Cara Berhenti Khawatir Berlebihan : Lakukan 3 Cara ini untuk Membuat Perbedaan

Agar berhenti khawatir anda harus mulai melakukan hal lain. Kabar buruknya adalah bahwa dibutuhkan beberapa usaha untuk melakukan sesuatu yang lain. Kabar baiknya adalah bahwa usaha tersebut menghasilkan perasaan yang lebih positif daripada khawatir dan dapat mempengaruhi kebahagiaan dan kesehatan anda secara besar-besaran. Berikut adalah 3 cara yang bisa anda gunakan hari ini untuk berhenti khawatir berlebihan dan mulai merasa baik.

Memperhatikan Sesuatu Hal dalam kehidupan sehari-hari

Angkat sesuatu di sekitar anda dan lihatlah. Perhatikan warna dan teksturnya dan rasakan di tangan anda. Jika ada tulisan di atasnya, bacalah. Jika itu adalah makanan, makanlah. Jika bisa membuat keributan, lakukan sesuatu untuk membuat suara itu. Kemudian turunkan dan teruslah membaca.

Saya ingin anda merenungkan waktu yang anda habiskan untuk memperhatikan apa pun yang anda dapatkan. Apakah anda khawatir saat anda meluangkan waktu untuk benar-benar memperhatikannya? Tentu saja tidak! anda bisa mengingat sesuatu dan khawatir pada saat bersamaan. Semua perhatian anda mengarah pada apa yang anda fokuskan, jadi tidak ada yang tersisa untuk diarahkan pada kekhawatiran atau emosi negatif lainnya.

Mengembangkan kebiasaan menjadi sadar tidak sesulit yang anda bayangkan. Semakin anda berfokus untuk menjadi sadar, semakin mudah melakukannya tanpa harus memusatkan perhatian padanya – sama seperti mengkhawatirkannya. Oleh karena itu, luangkan beberapa langkah untuk melatih kewaspadaan setiap hari saat anda makan, berjalan, berbicara dengan orang lain, atau bahkan berbelanja, dan anda akan merasa khawatir untuk berlibur lebih sering dan lebih sering.

Lihatlah Ke Masa Lalu

Khawatir berarti anda terfokus pada masa depan, dan meskipun akan lebih baik bertahan di saat sekarang, melihat masa lalu anda dapat membantu mengatasi kekhawatiran anda.

Temukan saat anda khawatir dengan sesuatu yang serupa, tapi tidak ada yang buruk terjadi. Mainkan waktu itu di dalam pikiran anda dan ingat kekhawatiran dan kelegaan yang anda rasakan saat semuanya berjalan baik.

Melakukan hal ini dapat membantu anda melihat bahwa segala sesuatunya berjalan baik dan khawatir seringkali membuang waktu. Apalagi mengkhawatirkan sesuatu tidak memperbaiki apapun! Ini hanya buang-buang waktu saja. anda lebih baik mengambil tindakan terhadap masalah daripada mengkhawatirkannya.

Mengubah Keyakinan anda

Keyakinan anda bisa mengubah anda menjadi kekacauan yang bergetar atau bisa meningkatkan hidup anda. Keyakinan anda membuat anda menjadi diri anda dan memutuskan apa yang akan anda fokuskan.

Meskipun keyakinan anda mungkin membuat anda khawatir, anda dapat dengan mudah mulai mengubahnya menjadi keyakinan yang membantu anda berpikir lebih positif tentang diri anda, apa yang dapat anda capai, dan masa depan yang akan anda hadapi.

Langkah pertama untuk mengubah keyakinan anda menjadi sadar akan apa adanya untuk meraih kesuksesan. Seperti yang dikutip dari blog omdimas, luangkan waktu untuk menuliskan bagaimana anda mendefinisikan diri anda, orang lain, dan dunia di sekitar anda. Tanyakan pada diri anda beberapa pertanyaan sulit, seperti:

  1. Apakah saya percaya orang lain memiliki kendali penuh dengan hidup saya?
  2. Apakah saya percaya bahwa kehidupan saya berada di luar kendali saya?
  3. Apakah saya percaya hal buruk itu terjadi pada diri saya?
  4. Apakah saya percaya bahwa rasa sakit dan penderitaan adalah apa yang membuat saya menjadi orang yang baik?
  5. Apakah saya percaya bahwa saya tidak pantas mendapatkan kebahagiaan?
  6. Apakah saya percaya pada diri saya sendiri?

Jawaban yang anda berikan pada pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu anda mulai melihat apakah keyakinan anda membuat anda menjadi orang yang lebih baik atau kekacauan yang bergetar. Bila anda menyadari bagaimana kepercayaan anda mempengaruhi kehidupan anda, anda akan mulai mengambil tindakan untuk mengubahnya karena anda bisa.

Kebanyakan kepercayaan adalah pernyataan yang telah anda terima sebagai kenyataan, tapi itu bukan fakta. anda dapat mengendalikan hidup anda dengan bekerja untuk mengubah keyakinan anda, dan menghilangkan satu ton kekhawatiran dalam prosesnya.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *