Ingin Lulus Kuliah Tepat Waktu, Gunakan Saja Beberapa Tips Ampuh Ini

Masa kuliah tentu sangat berbeda dengan waktu SMA. Mulai dari jadwal kuliah yang bervariasi, aneka opsi organisasi kemahasiswaan, sampai pada tugas-tugas yang mewajibkan Anda begadang berhari-hari. Di antara seluruh kesibukan itu, semua mahasiswa pasti mau yang namanya lulus kuliah tepat waktu.

Jika di masa SMA Anda cukup berprestasi di bidang akademik serta mau melanjutkan prestasi tersebut di bangku kuliah, sebaiknya Anda melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Hindari Untuk Menunda Tugas

Beda sekali dengan masa SMA, tugas yang diberikan waktu perkuliahan terkadang punya tenggang waktu pengumpulan lumayan lama. Meski begitu, sebaiknya jangan menunda tugas itu jika ingin lulus kuliah tepat waktu.

Menunda tugasnya akan menjadikan mahasiswa terlena serta akhirnya lupa sampai pada hari-hari terakhir pengumpulan. Mengerjakan tugas dengan sistem cepat semalam tentu berisiko serta hasilnya bisa tidak maksimal. Bandingkan jika sudah dikerjakan jauh-jauh hari, tentu Anda punya waktu lebih untuk memperbaiki kesalahan dan kemungkinan memperoleh nilai yang baik cukup tinggi.

  • Semua Mahasiswa Punya Waktu Ijin Tidak Masuk 3 kali atau Minimal 80% Kehadiran

Setiap universitas biasanya punya aturan minimal kehadiran 80% atau dapat dikalkulasikan setidaknya 3 kali bolos. Namun ingat, jangan memakai jatah bolos ini sembarangan. Dapat saja saat Anda tidak masuk ada tugas atau bahkan kuis yang dilewatkan. Untuk itu sebaiknya segera bertanya pada teman yang masuk jika Anda mengambil jatah ijin. Persiapkan diri Anda pada kemungkinan paling buruk. Namun tentu saja langkah terbaik sebaiknya yaitu dengan jangan membolos.

  • Peroleh IPK Minimal 3 Agar Dapat Lulus Lebih Cepat

Memperoleh IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tinggi merupakan salah satu cara lulus kuliah tepat waktu. Mengapa demikian? Karena dengan IPK yang baik, Anda berpeluang mengambil sks (satuan kredit semester) dalam jumlah terbaik.

Jika dalam satu semester nilai IPK Anda tidak menggapai standar tertentu yang ditentukan oleh pihak kampus, maka di semeseter berikutnya Anda tidak bisa mengambil jumlah sks maksimal, hal ini tentunya bisa memperlama masa kuliah dan membuat Anda susah untuk lulus kuliah tepat waktu.

  • Memilih Tema Skripsi Sejak Dini

Memilih tema skripsi, bahkan judul yang mau diajukan sebaiknya dipersiapkan sejak awal semester atau masuk kuliah. Bukan tanpa alasan, hal ini bertujuan untuk mengampangkan Anda mengajukan judul skripsi jika waktunya telah tiba. Jadi tidak ada lagi alasan gagal lulus klinikpoker kuliah tepat waktu hanya karena hambatan skripsi.

  • Rajin Untuk Berkuliah

Untuk dapat lulus kuliah tepat waktu sebetulnya sangat simpel, di antaranya dengan rajin datang kuliah. Berusahalah untuk aktif di kelas sehingga pelajaran yang diberikan dapat diterima dengan lengkap. Jangan takut untuk bertanya akan hal-hal yang tidak dipahami. Dosen akan menghargai mahasiswa yang ulet serta mau berusaha, dan nanti Anda akan memperoleh manfaat dari sikap baik tersebut.

  • Menentukan Skala Prioritas

Salah satu hambatan yang membuat banyak orang menjadi gagal lulus kuliah tepat waktu yaitu  karena tidak mampu mengatur waktu serta menentukan skala prioritas, khususnya di pertengahan masa kuliah. Beberapa kesibukan, seperti kerja paruh waktu, organisasi, atau kegiatan lainnya di luar kampus terkadang terlalu menyita waktu sampai-sampai masalah perkuliahan ikut terpengaruh.

Fokuslah pada tujuan Anda, yakni belajar dan lulus tepat waktu, adapun kegiatan lainnya hanyalah pendukung serta harus dapat diatur waktunya dengan baik.

  • Mencermati Setiap Sifat Dari Dosen

Cara pengajaran setiap dosen berbeda-beda, Anda wajib tau hal ini. Seperti misalnya dosen A yang suka memberi kuis mendadak atau dosen B yang lebih menentukan UTS atau UAS open book. Dengan memahami karakter atau kebiasaan masing-masing dosen, Anda dapat lebih siap menghadapi berbagai masalah mengenai penilaiannya.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *