Evaluasi Strategi Dalam Bisnis Marketing, Inilah 5 Hal Penting Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Eco Racing – Marketing atau pemasaran menjadi bagian penting dalam menjalankan bisnis. Tentunya karena strategi marketing yang baik dan tepat dapat membantu suatu bisnis menjangkau dan menarik minat lebih banyak orang untuk menjadi pelanggan.

Strategi-strategi itupun harus dievaluasi dalam jangka waktu tertentu supaya terlihat mana yang berhasil, mana yang tidak, dan apa yang bisa ditingkatkan. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat mengevaluasi strategi marketing? Berikut telah kami kumpulkan informasi selengkapnya:

  • Evaluasi Return on Investment (ROI)

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mengevaluasi strategi marketing adalah Return on Investment (ROI). Tujuannya untuk melihat apakah uang yang sudah diinvestasikan atau dikeluarkan untuk melaksanakan strategi marketing tersebut benar-benar menghasilkan keuntungan bagi bisnis atau tidak.

Caranya bisa dengan menghitung setiap pengeluaran yang digunakan untuk setiap iklan, banner, dan lainnya, lalu bandingkan dengan jumlah penjualan yang berhasil diraih melalui setiap iklan yang dipasang tersebut. Tetapkan target perbandingan, misalnya target penjualan adalah Rp 10.000.000 dan biaya iklan adalah 10% dari target penjualan (Rp 100.000). Jika setelah periode iklan selesai, penjualannya melebihi Rp 10.000.000 atau lebih, bisa dikatakan iklan tersebut berhasil, begitu pula sebaliknya.

  • Bandingkan dengan strategi marketing kompetitor

Cobalah juga untuk sedikit melihat strategi marketing yang dijalankan oleh kompetitor, lalu bandingkan dengan strategi bisnis yang sedang dijalankan. Jika ternyata ada beberapa strategi yang mirip, lihat dan bandingkan apa saja yang membedakan, misalnya kualitas, konten, frekuensi kemunculan, hingga bagaimana respon yang didapat dari masyarakat.

Jika bisnis Anda dan kompetitor sama-sama memanfaatkan media sosial, coba lihat perbandingan konten serta pengikut atau follower-nya. Kemudian lihat juga bagaimana respon masyarakat untuk masing-masing akun. Perbandingan ini bisa dimanfaatkan untuk mengevaluasi apa saja yang masih kurang dari strategi yang sudah ada dan bisa dijadikan motivasi untuk semakin meningkatkan strategi supaya tidak kalah saing dengan kompetitor.

  • Kelengkapan strategi dan rencana marketing

Saat mengevaluasi strategi marketing yang sudah ada, jangan lupa untuk memastikan bahwa segala aspek yang dibutuhkan sudah lengkap. Bisa juga mencari referensi tentang apa saja yang diperlukan saat menyusun strategi atau perencanaan marketing untuk memastikan kelengkapannya lewat buku, jurnal, e-book, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya, susunan strategi dan rencana marketing setidaknya mengandung aspek-aspek seperti berapa besar anggaran dana yang disiapkan untuk merealisasikan strategi dan perencanaan marketing, lewat apa saja bisnis akan dipasarkan, hingga analisa kompetitor. Tanpa kelengkapan aspek yang dibutuhkan, strategi dan rencana marketing yang disusun beresiko gagal.

  • Respon konsumen

Marketing ditujukan untuk menjangkau dan menarik lebih banyak konsumen untuk datang dan membeli produk di suatu bisnis. Maka dari itu ketika mengevaluasi strategi marketing, pelajari jugalah bagaimana respon konsumen terhadap setiap iklan atau cara pemasaran yang sudah dilakukan oleh bisnis.

Bagaimana suatu usaha dapat memahami respon konsumen? Misalnya dengan mendatangi dan menanyakan konsumen secara langsung, atau bisa juga dengan survei online. Bisa juga dengan menanyakan pada konsumen tentang bagaimana atau darimana mereka tahu tentang bisnis tersebut. Cara-cara ini dapat memberi gambaran tentang respon konsumen serta iklan atau cara pemasaran mana yang paling berdampak.

  • Lihat perubahan-perubahan pada penjualan

Setelah merealisasikan suatu strategi pemasaran baru, cobalah melihat apakah ada perubahan-perubahan tertentu pada penjualan. Misalnya apakah jumlah penjualan jadi meningkat atau tidak, kemudian adakah perbedaan signifikan pada penjualan dibanding waktu sebelum strategi tersebut dijalankan. Biasanya perubahan dapat dilihat dalam periode mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *