Beberapa Jenis Peralatan Rumah Ini Ternyata Menjadi Tempat Berkumpulnya Bakteri Pemicu Banyak Penyakit

Berawal dari pemutih pakaian, vacuum cleaner, pestisida, sampai pada wastafel kamar mandi, berbagai peralatan dan kebutuhan rumah tangga ini ternyata ada resiko kesehatan yang tinggi. Meskipun fungsional dan bahkan diperlukan dalam kehidupan Anda, jika Anda tidak waspada, bisa berakibat munculnya berbagai macam penyakit berbahaya.

Supaya tidak sampai jatuh sakit, sebaiknya Anda melihat dengan baik kondisi peralatan rumah tangga di bawah ini, dan memahami cara memakai dan merawatnya yang tepat. Cara di bawah ini terutama sangat penting jika Anda punya anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit paru-paru atau daya tahan tubuh lemah.

  • Alat Rumah Seperti Karpet

Permukaan karpet serta permadani mengumpulkan lebih banyak debu dibandingkan lantai keramik. Waktu Anda berjalan, partikel-partikel yang menempel pada karpet akan terangkat serta kembali menempel pada karpet. Anda mungkin tidak akan mengalami gangguan pernafasan yang parah jika Anda tidak memiliki kondisi asma atau penyakit paru-paru kronis. Namun jika anak-anak Anda gemar bermain di lantai, debu yang menempel pada karpet di lantai bisa menimbulkan gangguan paru-paru bagi anak Anda.

  • Wastafel Pada Area Kamar Mandi

Jamur yang timbul di sudut-sudut rumah yang lembab bisa memicu gejala pada orang yang punya alergi atau asma, dan menimbulkan resiko kesehatan pada orang yang tidak punya alergi sebelumnya. Jamur bisa muncul di tempat dengan tingkat kelembapan yang tinggi, misalnya pada di bawah wastafel, di sekitar jendela, dinding kamar mandi, serta karpet yang basah.

Perhatikan kebersihan seluruh area rumah, terutama area-area tersembunyi yang bisa menjadi sarang jamur. Jika Anda melihat area yang berjamur di rumah, segera bersihkan secara total. Waspadalah saat membersihkan dan gunakan masker wajah supaya Anda tidak menghirup spora-spora dari jamur tersebut.

  • Pada Cat Dinding Rumah

Jika Anda tengah melakukan merenovasi ruangan atau perabotan, pastikan area renovasi tersebut punya sirkulasi udara yang baik. Cat dinding bisa mengeluarkan uap kimia yang berpeluang membahayakan kesehatan ketika Anda membuka kaleng cat atau waktu menunggu cat kering. Resiko kesehatan yang terjadi waktu Anda menghirup uap ini dapat meliputi penyakit pernafasan sampai pada zat karsinogen berbahaya seperti formaldehida yang bisa memicu kanker.

Untuk menghindari resiko itu, bukalah jendela dan tempatkan kipas untuk menarik udara keluar rumah saat mengeringkan cat. Jika Anda tengah mengecat perabotan atau peralatan rumah tangga lainnya, di luar rumah sehingga Anda tidak perlu mencemaskan sirkulasi udara saat proses pengerjaannya.

  • Bahan Pembersih Zat Kimia

Disinfektan kimia yang keras misalnya saja pemutih, klorin, dan amonia dapat memicu iritasi bagi orang-orang dengan penyakit paru-paru seperti asma atau penyakit paru obstruktif kronik. Selain itu, zat kimia ini juga dapat  memicu asma pada orang yang tidak pernah terkena penyakit ini sebelumnya.

Sebaiknya kurangilah penggunaan produk pembersih kimia yang keras ini dan pakailah sabun dan air untuk membersihkan rumah. Banyak orang berpikiran bahwa kuman di rumah perlu dibersihkan dengan disinfektan, namun dalam kenyataannya, sabun atau bahkan memakai air saja sudah cukup untuk menghilangkan sebagian besar bakteri serta virus.

  • Alat Rumah Seperti Vacuum Cleaner

Peralatan rumah tangga misalnya pada sapu dan vacuum cleaner tidak terlalu efektif untuk mengatasi debu di rumah. Sebaliknya, waktu Anda menyapu, debu akan berterbangan di udara, dan hal ini dapat menimbulkan gejala gangguan pernafasan pada orang-orang yang punya alergi. Gangguan ini bukanlah masalah medis yang kronis, namun sangata menjengkelkan.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda pel lantai pakai kain basah dibandingkan menyapu lantai. Untuk menyedot debu, pakai juga vacuum cleaner dengan filter HEPA, yang dapat memfilter debu-debu halus.

Meskipun terlihat simpel dan tidak berbahaya, berbagai peralatan rumah tangga di atas dapat menjadi pemicu banyak bibit penyakit, terutama yang berhubungan dengan masalah paru-paru. 

obat penghilang bopeng

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *