Review Avenger Endgame (2019)

Film Avenger: Endgame telah menyedot perhatian banyak penonton saat pertama kali dirilis pada 30 Juli 2019 lalu. Bukan hanya penggemar film Marvel Cinematic Universe sendiri, tapi juga penonton yang sebenarnya bukan pecinta film mcu tertarik untuk menontonnya. Film yang disutradarai oleh Joe Russo dam Anthony Russo ini berhasil mendapatkan rating 94% di situs Rotten Tommatoes dan beberapa situs lainnya.

Secara keseluruhan, Marvel Cinematic Universe sudah memproduksi kurang lebih 23 judul film (termask film ini). Seperti film-film lainnya, jika kamu ingin mulai menonton film Marvel secara marahton maka kamu harus tahu terlebih dahulu urutan nonton film marvel. Karena jika kamu tidak mengetahui urutannya dan asal menonton, maka kamu tidak akan mengetahui jalan ceritanya.

Oke kita mulai review film Avenger Endgame ini ya. Setelah kekalahan para Avenger melawan Thanos yang berhasil melenyapkan separuh dari populasi di seluruh galaksi, para Avenger yang tersisa masih belum dapat melupakan kejadian tersebut. Di sisi lain di suatu tempat yang jauh di luar angkasa, Tony Stark tampaknya mulai kehilangan harapan untuk dapat kembali ke Bumi dengan selamat. Namun di saat harapannya hampir sirna, Captain Marvel muncul di hadapannya dan membawanya kembali ke Bumi bersama dengan Nebula yang sebelumnya menemani Tony Stark selama di pesawat luar angkasa setelah kekalahan mereka melawan Thanos di Titan.

Di Bumi dia disambut dengan para anggota Avengers lainnya yang masih tersisa. Mereka mengajak Tony Stark untuk kembali melawan Thanos, namun Tony Stark menolaknya. Tanpa Tony Stark, Steve Rogers dan super hero lainnya memutuskan untuk menghadapi Thanos untuk ke dua kalinya. Sayangnya semua infinity stones sudah menghilang dan Thanos kehilangan hampir semua kekuatannya akibat dari penggunaan infinity stones. Meskipun Thor telah membunuh Thanos pada akhirnya, mereka tetap tidak dapat menemukan batu – batu itu untuk dapat mengembalikan populasi yang telah dilenyapkan.

Lima tahun telah berlalu dan para Avenger pun mulai menerima kenyataan dan menjalani kehidupan baru mereka. Di saat yang sama, Scott Lang kembali dari alam kuantum. Setelah memastikan putrinya Cassie baik – baik saja, dia menemui Black Widow dan Steve Rogers untuk mengemukakan ide gilanya mengenai teori kuantum yang mungkin saja dapat membawa mereka kembali ke masa lalu untuk menghentikan Thanos. Berkat kedatangan Scott Lang beserta idenya itu, mereka kembali mengumpulkan super hero yang tersisa untuk dapat mengeksekusi ide tersebut.

Nah, Iron Man dan para super hero lainnya pun kembali ke masa lalu untuk mengumpulkan infinity stones. Sayangnya dalam pencarian batu – batu tersebut, Black Widow mengorbankan dirinya saat di Vormir untuk mendapatkan Soul Stone. Selain itu berkat Nebula, Thanos di masa lalu jadi mengetahui rencana mereka dan berupaya untuk mengambil infinity stones yang telah dikumpulkan oleh para avenger. Setelah sukses mengumpulkan batu – batu itu dan berkumpul kembali, Bruce Banner mengajukan diri untuk mengenakan sarung tangan infinity stone, dengan mempertimbangkan resiko penggunaan sarung tersebut memiliki resiko yang hampir sama dengan resiko radiasi gama. Bruce Banner kemudian menjentikkan jari untuk mengembalikan semua populasi yang hilang, dan berhasil. Sayangnya, Nebula juga berhasil membawa Thanos ke masa sekarang tepat setelah pengembalian populasi tersebut dan menghancurkan markas Avenger. Thanos juga membawa serta bala tentaranya untuk merebut infinity stones.

Pertarungan mereka semakin sengit tatkala satu persatu super hero lain datang membantu sebagai bala bantuan. Hingga Tony Stark atau Iron Man mengakhiri pertarungan itu dengan satu jentikan. Thanos dan pasukannya pun menghilang. Di sisi lain, sayangnya tubuh Tony Stark sepertinya tidak dapat menahan radiasi yang disebabkan oleh batu – batu itu hingga merenggut nyawanya. Namun pengorbanannya tidaklah sia – sia. Dunia kembali aman untuk sesaat. Orang – orang telah kembali berkumpul dengan anggota keluarga dan teman – teman mereka yang sempat menghilang 5 tahun yang lalu.

Avenger: Endgame membuat banyak penontonnya ikut tenggelam dalam kisahnya, terutama scene saat Tony Stark harus merenggang nyawa setelah menggunakan infinity stones. Selain adegan – adegan yang membuat sedih para penonton, ada juga beberapa selipan komedi yang membuat penonton tertawa. Aksi laganya juga gak kalah seru apalagi saat pertarungan mereka di menit – menit terakhir.

Itulah sedikit review film marvel yang memiliki durasi kurang lebih 3 jam ini, tidak terasa membosankan dari awal hingga akhir film, meskipun memiliki durasi yang lumayan panjang seperti itu. Kamu bisa menonton film Avenger: Endgame di Gogle play atau Amazon prime video.