anak

Agar Anak Suka Membaca, Ini Cara Kenalkan Anak pada Buku

Bagi para orangtua, pasti saja mempunyai seorang anak yang suka sekali membaca tentunya akan jadi suatu kebanggaan tersendiri. Bila anaknya sudah terbiasa untuk membaca, maka anak Anda mungkin saja juga akan mempunyai wawasan yang lebih luas lagi dan juga secara alami tak akan susah untuk disuruh belajar. Akan tetapi, mengenalkan buku pada anak di usia dini ini adalah salah satu cara atau pun  tips yang paling tepat yang memang harus dilakukan oleh para orangtua sejak dini. Lantas, kira-kira bagaimana sih cara memulainya yang bisa Anda lakukan pada anak agar mereka bisa suka membaca? Di bawah ini akan kami rangkumkan tentang beberapa cara mudahnya yang bisa Anda contoh. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya.

anak
anak

Cara kenalkan anak pada buku agar suka baca

Biasakan untuk membacakan cerita pada anak

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan buku pada anak adalah dengan membacakan cerita pada anak secara rutin dan teratur. Anak suka sekali dibacakan dongeng atau pun diberi cerita yang menarik, sebab anak akan selalu ingin tahu. Dan hal yang demikian ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk kenalkan buku pada buah hati tercinta. Silakan Anda beli buku cerita yang sederhana dan memiliki gambar yang menarik, lalu ceritakan sebelum tidur atau pun di saat waktu senggang di rumah, cara satu ini akan menjadikan anak Anda lebih menyukai buku.

Lempatkan pertanyaan pada anak

Pada saat Anda membacakan buku, buatlah anak Anda untuk ikut serta di dalam aktifitas membaca tersebut, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanyakan mengenai satu atau pun dua hal di dalam cerita. Ini nantinya yang akan melatih anak untuk pahami cerita sekaligus menjadi cara Anda dalam mengajarkan kata-kata kepada anak. Anda bisa bertanya yang seperti ini “ ada di mana kelincinya ya dik?” atau “siapa sih yang mencuri makanan tersebut” dan lain sebagainya.

Menjadi contoh yang baik bagi anak

Silakan Anda mulai dengan diri Anda sendiri, akan jadi lebih baik lagi bila Anda adalah orangtua yang juga suka sekali membaca buku. Ini nantinya akan menjadikan anak Anda terbiasa melihat buku sebab orangtuanya sendiri yang suka membaca dan juga memegang buku. Ini yang akan menjadikan anak Anda semakin penasaran dengana apa yang Anda lakukan, bahkan ingin melakukan hal yang sama seperti Anda. Sebab, memang benar anak adalah peniru terbaik orangtuanya.

Demikianlah cara kenalkan anak pada buku agar suka membaca yang bisa kami informasikan. Semoga saja bermanfaat. Sumber : https://pendidikan.co.id/

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *