Aneka Ornamen Masjid Yang Dapat Memperindah Masjid

Ornamen yang ada pada masjid merupakan salah satu elemen hiasan yang ada pada bangunan masjid, entah sebagai hiasan didalam masjid (interior) ataupun hiasan diluar masjid (eksterior). Masjid di Indonesia ada banyak sekali, dan pastinya masyarakat Indonesia sangat familiar dengan arsitektur dari masjid. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama islam yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, masyarakat berlomba-lomba untuk membangun masjid didaerahnya untuk memberikan akses kemudahan bagi masyarakat untuk beribadah. Aneka ornamen masjid banyak dicari untuk memperindah masjid. Allah SWT menyukai keindahan, maka tak heran jika masjid-masjid yang dibangun pun memiliki nilai estetika yang tinggi dengan berbagai macam ornamen.

harga karpet masjid
harga karpet masjid

Ornamen menjadi elemen yang sangat penting dan tidak bisa ditinggalkan dalam pembangunan masjid untuk mendukung terwujudnya masjid yang indah dan nyaman. Hampir tidak ada masjid yang tidak memiliki aneka ornamen masjid didalam maupun luar masjid itu sendiri. Ada beberapa macam jenis ornamen yang diperbolehkan untuk menghias masjid, berikut adalah contohnya.

  1. Ornamen kaligrafi Al-Qur’an

Kaligrafi Al-Qur’an merupakan seni tulis indah yang berkembang dari budaya islam, tulisannya berupa ayat-ayat yang ada didalam Al-Qur’an. Selain ditulis dengan indah dan mampu menghias masjid, penggunaan ornamen kaligrafi Al-Qur’an juga memiliki tujuan lain, yaitu sebagai sarana untuk melestarikan Al-Qur’an.

  1. Ornamen geometris islami

Lebih populer dalam ornamen islam, karena dapat digunakan untuk menghias lantai, dinding, langit-langit bahkan relief atau kerawang masjid. Hampir setiap masjid di Indonesia menggunakan ornamen geometris islami untuk menghias masjid. Pola geometris yang digunakan untuk menghias berupa berbagai macam bentuk dan garis yang saling menyambung dan tidak terputus.

  1. Ornamen tradisional

Ornamen tradisional atau lokal daerah masing-masing yang ada di Indonesia juga kerap digunakan. Karena masjid sendiri arsitekturnya tidak lepas dari pengaruh budaya lokal. Motif yang biasa digunakan adalah motif sulur, tumbuhan dan juga geometris.

Ornamen apapun yang anda pilih dari berbagai aneka ornamen masjid tidak masalah, karena ornamen apapun jika dibuat dengan baik mampu memperindah masjid, walaupun ornamennya hanya sederhana
Silahkan baca: harga karpet masjid murah

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *