Ini Dia Beberapa Jenis Besi Yang Dapat Digunakan Pada Pagar Rumah Dengan Kualitas Terbaik

Saat ini, pagar yang dipakai untuk bagian depan dan belakang rumah banyak terbuat dari besi dibandingkan dengan kayu atau bahan bangunan lainnya, karena terbilang lebih kokoh dan awet. Pada jaman dulu, hanya orang yang kaya saja yang dapat mengimpor besi tempa dengan kualitas terbaik.

Namun pada tahun 1800-an pada waktu ahli besi mulai bermuncul, maka besi hias juga mulai digunakan untuk memperindah sebuah rumah dan semakin beragam sejak jaman tersebut. Namun dalam menentukan jenis besi untuk pagar rumah, ada beberapa hal yang wajib diketahui agar antara pagar dan juga hunian bisa terlihat lebih senada dan sama dengan bangunan yang akan atau sudah dibangun.

  • Menggunakan Jenis Besi Hollow Galvalume

Galvalume merupakan sebutan untuk Zinc Alume yang pada proses pelapisannya ada unsur besi dan alumunium serta besi. Jika dilihat dari komposisinya, hollow galvalume punya beberapa ketahanan yang baik dari korosi atau karat jika dibandingkan jenis besi untuk pagar pada umumnya. Karena kualitasnya yang super, maka tentunya harga besi ini juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis besi lainnya.

Produk besi hollow ini dibuat dan dikeluarkan dari setiap pabrik dengan kualitas yang berbeda beda yang juga berpengaruh dari segi harganya berbeda dengan cara membuat pagar besi yang didorong. Semakin baik kualitasnya, maka harganya juga akan semakin tinggi dengan ukuran biasanya sekitar 6 meter namun ketebalannya berbeda beda pula.

  • Menggunakan Jenis Pagar BRC

Pagar BRC adalah singkatan dari Bristish Reinforced Concrete yang ditemukan sebuah perusahaan konstruksi di Singapura. Sedangkan untuk area Indonesia sendiri menyebutnya dengan pagar BRC yaitu jenis besi yang terbuat dari besi beton dengan diameter 5 mm sampai 8 mm tergantung dari ketinggian pagar sehingga semakin tinggi pagar yang ingin dibangun, maka diameternya juga semakin gede.

Pagar BRC ini merupakan jenis pagar minimalis yang siap pasang dan saat ini penggunaannya tidak hanya berfungsi sebagai pengaman rumah, namun juga digunakan untuk gedung dan juga kantor dan beberapa bangunan penting lainnya. Agar lebih tahan lama, maka anda dapat menggunakan beberapa cara ampuh agar pagar besi tidak mudah berkarat.

  • Menggunakan Jenis Besi Tuang

Pada umumnya, besi tuang digunakan sebagai bahan untuk membuat gerbang dan juga pagar. Besi ini disebut dengan besi tuang karena proses pembuatannya yaitu dengan memproses biji biji besi sampai melebur dan akhirnya akan didapatkan sebuah besi dalam proporsi tertentu yang lalu akan dituang dalam sebuah cetakan dengan bentuk dan ukuran sesuai kemauan.

Dalam besi tuang ini ada kandungan karbon, mangan, belerang, fosfor dan juga silikon dengan sifat dan karakter berbeda beda untuk bermacam keperluan seperti salah satunya untuk membangun pintu gerbang dan pagar berbeda dengan jenis besi hollow.

  • Menggunakan Jenis Pagar Besi Vial

Jenis besi untuk pagar yang terakhir ini adalah vial pagar logam. Tergantung dari gayanya, panel pagar cetakan ini tentu punya harga yang beragam dari mulai aluminium tubular yang paling ekonomis hingga dalam baja padat dan dalam besi cor yang punya harga paling tinggi.

Sedangkan untuk pemasangan pagar sendiri dapat dirakit atau dipasang sendiri jika memang anda sudah handal dalam memasang aluminium berongga atau pagar baja. Namun jika memang tidak terlalu jago, maka anda bisa mencari jasa berpengelaman yang biasa menangani baja padat yang lebih berat atau besi tuang sebab berbeda dengan cara membangun pagar bambu sendiri.

Untuk perawatan yang diperlukan juga tidak sebanyak seperti perawatan pagar kayu sebab aluminium anti karat tidak memerlukan perawatan berarti. Namun untuk melindungi permukaannya hingga mencapai sekitar 20 tahun atau lebih, maka anda dapat menambahkan beberapa pelindung pada permukaan area pagar.

harga beton cor

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *