Asal Usul Nama Raja Ampat

Di Indonesia ada banyak sekali suku, budaya dan juga bahasa. Hal ini disebabkan karena daerah berpulau yang dimiliki oleh Indonesia. Banyaknya keanekaragaman yang dimiliki oleh Indonesia ini membuat setiap daerah di Indonesia menjadi menarik. Salah satu hal yang menarik dari daerah-daerah tersebut adalah legenda rakyat atau cerita-cerita rakyat yang ada di sebuah daerah, tidak terkecuali Raja Ampat.

Raja Ampat merupakan sebuah daerah yang sangat populer dengan wisatanya. Hal ini disebabkan karena keindahan alam baik di atas permukaan laut atau dibawah laut yang dimilikinya. Keindahan alamnya saja memang sudha cukup banyak mendapatkan perhatian dari pecinta wisata. Akan tetapi selain keindahan alam yang dimilikinya, ada sebuah cerita rakyat yang menjadi bumbu keindahan wisata yang bisa anda temukan di Raja Ampat. Cerita Rakyat ini adalah mengenai nama dari lokasi wisata populer ini sendiri. Bagaimana ceritanya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Arti nama Raja Ampat

Raja Ampat merupakan sebuah daerah di Papua yang diberi nama berdasarkan bahasa daerah setempat. Raja memiliki arti seperti bahasa Indonesia pada umumnya yaitu seorang pemimpin dna juga ampat memiliki arti empat. Artinya Raja Ampat memiliki arti Empat Raja. Pemberian nama inilah yang memiliki cerita tersendiri dibelakangnya. Lalu bagaimana ceritanya?

Cerita ini merupakan salah satu cerita yang berkembang di daerah Raja Ampat seperti cerita-cerita daerah di tempat lainnya. Ada unsur-unsur magis yang meliputinya seperti cerita daerah kebanyakan. Hal ini juga merupakan salah satu khas yang dimiliki oleh daerah-daerah di Indonesia, meskipun berasal dari banyak daerah-daerah, ada banyak cerita di daerah Indonesia yang memiliki kesamaan berupa unsur magis yang ada di dalamnya.

Cerita bermula dari seorang pasangan suami istri yang miskin. Pasangan suami istri tersebut tidak memiliki keturunan dan tidak memiliki harta benda. Suatu hari mereka menemukan 6 buah telur yang disebutkan merupakan telur naga. Naga merupakan salah satu hewan legenda yang belum diketahui benar tidak mengenai keberadaannya. Hal inilah yang menyebabkan cerita asal usul nama Raja Ampat menjadi sebuah cerita dengan unsur magis. Meskipun mendapatkan 6 buah telur yang sesungguhnya memiliki nilai yang tinggi, karena kemiskinan yang melanda, 6 telur tersebut akhirnya akan dimasak oleh pasangan suami istri tersebut untuk dimakan. Akan tetapi sesaat sebelum dimasak, 5 dari 6 telur yang akan dimasak tersebut menetas. Untungnya, dari telur besar yang disangka merupakan telur naga ini bukan hewan legenda tersbeut yang muncul melainkan berupa anak-anak manusia.

Dari 5 anak yang menetas dari telur tersebut 4 diantaranya merupakan anak laki-laki dan 1 sisanya merupakan anak perempuan. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh pasangan menikah tersebut, anak-anak dari telur tersebut di didik sehingga dapat bertubuh dengan baik. Sayangnya anak perempuan yang berasal dari telur tersebut harus menerima nasib buruk karena perbuatan kurang baik yang dilakukannya. Perbuatannya tersebut membuatnya dihukum dengan cara dihanyutkan diatas kerang besar hingga sampai ke pulau numfor. Berbeda dengan saudara perempuannya. Ke empat saudara laki-laki dari 5 telur tersebut bertumbuh dengan baik, bahkan menjadi raja di 4 pulau besar disana. Hal inilah yang menjadi awal mula penamaan daerah ini.

Sisa telur

Dari cerita diatas 5 dari 6 telur dapat menetas, akan tetapi salah satu telur tidak bisa menetas. 1 telur tersebut menjadi salah satu bukti bahwa cerita ini merupakan cerita rakyat yang sungguh-sungguh ada dan hingga saat ini disebutkan bahwa telur masih disimpan sebagai salah satu penghormatan.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *