Kurangi Risiko Kecelakaan Berkendara dengan Cara Berikut

Berkendara dengan sepeda motor saat ini sudah jadi tren tersendiri di kalangan masyarakat.. Tidak hanya kaum pria, wanita pun sekarang sudah banyak yang menggunakan jenis kendaraan roda dua ini. Body-nya yang ramping akan mudah menyalip tiap baris kendaraan roda empat yang terjebak macet.Sayangnya kecendrungan penggunaan kendaraan bermotor ini tidak dibarengi dengan kesadaran akan keselamatan dari sang pengendara. Hal ini menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan saat berkendara.

Rentannya risiko kecelakaan itu membuat banyak orang memilih untuk menggunakan asuransi kecelakaan. Saat ini memang sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kecelakaan, seperti Lifepal. Banyak yang memilih asuransi kecelakaan ini untuk mengurangi kerugian yang dialami, termasuk biaya perawatan.

Walau sudah menggunakan asuransi kecelakaan, bukan berarti kita bisa seenaknya berkendara ya. Tetap saja kita harus mengikuti aturan yang ada, seperti rambu lalu lintas. Memang kecelakaan bukan hal yang benar-benar dapat kita hindari sepenuhnya. Namun, kemungkinan terjadinya masih bisa diminimalisir. Seperti dengan beberapa cara berikut.

1. Cek kendaraan sebelum bepergian

Kebanyakan orang seringkali tidak mengecek kondisi kendaraannya sebelum berpergian. Padahal langkah ini sangatlah penting. Bagaimana kalau ternyata ada kerusakan pada mesin motor atau rem dan kita baru menyadarinya di tengah perjalanan? Belum tentu saat itu jalanan sedang dalam kondisi tidak ramai atau kita sedang berada di dekat bengkel. Kalau jalanan sedang ramai, bukan tidak mungkin juga bisa terjadi kecelakaan. Maka itu, baiknya cek terlebih dahulu kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

2. Lakukan service rutin di bengkel terpercaya

Service rutin tidak hanya dilakukan untuk memeriksa saja, tapi juga dapat memperbaiki bagian-bagian tertentu yang mungkin sudah harus diganti karena rusak ataupun sudah tua. Tidak ada benda apapun yang akan awet kalau tidak dirawat dengan baik. Karenanya, service rutin sangat diperlukan agar motor kita bisa selalu dalam kondisi baik dan sehat.

3. Tidak menggunakan handphone atau gawai lainnya selama perjalanan

Kaum milenial seringkali tidak bisa terlepas dari yang namanya gawai. Seperti tiada hari tanpa gawai. Selalu dibawa kemana pun dan kapan pun, misalnya saat berkendara. Hal inilah yang sering memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena itu, baiknya tahan keinginan untuk memainkan gawai apapun, terutama Handphone saat sedang berkendara.

4. Selalu patuh pada rambu lalu lintas

Banyak pengendara yang sering menyepelekan rambu lalu lintas. Padahal ini adalah salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan berlalu lintas. Tidak cuma itu, melanggar rambu lalu lintas juga bisa membuat kita kena tilang, lho. Maka dari itu, daripada kita terkena risiko kecelakaan dan tilang, lebih baik patuhi rambu lalu lintas yang ada.

5. Gunakan helm saat berkendara

Yang satu ini paling sering diabaikan oleh pengendara. Dengan alasan kalau jarak yang ditempuh dekat, mereka seringkali menolak menggunakan helm. Seperti halnya asuransi, penggunaan helm memang belum tentu akan mencegah terjadinya kecelakaan. Namun, ini bisa mengurangi dampak kecelakaan tersebut pada diri kita, misalnya mencegah cedera di kepala yang dapat berakibat fatal. So, baiknya selalu menggunakan helm ya. Walau jarak yang ditempuh cukup dekat sekalipun.

6. Berdoa sebelum mulai berkendara

Mungkin di antara kalian masih banyak yang sering lupa melakukan ini. Padahal keselamatan berkendara tidak datang begitu saja. Semua itu adalah kehendak dari Yang Maha Kuasa. Berdoa tidak hanya untuk meminta rezeki, tapi juga perlindungan dari segala ancaman yang ada, seperti kecelakaan. Oleh karenanya, sebelum memulai perjalanan jangan pernah lupa berdoa meminta perlindungan dari-Nya ya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan berlalu lintas. Kesadaran diri adalah poin penting dalam hal ini. Dengan kesadaran diri dalam berlalu lintas yang tinggi, kemungkinan berkendara dengan aman juga akan semakin tinggi. Memang kecelakaan bukanlah hal yang dapat benar-benar kita hindari.

Namun kemungkinanterjadinya yang masih dapat diminimalisir. Hal terpenting adalah selalu ikuti aturan yang ada. Karena melanggar aturan lalu lintas tidak hanya akan merugikan diri sendiri, tapi juga pengendara lain.

Inilah Tempat Wisata Yang Sering Dikungjungi Anak Kekinian Bandung

Screenshot_9.png

Banyak area wisata di Indonesia tidak kalah indahnya dari luar negeri yang dapat dirasakan seluruh kalangan, seperti misalnya area wisata anak di Bandung yang sangat sesuai untuk liburan keluarga dalam rangka menambah rekaman kehidupan yang menyenangkan bersama keluarga, terutama bagi anak.

Apalagi waktu liburan tiba, pasti menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak sekolah yang sudah menjalani rangkaian ujian yang sangat menguras energi dan pikiran. Waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran sebelum akhirnya datang kembali pada waktu terbaik untuk belajar.

Liburan bukan semata-mata bersenang-senang tetapi juga memang satu keperluan psikologis setiap orang. Seorang ahli psikologi menegaskan bahwa liburan dapat dijadikan pengobat stres yang benar-benar jitu.

Misalnya, udara segar sangat baik kesehatan serta meningkatkan energi dengan kadar oksigen yang kia melimpah dalam darah. Tidak hanya pemandangan alam, permainan yang mengundang adrenalin juga baik untuk meredakan stres.

Setelah memutuskan untuk berlibur, tetap ada tahapan selanjutnya yang wajib dilakukan. Yaitu memilih tempat wisata mana yang bagus untuk dikunjungi, terutama tempat wisata untuk anak. Salah satu daerah yang cukup populer sebagai area wisata adalah Paris Van Java, tempat wisata anak di Bandung punya beragam tema mulai dari wisata edukasi sampai pada wisata alam.

Selain terkenal dengan kota belanja, Bandung juga sepertinya telah layak dikatakan sebagai metropolitannya Jawa Barat. Banyak tempat sudah dijadikan destinasi wisata yang modern dan kekinian untuk anak-anak. Jika Anda merupakan orang tua yang mau  mengajak anak-anak berlibur sekaligus belajar hal-hal baru di tempat wisatanya, di bawah ini tempat wisata edukasi anak di Bandung yang dapat dijadikan referensi.

  • Tempat Wisata Trans Studio Bandung

Sejak tahun 2011, Bandung telah punya tempat wisata baru dalam ruangan yang sangat komplit. Termasuk science center dan dunia anak ada di dalamnya ditambah dengan beragam wahana pastinya akan membuat tempat yang menyenangkan sekaligus edukatif untuk anak-anak.

  • Tempat Wisata Wisata Sambil Belajar Berternak

Tempat wisata anak di Bandung yang satu ini memberikan pengetahuan pada si kecil mengenai bagaimana merawat hewan peliharaan. Lokasi Lactasari Mini Farm ini ada di atas gedung mal PVJ yang dirancang sedemikian rupa agar tampak seperti benar-benar di lokasi alam. Tempat wisata edukasi anak ini juga umumnya dikunjungi oleh kelompok anak dari sekolah-sekolah tertentu.

  • Tempat Wisata Tafso Barn

Dari namanya memang terlihat seperti nama daerah di luar negeri, sebenarnya Tafso Barn ini merupakan kafe yang berada di Ciumbuleuit, Bandung. Keluarga yang dapat dapat menikmati asrinya udara desa disertai desain kafe yang unik dengan hidangan khas lokal hingga cita rasa mancanegara seperti masakan Jepang dan Western yang lezat. Kafe Tafso Barn dibagi menjadi beberapa kawasan, dihadirkan beberapa spot yang sangat indah. Seperti sangkar unik, ayunan, tenda serta fasilitas lapangan golf mini.

  • Tempat Wisata Rainbow Garden Lembang

Saat mendengar namanya, pasti pikiran langsung berpikiran beragam warna bunga pada taman seperti pelangi. Memang benar, tetapi tidak hanya itu. Ternyata sebagian besar bunga-bunga yang ada di area ini bisa dikonsumsi. Iya, bunganya dapat dimakan dengan resep masakan indonesia. Pemilik area itu mau memastikan bahwa balita aman waktu berkeliling di taman dengan peletakan bunga seperti pelangi ini.

Di beberapa spot ada fasilitas tambahan yang sangat cocok untuk berfoto seperti ayunan, properti piano dan sangkar-sangkar yang didesain secantik mungkin. Udara dan keharumannya ibarat aroma terapi yang membuat tubuh semakin rileks. Beberapa bunga juga dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh dengan harga berbeda-beda tergantung jenisnya.

  • Tempat Wisata Bandung Science Center

Sangat pas dengan nama tempatnya, Bandung Science Center yang berisi ilmu pengetahuan yang sangat menyenangkan untuk diikuti anak-anak. Wawasan tentang lensa dan berbagai ilusi optik ada di dalamnya. Bisa banget membuat anak-anak semakin semangat serta merindukan kembali suasana belajar dalam kelas.

Seperti Inilah Langkah Palung Mudah Dalam Perindah Rumah Dengan Cara Membuat Taman Di Atap Rumah

Menjaga keindahan lingkungan hidup bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satu nya adalah dengan membuat dalam rumah dengan cara membuat taman yang hijau dan asri. Lalu bagaimana ceritanya kalau rumah yang dimiliki tidak terlalu luas apakah masih bisa membuat taman? Jika sudah seperti dalam kondisi yang seperti ini,  sebenarnya ada banyak sekali solusi yang bisa dijadikan pilihan. Diantaranya dengan membuat taman pada bagian atap rumah atau roof garden.  

Taman yang ada di atas atap merupakan salah satu alternatif terbaik dalam penghijauan untuk meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan di kota-kota besar. Selain dapat menambah keteduhan, roof garden juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap berbagai jenis gas beracun. Nah, dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, kali ini saya  akan memberikan beberapa rahaisia untuk membuat taman di atap rumah dengan mudah dan sederhana:

  • Tahapan Membuat Taman Di Atap Rumah

Pertaman taman melapisi bagian atap yang ingin dibuat taman dengan water proofing. Kemudoian biarkan selama sehari sampai benar-benar kering. Kemudia langkah selanjutnya pengacian,  yang dimaksud pengacian adalag dengan penambahan lapisan semen, langkah ini membutuhkan pengeringan selama sehari. Berikutnya beri lapisan penahan air (drainage cell) dan lapisan penahan tanah (geotextile).

Setelah proses di atas sudah selesai dikerjakan, kemudian bubuhi tanah dan siap ditanami tumbuhan. Penanaman diawali dengan menanam rumput, semak, baru setelah itu tanaman pohon. Untuk mencegah kerusakan pada lapisan kedap air (water proof layer), lapisan penahan harus ditambah supaya akar tanaman tidak merusak lapisan kedap air dan beton pada bagian bawahnya.

Untuk besar taman yang hendak ditanam pun tidak perlu dengan yang berukuran besar, cukup dengan lahan 4×4 meter persegi saja kalian sudah bisa menciptakan taman atap yang memadai. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah pada masalah drainase terutama untuk pembuangan air hasil siraman tanaman atau air hujan yang tertampung pada media tersebut.

Maka dengan ini hindarkan dak atas bangunan yang akan mengalami kebocoran akibat sistem drainasenya yang tidak benar. Salah satu solusi untuk sistem drainase yang baik adalah dengan memberikan kemiringan tertentu pada atap dak beton agar tidak menampung air saat hujan. Hal ini tentunya akan membuat air dengan mudah mengalir ke saluran pembuangan dengan baik.

  • Ciri Tanaman Yang Sesuai

Dalam langkah yang ini,  kalian wajib memuluh tanaman yang memang benar benar pas untuk ditanam diatas rumah. Apa jadinya jika kalian menanam pohon jati diatas ruah? Bukannnya lingkungan hijau yang asri namun malah rumah anda hancur karena tidak kuat menahan berat pohon saat besar. Pilih tanaman yang bisa menahan panas , Hal ini menjadi sangat penting diperhatikan mengingat lokasi pertumbuhan tanaman ada di atap.

Jadi pilih tanaman yang memiliki jarak yang lebih dekat dengan matahari dibandingkan taman biasa. Hindari tanaman yang berakar menghujam ke bawah seperti palem. Pilihlah tanaman yang memiliki akar menyebar dan pertumbuhannya lamban, misalnya pohon pagoda.

Pilih tanaman yang memiliki pertumbuhan bunga yang sering atau rajin berbunga misalkan, bunga mawar, melati, tapak dara, atau mungkin bougainville. Pilih tanaman yang percabangan yang banyak untuk menciptakan bentuk yang sedikit rimbun. Misalnya seperti pohon pagoda, kamboja.

Demikian beberapa langkah untuk menghias atap rumah agar terlihat indah dan asri,  semoga dapat bermanfaat dan membantu. Terimakasi atas kunjungannya dan baca juga artikel sewa kantor jakarta pusat.

Beberapa Jenis Peralatan Rumah Ini Ternyata Menjadi Tempat Berkumpulnya Bakteri Pemicu Banyak Penyakit

Berawal dari pemutih pakaian, vacuum cleaner, pestisida, sampai pada wastafel kamar mandi, berbagai peralatan dan kebutuhan rumah tangga ini ternyata ada resiko kesehatan yang tinggi. Meskipun fungsional dan bahkan diperlukan dalam kehidupan Anda, jika Anda tidak waspada, bisa berakibat munculnya berbagai macam penyakit berbahaya.

Supaya tidak sampai jatuh sakit, sebaiknya Anda melihat dengan baik kondisi peralatan rumah tangga di bawah ini, dan memahami cara memakai dan merawatnya yang tepat. Cara di bawah ini terutama sangat penting jika Anda punya anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit paru-paru atau daya tahan tubuh lemah.

  • Alat Rumah Seperti Karpet

Permukaan karpet serta permadani mengumpulkan lebih banyak debu dibandingkan lantai keramik. Waktu Anda berjalan, partikel-partikel yang menempel pada karpet akan terangkat serta kembali menempel pada karpet. Anda mungkin tidak akan mengalami gangguan pernafasan yang parah jika Anda tidak memiliki kondisi asma atau penyakit paru-paru kronis. Namun jika anak-anak Anda gemar bermain di lantai, debu yang menempel pada karpet di lantai bisa menimbulkan gangguan paru-paru bagi anak Anda.

  • Wastafel Pada Area Kamar Mandi

Jamur yang timbul di sudut-sudut rumah yang lembab bisa memicu gejala pada orang yang punya alergi atau asma, dan menimbulkan resiko kesehatan pada orang yang tidak punya alergi sebelumnya. Jamur bisa muncul di tempat dengan tingkat kelembapan yang tinggi, misalnya pada di bawah wastafel, di sekitar jendela, dinding kamar mandi, serta karpet yang basah.

Perhatikan kebersihan seluruh area rumah, terutama area-area tersembunyi yang bisa menjadi sarang jamur. Jika Anda melihat area yang berjamur di rumah, segera bersihkan secara total. Waspadalah saat membersihkan dan gunakan masker wajah supaya Anda tidak menghirup spora-spora dari jamur tersebut.

  • Pada Cat Dinding Rumah

Jika Anda tengah melakukan merenovasi ruangan atau perabotan, pastikan area renovasi tersebut punya sirkulasi udara yang baik. Cat dinding bisa mengeluarkan uap kimia yang berpeluang membahayakan kesehatan ketika Anda membuka kaleng cat atau waktu menunggu cat kering. Resiko kesehatan yang terjadi waktu Anda menghirup uap ini dapat meliputi penyakit pernafasan sampai pada zat karsinogen berbahaya seperti formaldehida yang bisa memicu kanker.

Untuk menghindari resiko itu, bukalah jendela dan tempatkan kipas untuk menarik udara keluar rumah saat mengeringkan cat. Jika Anda tengah mengecat perabotan atau peralatan rumah tangga lainnya, di luar rumah sehingga Anda tidak perlu mencemaskan sirkulasi udara saat proses pengerjaannya.

  • Bahan Pembersih Zat Kimia

Disinfektan kimia yang keras misalnya saja pemutih, klorin, dan amonia dapat memicu iritasi bagi orang-orang dengan penyakit paru-paru seperti asma atau penyakit paru obstruktif kronik. Selain itu, zat kimia ini juga dapat  memicu asma pada orang yang tidak pernah terkena penyakit ini sebelumnya.

Sebaiknya kurangilah penggunaan produk pembersih kimia yang keras ini dan pakailah sabun dan air untuk membersihkan rumah. Banyak orang berpikiran bahwa kuman di rumah perlu dibersihkan dengan disinfektan, namun dalam kenyataannya, sabun atau bahkan memakai air saja sudah cukup untuk menghilangkan sebagian besar bakteri serta virus.

  • Alat Rumah Seperti Vacuum Cleaner

Peralatan rumah tangga misalnya pada sapu dan vacuum cleaner tidak terlalu efektif untuk mengatasi debu di rumah. Sebaliknya, waktu Anda menyapu, debu akan berterbangan di udara, dan hal ini dapat menimbulkan gejala gangguan pernafasan pada orang-orang yang punya alergi. Gangguan ini bukanlah masalah medis yang kronis, namun sangata menjengkelkan.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda pel lantai pakai kain basah dibandingkan menyapu lantai. Untuk menyedot debu, pakai juga vacuum cleaner dengan filter HEPA, yang dapat memfilter debu-debu halus.

Meskipun terlihat simpel dan tidak berbahaya, berbagai peralatan rumah tangga di atas dapat menjadi pemicu banyak bibit penyakit, terutama yang berhubungan dengan masalah paru-paru. 

obat penghilang bopeng

Ini Dia Beberapa Jenis Besi Yang Dapat Digunakan Pada Pagar Rumah Dengan Kualitas Terbaik

Saat ini, pagar yang dipakai untuk bagian depan dan belakang rumah banyak terbuat dari besi dibandingkan dengan kayu atau bahan bangunan lainnya, karena terbilang lebih kokoh dan awet. Pada jaman dulu, hanya orang yang kaya saja yang dapat mengimpor besi tempa dengan kualitas terbaik.

Namun pada tahun 1800-an pada waktu ahli besi mulai bermuncul, maka besi hias juga mulai digunakan untuk memperindah sebuah rumah dan semakin beragam sejak jaman tersebut. Namun dalam menentukan jenis besi untuk pagar rumah, ada beberapa hal yang wajib diketahui agar antara pagar dan juga hunian bisa terlihat lebih senada dan sama dengan bangunan yang akan atau sudah dibangun.

  • Menggunakan Jenis Besi Hollow Galvalume

Galvalume merupakan sebutan untuk Zinc Alume yang pada proses pelapisannya ada unsur besi dan alumunium serta besi. Jika dilihat dari komposisinya, hollow galvalume punya beberapa ketahanan yang baik dari korosi atau karat jika dibandingkan jenis besi untuk pagar pada umumnya. Karena kualitasnya yang super, maka tentunya harga besi ini juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis besi lainnya.

Produk besi hollow ini dibuat dan dikeluarkan dari setiap pabrik dengan kualitas yang berbeda beda yang juga berpengaruh dari segi harganya berbeda dengan cara membuat pagar besi yang didorong. Semakin baik kualitasnya, maka harganya juga akan semakin tinggi dengan ukuran biasanya sekitar 6 meter namun ketebalannya berbeda beda pula.

  • Menggunakan Jenis Pagar BRC

Pagar BRC adalah singkatan dari Bristish Reinforced Concrete yang ditemukan sebuah perusahaan konstruksi di Singapura. Sedangkan untuk area Indonesia sendiri menyebutnya dengan pagar BRC yaitu jenis besi yang terbuat dari besi beton dengan diameter 5 mm sampai 8 mm tergantung dari ketinggian pagar sehingga semakin tinggi pagar yang ingin dibangun, maka diameternya juga semakin gede.

Pagar BRC ini merupakan jenis pagar minimalis yang siap pasang dan saat ini penggunaannya tidak hanya berfungsi sebagai pengaman rumah, namun juga digunakan untuk gedung dan juga kantor dan beberapa bangunan penting lainnya. Agar lebih tahan lama, maka anda dapat menggunakan beberapa cara ampuh agar pagar besi tidak mudah berkarat.

  • Menggunakan Jenis Besi Tuang

Pada umumnya, besi tuang digunakan sebagai bahan untuk membuat gerbang dan juga pagar. Besi ini disebut dengan besi tuang karena proses pembuatannya yaitu dengan memproses biji biji besi sampai melebur dan akhirnya akan didapatkan sebuah besi dalam proporsi tertentu yang lalu akan dituang dalam sebuah cetakan dengan bentuk dan ukuran sesuai kemauan.

Dalam besi tuang ini ada kandungan karbon, mangan, belerang, fosfor dan juga silikon dengan sifat dan karakter berbeda beda untuk bermacam keperluan seperti salah satunya untuk membangun pintu gerbang dan pagar berbeda dengan jenis besi hollow.

  • Menggunakan Jenis Pagar Besi Vial

Jenis besi untuk pagar yang terakhir ini adalah vial pagar logam. Tergantung dari gayanya, panel pagar cetakan ini tentu punya harga yang beragam dari mulai aluminium tubular yang paling ekonomis hingga dalam baja padat dan dalam besi cor yang punya harga paling tinggi.

Sedangkan untuk pemasangan pagar sendiri dapat dirakit atau dipasang sendiri jika memang anda sudah handal dalam memasang aluminium berongga atau pagar baja. Namun jika memang tidak terlalu jago, maka anda bisa mencari jasa berpengelaman yang biasa menangani baja padat yang lebih berat atau besi tuang sebab berbeda dengan cara membangun pagar bambu sendiri.

Untuk perawatan yang diperlukan juga tidak sebanyak seperti perawatan pagar kayu sebab aluminium anti karat tidak memerlukan perawatan berarti. Namun untuk melindungi permukaannya hingga mencapai sekitar 20 tahun atau lebih, maka anda dapat menambahkan beberapa pelindung pada permukaan area pagar.

harga beton cor