Cara Menambahkan Nafsu Makan Yang Dapat Kamu Lakukan

Cara menambahkan nafsu makan dapat kamu coba jika memiliki masalah terhadap nafsu makan terutama pada anak-anak. Kurangnya nafsu makan tentunya dapat membahayakan tubuh karena dapat membuat kekurangan berat badan yang tidak diinginkan serta membuat tubuh lemah karena kurangnya asupan. Padahal dengan makan secara teratur kamu dapat menjaga kesehatan tubuh, sebab lewat kandungan dalam makanan tubuh dapat merubahnya menjadi energi sehingga dapat beraktivitas deengan lancar.

Penyebab kurangnya nafsu makan bisa jadi akibat stress atau efek samping dari mengkonsumsi obat. Sebab tidak makan berhari-hari tentunya membuat tubuh kamu kurang asupan gizi dan vitamin, bila ini terus terjadi maka kamu sangat mudah untuk terkena penyakit karena sistem imun di dalam tubuh telah melemah.

Cara Menambahkan Nafsu Makan Yang Mudah Untuk Dipraktekkan

Menurut website kesehatan ini, dalam menambah nafsu makan sebenarnya sangat mudah, asal kamu memiliki niat yang kuat dan dapat dipraktekkan dengan teratur. Tips ini juga tidak membuat kamu terpaksa harus makan, sebab jika memaksakan diri akan membuat kamu semakin stress dan membuat tidak ingin makan sama sekali.

  1. Makan dengan porsi kecil sesering mungkin

Bagi kamu yang malas makan, pasti sulit untuk menghabiskan sepiring nasi beserta lauk pauknya, karena itu kamu dapat ngemil agar selalu dapat makan. Dibandingkan harus memaksan makan nasi yang ujung-ujungnya membuat kamu membuangnya. Jadi lebih banyak kamu makan camilan sebanyak 6 sampai 7 kali dalam sehari jika tidak ingin makan nasi.

Namun camilan disini bukanlah camilan yang berisi kripik atau kue yang mengandung banyak gula. Tetapi camilan yang kamu konsumsi adalah camilan sehat seperti buah, jus, atau roti. Sebab semakin kamu malas makan maka harus memilih makanan yang padat gizinya.

  1. Mengkonsumsi makanan favorit

Setiap orang tentunya memiliki makanan favorit, jadi jika mengkonsumsi makanan favorit tentunya akan memiliki nafsu makan. Karena itu ada baiknya kamu menyediakan stok makanan favorit kamu di kulkas, jadi apabila kamu malas makan karena masakan di rumah tidak sesuai dengan keinginan kamu maka dapat mengkonsumsi makanan favorit tersebut.

Namun bukan berarti kamu hanya mengkonsumsi makanan itu-itu saja, kamu dapat mencampurkan beberapa bahan dalam mengolah makanan favorit agar tidak kekurangan gizi. Contohnya kamu sangat menyukai telur, dalam mengolah telur maka dapat mencampurkan beberapa macam bahan seperti sayur atau cabe yang juga memiliki nilai gizi tersendiri. Cara menambahkan nafsu makan ini terbukti sangat ampuh.

  1. Membuat tampilan makanan menjadi menarik

Apabila kamu memiliki anak yang susah makan, maka dapat menyiapkan makanan dengan tampilan menarik. Sebab semakin menarik tampilan makanan maka semakin tertarik pula untuk orang cicipi apalagi jika terlihat warna-warna cerah pada makanan. Karena itu kamu dapat mengabungkan 2 jenis makanan atau lebih dengan warna cerah dalam satu wadah seperti brokoli dan wortel. Agar anak-anak semakin mau makan kamu dapat membuat bentuk dalam memotong bahan makanan tersebut, apakah membentuknya seperti matahari atau bulan.

Atau kamu dapat memotongnya menjadi kecil agar mudah dikunyah oleh si kecil. Tidak lupa pula untuk memberikan rempah-rempah pada makanan agar rasanya beragam, sebab makanan yang hambar tentu tidak disukai oleh anak kecil. Karena itu sebagai ibu kamu dapat melakukan eksperimen untuk memasak makanan bagi si kecil. Dan inilah cara menambahkan nafsu makan yang dapat kamu coba.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *