3 Ciri Kehamilan Ini Jarang Diketahui, Bagaimana Dengan Anda?

Saat seorang wanita sudah menikah, biasanya  mereka langsung memperkaya pengetahuan tentang kehamilan. Tak jarang, wanita yang belum mengandung pun bisa mengetahui ciri ciri hamil dari buku atau internet. Meski demikian, ada beberapa ciri kehamilan yang biasanya tidak disadari karena dianggap merupakan gejala penyakit tertentu.

Bagaimana dengan Anda? Apakah kira-kira Anda bisa mengetahui ciri kehamilan yang jarang disadari berikut ini:

Pusing

Pusing merupakan salah satu gangguan penyakit yang sering dialami. Banyak sekali penyebabnya, mulai dari kelelahan, stres, hingga adanya gangguan syaraf. Yang tak banyak diketahui, pusing juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Tapi berbeda dengan pusing yang disebabkan oleh penyakit, pusing di awal kehamilan biasanya tidak berupa rasa nyeri yang kuat, melainkan pusing seperti saat Anda kehilangan keseimbangan. Rasa pusing ini biasanya juga diiringi dengan demam ringan yang akan sembuh dengan sendirinya tanpa obat.

Kram perut

Pada wanita, kram perut selalu identik dengan gejala awal menstruasi. Hal ini menjadikan banyak wanita tak sadar dirinya tengah hamil dan menganggap kram perut yang dialami adalah tanda PMS. Pada wanita hamil, kram perut umumnya terjadi ketika pembuahan sudah berhasil dan ada sel telur yang menempel di salah satu dinding rahim. Kram ini tidak terasa terlalu menyakitkan, melainkan hanya berupa adanya sensasi tertarik atau kedutan di salah satu sisi rahim.

Rasa terbakar di ulu hati

Anda yang punya penyakit maag pasti sudah hafal sekali dengan sensasi ini. Ya, heartburn alias rasa terbakar di ulu hati sering sekali dialami oleh wanita hamil. Hal tersebut disebabkan adanya perubahan hormon yang membuat asam lambung juga turut meningkat. Tapi bedanya, pada wanita hamil biasanya heartburn ini tiba-tiba terjadi, bukan karena telat makan atau mengonsumsi sesuatu yang terlalu pedas dan asam.

Ada baiknya Anda mencatat siklus menstruasi sehingga bisa mengenali tanda kehamilan dengan baik. Sebab tak semua tanda kehamilan tampak nyata, ada juga yang susah dibedakan seperti 3 tanda kehamilan di atas.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *