Belajar Kembali Materi Paling Mudah Dari Ekonomi Elastisitas Permintaan Dan Penawaran Buat SMA

Screenshot_1.png

Materi elastisitas permintaan dan penawaran merupakan salah satu materi dalam pelajaran ekonomi yang perlu kalian kuasai dengan baik. Sebab, materi yang satu ini merupakan materi penting yang akan membantu kalian dalam dinamika praktik ekonomi.

Untuk membantu kalian memahami materi ini, kami akan membahasnya dalam artikel kali ini. Tanpa perlu berlama-lama angsung saja simak pembahasan materi teori elastisitas permintaan dan penawaran dibawah ini:

  • Pengertian Dari Permintaan Dan Penawaran

Sebelum kita mengupas pengertian serta teori elastisitas permintaan dan penawaran, seperlunya kalian paham dulu pengertian dari permintaan serta penawaran itu sendiri. Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang dimau atau diminta oleh konsumen pada tingkat harga tertentu.

Sedangkan, penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga tertentu. Masing-masing permintaan dan penawaran mempunyai hukumnya sendiri. Hukum permintaan menyatakan kalau harga barang atau jasa semakin rendah, maka jumlah permintaan terhadap barang atau jasa tersebut cenderung meningkat.

Dan sebaliknya kalau harga barang atau jasa  tersebut meningkat, maka jumlah permintaan terhadap barang atau jasa juga akan cenderung turun. Sedangkan dalam hukum penawaran berkata kenaikan harga suatu barang dan jasa akan menyebabkan meningkatnya aktifitas penawaran terhadap barang atau jasa tersebut. Dan sebaliknya kalau harga semakin menurun maka timbul kecenderungan penawaran terhadap barang atau jasa tersebut yang juga akan ikut berkurang dan baca artikel lainnya terkait contoh daftar pusaka.

  • Penjelasan Elastisitas Permintaan Dan Penawaran

Nah, setelah kalian paham apa itu permintaan dan penawaran beserta hukumnya, sekarang waktunya mengulas pengertian teori elastisitas permintaan serta penawaran. Tapi sebelumnya, untuk mengerti konsep elastisitas permintaan dan penawaran, kalian perlu paham dulu definisi elastisitas.

Elastisitas merupakan sebuah pengaruh perubahan harga terhadap jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan. Sangat sederhana pengertian elastisitas merupakan sebuah tingkat kepekaan atau perubahan suatu gejala ekonomi pada perubahan gejala ekonomi lainnya.

Elastisitas tergolong atas tiga jenis yakni,  elastisitas harga,  elastisitas silang serta elastisitas pendapatan. Di dalam ketiga bentuk tersebut, ada juga elastisitas permintaan serta penawaran sebagai unsur pentingnya.

Elastisitas permintaan merupakan sebuah pengaruh perubahan harga pada besar atau kecilnya jumlah dari barang yang diminta atau tingkat kepekaan perubahan dari jumlah barang yang diminta pada perubahan harga barang tersebut.

Sedangkan pada elastisitas penawaran merupakan sebuah pengaruh perubahan harga pada besar kecilnya jumlah barang yang ditawarkan atau tingkat kepekaan perubahan dari jumlah barang yang ditawarkan terhadap perubahan harga barang.

  • Penjelasan Elastisitas Harga Permintaan Dan Penawaran

Konsep dasar elastisitas permintaan serta penawaran telah dijelaskan pada subbab di atas, dengan elasitistas permintaan mengulas tingkat kepekaan permintaan dari jumlah barang serta elastisitas penawaran mengarahkan tingkat kepekaan penawaran jumlah barang. Untuk bisa mengetahui koefisien elastisitas harga tersebut maka kalian perlu memahamu rumus yang ada.

Dengan memahami rumus rumus yang ada tersebut, kalian juga akan mengetahui nilai koefisien elasitisitas. Nilai tersebut yang nantinya akan menggambarkan seberapa besar kepekaan atau tingkat elastisitas barang yang diminta atau juga yang ditawarkan akibat perubahan harga barang tersebut.

  • Penjelasan Elastisitas Silang

Arti dari elastisitas silang atau cross elasticity merupakan sebuah elastisitas yang mengukur tingkat kepekaan perubahan dari jumlah barang tertentu yang diminta berakibat pada perubahan harga barang lainnya. Elastisitas silang juga akan berlaku dengan baik bagi barang-barang substitusi maupun barang komplementer. Keterkaitan antara barang yang bersifat komplementer bisa terjadi dengan dua jenis barang yang memiliki kekgunaan yang saling melengkapi.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *