Angka Romawi 6, Begini Cara Membuatnya…

Tahukah kamu di zaman seperti saat ini, menulis menjadi pilihan utama kaum milenial, eits tetapi bukan menulis instastory ya. Yang dimaksud adalah menulis artikel,cerpen, bahkan buku. Banyak yang tertarik dengan satu bidang ini.

Tetapi jika seseorang menulis buku, ada satu hal yang kerap dilupakan. Apa ya? Yakni belajar dengan tepat tentang penomoran. Banyak yang beranggapan bahwa penomoran pada sebuah buku atau karya tulis itu tidak terlalu penting. Jangan salah ya sobat, justru melalui penomoran yang benar bisa membantu pembaca dalam memahami tulisanmu loh.

Terutama adalah penomoran dengan menggunakan angka romawi. Sobat sudah faham kan apa itu angka romawi? Ya, angka romawi merupakan sistem penomoran dengan menggunakan lambang huruf latin. Fokus artikel ini yaitu pada penulisan angka romawi 6 yang kerap menjadi kesalahan fatal para penulis.

Seperti kita ketahui, dalam menulis angka romawi terdapat dua karakter yakni karakter dasar dan karakter kombinasi. Apa sih kedua karakter itu? Dan kapan kita harus menggunakan masing-masingnya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Karakter dasar

Sesuai dengan namanya, karakter dasar ini digunakan sebagai modal awal atau dasar penulisan angka romawi, seperti I, V, C, L, X, D, M. Dan digunakan untuk menulis angka romawi mulai 1-1000. Jadi karakter dasar ini sudah pakem ya sobat. Lihat di bawah ini.

Simbol Hasil
I 1 (satu)
V 5 (lima)
X 10 (sepuluh)
L 50 (lima puluh)
C 100 (seratus)
D 500 (limaratus)
M 1000 (seribu)

Karakter kombinasi

Disinilah penulisan Angka Romawi 6 dipelajari. Karakter kombinasi ini menjadi pelengkap dan juga pendamping karakter dasar dalam menuliskan angka romawi. Contoh-contoh karakter kombinasi yaitu:

II = 2

III = 3

IV = 4 (mengapa tidak ditulis IIII? Karena pengulangan lambang dalam satu angka hanya boleh 3x saja)

VI = 6 (nah, mengapa menggunakan lambang angka 5 terlebih dahulu? Peletakan lambang I setelah lambang V menunjukkan 5+1=6. Disinlah penulisan angka romawi 6 yang benar. Jadi bukan begini IIIIII ya sobat. Harus teliti ya.) Gambar romawi 6 bisa sobat lihat di bawah ini.

Okay, itulah cara menulis Angka Romawi 6 yaa sobat. Semoga bermanfaat, and see you next time!

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *