Berbagai untuk Stimulasi Otak Sih Kecil

Otak sih kecil akan berkembang pesat bagai spons yang bisa menyerap berbagai informasi di lingkungan sekitarnya, sampai usia 1.000 hari pertama lahir, perkembangan otak sih kecil ini masih ada dalam masa emas tumbuh kembangnya. Dan melewati usia 1.000 hari pertama lahir, meskipun masih berkembang pesat, tetapi pertumbuhan sel saraf sih kecil tak secepat sebelumnya. Di masa ini, sel otak sibuk bentuk sinaps atau pun sambungan antar sel saraf yang nantinya akan mempercepat koneksi dan juga hantaran rangsangan, serta bentuk memori baru.

Perkembangan sinaps ini juga akan semakin terbantu bila Anda memberi stimulasi yang tepat pada sih kecil. Anda bisa pilihkan beberapa aktifitas untuk sih kecil yang menyenangkan, fun, sekaligus bermanfaat.

Ini aktifitas untuk stimulasi otak sih kecil

Menyusun sebuah balok

Silakan Anda ajak sih kecil untuk bisa menyusun sebuah balok. Dia bisa menyusun bentuk yang sederhanan, seperti tiang kubus atau rumah bagi anak yang besar. Permainan satu ini diharapkan bisa latih sih kecil untuk pecahkan masalah, kenal sebab dan akibat, serta fleksibilitas. Sih kecil juga diajarkan untuk lebih sabar dan terus berusaha sampai tujuannya tercapai.

Bermain puzzle

Selain itu, Anda juga bisa memberikan puzzle dengan gambar menarik yang disukai anak-anak untuk bisa disusun sih kecil. Mulailah dari yang paling sederhana dengan hanya beberapa potongan saja sampai dengan ratusan serta berbentuk tiga dimensi bagi anak yang lebih besar lagi. Permainan satu ini nantinya akan menstimulasi sih kecil untuk bisa berpikir dan juga memecahkan masalah. Akan terbentuk sinaps baru atau pun sinaps yang telah terbentuk pun bisa diperkuat lagi setiap kali anak berpikir.

Belajar bahasa baru

Ada banyak sekali penelitian yang telah membuktikan bahwasannya anak dengan usia dini bisa mempelajari bahasa baru yang lebih cepat lagi bila dibandingkan pada saat mereka sudah besar. Mempelajari bahasa baru ini juga bisa merangsang otak yang ada kaitannya dengan kemampuan verbal dan juga ruangan, serta memperkaya perbendaharaan kata atau pun tingkatkan kemampuan membaca bagi sih kecil.

Kelas bagi anak

Selain itu, Anda juga bisa memilihkan berbagai les sebagai aktifitas bagi anak, seperti les music, olahraga, dan juga kesenian yang lain. Olahraga bisa tingkatkan kemampuan social dan juga keseimbangan serta kemampuan motorik anak Anda. Sementara itu music dan juga seni bisa kembangkan otak kanan sih kecil yang lebih baik lagi.

Nah, demikianlah tadi sekilas informasi yang dapat kami bagikan tentang berbagai aktifitas seru untuk stimulasi otak sih kecil. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan juga menginspirasi bunda semuanya. Sumber : https://sel.co.id/

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *