDM Indonesia yang nantinya dapat memberikan kontribusi demi kemajuan Indonesia. Investasi juga telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan sangat serius di dalam peningkatan kualitas SDM Indonesia. Mereka yang lolos seleksi untuk mendapatkan beasiswa LPDP akan memperoleh berbagai fasilitas beasiswa, mulai dari biaya pendidikan, biaya pendukung, tunjangan keluarga, asuransi, hingga uang saku beasiswa LPDP.

Mencakup biaya pendidikan antara lain meliputi biaya pendaftaran, biaya SPP setiap semester, biaya belanja buku, tesis/disertasi, publikasi karya ilmiah, riset, sampai dengan wisuda. Sedangkan termasuk dalam biaya pendukung antara lain seperti tunjangan transportasi, uang saku, dan tunjangan untuk pasangan (suami/istri) dan anak. Asuransi kesehatan juga didapatkan oleh penerima beasiswa LPDP, termasuk juga biaya visa, uang saku bulanan, tunjangan keluarga, sampai insentif apabila memperoleh peringkat di perguruan tinggi tempat ia menempuh studi.

Disebutkan bahwa beasiswa yang diterima oleh peserta program magister untuk perguruan tinggi dalam negeri mencapai Rp 200 sampai 300 juta. Sementara untuk program doktoral di perguruan tinggi dalam negeri mencapai Rp 700 sampai 800 juta. Dana tersebut adalah dana rata-rata yang didapatkan oleh penerima beasiswa selama masa studi berlangsung hingga selesai.

Hal yang menarik adalah untuk penerima beasiswa magister di perguruan tinggi luar negeri, besarnya dana yang didapatkan bisa mencapai Rp 1 miliar, sedangkan untuk doktoral bisa mencapai Rp 2 miliar.

Nah, tunggu apalagi? Ayo buruan daftar beasiswa LPDP, untuk informasi lengkap mengenai beasiswa LPDP ini, dapat dibaca di link Artikel Beasiswa LPDP S2 dan S3