Pembayaran Pajak dan Asuransi yang Tidak Sesuai Dalam Pengelolaan Fixed Asset

Jika anda masih menggunakan excel dan belum menggunakan fixed asset management software sebaiknya perhatikan artikel ini. Pembayaran Pajak dan pembayaran asuransi sangat erat kaitannya dengan fixed asset yang anda miliki. Pada pembayaran pajak, jumlah nominal pembayaran pajak badan dipengaruhi oleh laba rugi yang dimiliki perusahaan setiap tahunnya.

Sedangkan yang kita ketahui bersama adalah fixed asset mengalami penyusutan nilai atau depresiasi. Beban penyusutan yang bertambah akan menyebabkan berkurangnya laba yang diterima oleh perusahaan sehingga beban pajak yang ditanggung perusahaan menjadi lebih kecil.

Sedangkan untuk asuransi, terdapat beberapa perusahaan yang mengasuransikan fixed asset yang mereka miliki. Semakin banyak dan besar nilai aset yang mereka miliki maka semakin besar premi asuransi yang harus mereka bayar ke pihak asuransi. Untuk itu menjadi penting apabila jumlah dan nilai dari aset anda yang sebenarnya selalu terupdate. Jika masih ada aset-aset yang masih terdaftar namun fisik sebenarnya tidak ada atau rusak lebih baik dikeluarkan dari daftar aset yang diasuransikan.

Rugi bukan ? jika anda masih membayar asuransi untuk aset -aset “hantu” tersebut.

Lalu bagaimana mengetahui aset yang hilang dan rusak diatas ? Anda harus melakukan fisikal cek atau stock opname secara berkala, dan pada sistem software fixed asset and tracking yang lengkap proses stock opname dapat anda lakukan kapan saja dengan mudah dan cepat.