Menghadirkan Mini Vertikultur Garden : Inner Court Minimalis dari Jepara Heritage

Rumah memiliki salah satu fungsi sebagai pelepas kepenatan setelah si pemilik lelah bekerja selama berjam-jam. Selain suasana yang sejuk, udara segar juga menjadi syarat utama rumah indah yang sehat. Dengan inner court (taman dalam ruang) berkonsep minimalis vertikultur, Anda akan dapat mengakses rumah sehat tanpa mengeluarkan banyak biaya pembuatan maupun perawatan. Tidak hanya itu, manfaat lain inner court adalah sebagai ruangan yang memberikan pencahayaan alami karena bentuknya terbuka, pemberikan kesan luas pada rumah, dan meeting point berkesan nyaman bagi seluruh penghuni rumah.

Inner court yang sehat sebaiknya dilengkapi dengan tanaman yang digantung dengan rapi. Tidak perlu simetris, tanaman gantung dapat dibentuk dengan berbagai konsep seperti bentuk kotak, segienam, lingkaran, atau love shape sekalipun. Pilihlah tanaman yang cocok sebagai tanaman gantung seperti anggrek. Tidak hanya itu, lumut pun dapat menjadi hiasan yang cocok sebagai penghilang kepenatan selama ditata dan dibersihkan secara optimal. Bagian atas inner court berkonsep minimalis dapat dilengkapi dengan tanaman menjalar seperti anggur. Tidak hanya karena perawatannya yang murah, tanaman jenis gantung akan menjadikan pemilik rumah semakin nyaman dengan suasana teduh.

Cek Juga Koleksi : Kursi Tamu Jati Minimalis

Tanaman yang disusun secara vertikal dapat memanfaatkan media bambu maupun kayu. Di bagian tengah atau samping inner court dapat pula dibangun sebuah kolam ikan sederhana dengan fountain kecil yang akan semakin meningkatkan kenyamanan dan kesegaran taman. Beberapa batu alam yang disusun rapi ditepian kolam juga merupakan pilihan tepat. Selain menambah kesan natural, bebatuan akan menyempurnakan komposisi warna inner court yang didominasi hijau.

Inner court juga bisa dilengkapi dengan tempat bermain anak seperti bak pasir atau area lompat. Jika Anda memiliki ruang yang cukup untuk bak pasir, pastikan inner court di rumah Anda dilengkapi dengan wastafel atau tempat cuci tangan yang mudah dijangkau anak. Bahan yang dipilih bisa menyesuaikan dengan karakter si pemilik rumah. Contohnya untuk pemilik rumah yang berjiwa dinamis, bentuk kayu dan logam dapat dipilih. Lain dengan pemilik rumah yang mild dan cenderung melankolis. Pilihan batu alam dan kucuran sensor tangan akan meningkatkan rasa nyaman dan kesegaran saat mencuci tangan.

Untuk membatasi inner court dengan bagian rumah lainnya, Anda dapat menmanfaatkan berbagai media. Skesel kayu akan memberikan batas namun tidak menghalangi keluar masuknya udara sejuk. Jika ingin ruangan lebih terbuka, pilih saja kaca atau gorden dengan warna pastel yang cocok dipadukan dengan suasana inner court. Untuk inner court yang berhubungan langsung dengan dapur atau kamar, sebaiknya pembatas tetap seperti dinding kayu atau bata menjadi pilihan utama. Hal ini berkaitan dengan keamanan kamar maupun dapur, mengingat inner court adalah bagian terbuka dari rumah yang sifatnya lebih beresiko dibanding ruangan rumah yang tertutup pintu atau dinding. Untuk membeli aneka furniture dalam menyelaraskan ruangan dan inner court, cukup menjelajahi Jepara Heritage sebagai referensi toko furniture di jakarta terpercaya di bidang pembelian furniture.