Apa Definisi Dari Belajar dan Manfaatnya

Pada dasarnya, belajar merupakan salah satu kebutuhan dan kewajiban bagi setiap orang. Belajar tidak mengenai batas usia dengan kata lain semua orang bisa belajar kapanpun dan dimanapun mereka berada. Namun sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui mengenai arti sesungguhnya, terkait istilah belajar, dan bagaimana cara belajar yang baik. Berikut ini adalah pembahasan singkatnya.

Pengertian Belajar dan Manfaatnya

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa belajar memang menjadi sebuah kewajiban bagi setiap orang khususnya bagi anda yang sedang menuntut ilmu di bangku pendidikan. Setiap orang perlu melakukannya supaya bisa menambah wawasan dan juga mengasah pikiran. Selain itu, ada beberapa jenis dan manfaat dalam belajar, yaitu sebagai berikut ini:

  • Belajar dapat menambah pengetahuan mengenai suatu hal

Dengan selalu belajar dengan rutin maka akan membuat anda lebih bisa memahami dan mengetahui banyak hal yang tidak andaketahui sebelumnya. Walaupun efeknya tidak bisa dirasakan dengan langsung, namun secara perlahan dan pasti anda akan mengalami pengembangan terhadap suatu wawasan yang bisa anda peroleh dengan cara belajar.

  • Mengasah kemampuan otak

Pada dasarnya ketika anda berada di bangku sekolah akan dipaksa untuk menghafal dan menambahi banyak sekali materi pelajaran, bukan? Selain itu anda juga dituntut untuk bisa berfikir cepat, akurat, tajam, kritis, sistematis, dan matang. Oleh karena dengan selalu belajar dengan keras maka otak akan terlatih untuk selalu mengasah ilmu dengan baik. Sehingga otak anda akan mudah mengingat dan menyerap apa yang anda pelajari atau baca.

  • Bisa dijadikan sebagai ajang untuk membiasakan diri dengan cara berkompetisi

Saat berada di bangku pendidikan pastilah anda dituntut untuk selalu berkompetisi dengan yang lainnya. Hal ini diwujudkan dengan perolehan nilai. Anda pasti akan berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai yang bagus. Dengan belajar keras, anda telah membuktikan bahwa anda siap berkompetisi dengan yang lainnya.

  • Belajar dijadikan sebagai ajang untuk bersosial dan berkomunikasi dengan orang lain

Pada dasarnya pengertian belajar tidak hanya didefinisikan sebagai aktivitas berdiam diri dan membaca buku. Namun, belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara dimana salah satunya adalah dengan berdiskusi. Dengan belajar secara diskusi maka anda secara otomatis juga belajar untuk bersosialisasi dengan yang lainnya.

Cara Belajar yang Efektif dan Benar

Banyak orang yang mengartikan belajar adalah sebagai proses yang sangat membosankan. Namun ternyata belajar itu bisa dijadikan sebagai salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan dengan satu syarat dimana anda melakukan teknik belajar yang benar. Salah satunya teknik belajar yang efektif dan benar adalah sebagai berikut ini, yaitu:

  • Belajar secara kelompok

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan belajar secara berkelompok. Belajar kelompok ini bisa dilakukan dengan cara belajar bareng dengan teman–teman. Dengan belajar kelompok, belajar akan lebih menyenangkan karena adanya teman yang bisa diajak untuk berdiskusi. Jika anda belajar kelompok sebaiknya pilih teman yang pandai dan rajin agar anda bisa lebih termotivasi untuk belajar lebih rajin.

  • Selalu bersikap disiplin dan tekun

Untuk bisa mendapatkan belajar yang berkualitas, hanya ada satu kuncinya yaitu rajin dan tekun. Anda tidak perlu belajar sepanjang hari. Namun anda cukup belajar 1-2 jam saja dalam satu.hari tapi harus dilakukan secara rutin. Jangan hanya belajar saat ada ulangan atau tes saja karena kurang efektif sekali.

  • Hindarilah kegiatan mencontek saat ujian

Jelas saja mencontek merupakan salah satu aktivitas yang sangat dilarang. Dengan mencontek akan membuat anda bukan menjadi lebih pintar namun malahan akan semakin terlihat bodoh. Selain itu, mencontek juga mencerminkan bahwa anda kurang percaya diri dalam mengerjakan tes dan anda tidak paham mengenai materi yang diujikan. Oleh karena lebih baik mengerjakan dengan kemampuan sendiri saja daripada mencontek karena dengan begitu anda bisa mengukur kemampuan anda.

sumber: ilmu definisi

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *