Intip Apa Saja Spesifikasi Minimum Dan Wajib Ada Pada Laptop Gaming Masa Kini

Screenshot_8.png

Laptop gaming adalah sebutan untuk laptop yang memang punya kemampuan kinerja tinggi spesial untuk memainkan game serta kegiatan berat lain seperti editing video, grafis, serta hal lainnya.

Untuk mensupport kegiatan tersebut tentulah kamu wajib memiliki laptop dengan spesifikasi terbaik dan kencang, Namun apa saja kah spesifikasi standar dan minimal yang juga dapat mensupport aktivitas tadi ?.

Mempunyai sebuah komputer ataupun laptop dengan spesifikasi garang tentu menjadi mimpi semua orang terlebih para gamers yang semakin tahun kian diakui dunia di kancah dunia Esport saat ini.

Namun jika kamu hanya memiliki sebuah perangkat laptop dengan spesifikasi ala kadarnya atau standart tentu tak heran jika terjadi lag atau stuttering saat memainkan sebuah game berat, ataupun editing video serta  grafis.

Lalu apa sajakah spesifikasi-spesifikasi dari laptop yang bisa dikelompokan sebagai standar dari laptop gaming? Mari perhatikan penjelasannya di bawah ini.

  • Jika Dilihat Sisi VGA

Vga sangat erat kaitannya dengan kinerja komputer atau laptop waktu menjalankan aktivitas berat seperti bermain game. Pada laptop gaming umumnya akan memakai jenis VGA card dibanding VGA yang ada pada laptop. Jenis VGA Card standar untuk laptop gaming yaitu dari brand Nvidia dan AMD. Untuk Nvidia ada jenis vga yang banyak digunakan pada laptop gaming yakni Geforce GTX Series. Lalu untuk AMD biasanya memakai jenis AMD Radeon RX Series.

  • Jika Dilihat Sisi Harddisk

Ram dan harddisk ini memiliki fungsi yang berkaitan waktu melakukan pekerjaan berat seperti bermain game. Selain memberatkan memori pada Ram, memori pada harddisk pun ikut dilibatkan. Kapasitas terbaik harddisk yang digunakan pada laptop gaming yaitu dengan ukuran 500GB keatas. namun sangat disarankan untuk memakai jenis harddisk dengan ukruan 1 Terabyte (1TB) di jenis laptop gaming.

  • Jika Dilihat Sisi Ukuran Layar

Tentang ukuran layar pada laptop. tentu laptop dengan ukuran monitor layar yang kecil tentu tidak nyaman dipakai jika bermain game, apalagi game yang sangat perlu penglihatan detail grafik kepada penggunanya termasuk seperti game FPS, Battleground, Moba serta game yang lain.

Ukuran layar minimal serta standar dari laptop gaming yang digunakan ialah 15,6 inci. Tentu ukuran tersebut adalah sebuah ukuran minimal untuk kategori laptop gaming. Namun ini juga kembali bagi konsumen, semakin lebar ukuran layar juga berkaitan erat pada harga dari laptop tersebut.

  • Jika Dilihat Sisi Processor

Mulai dari processor adalah organ inti dari sebuah komputer maupun laptop. Semakin besar dan tinggi tipe processor yang dipakai semakin cepat juga hasil kinerja yang ditimbulkan dari pc/laptop tersebut. Pada laptop gaming jelas telah menggunakan jenis processor yang tinggi. Ada dua jenis brand processor yang terdapat sekarang ini, yaitu jenis AMD dan Intel.

Untuk processor dengan jenis data sgp intel Minimal yang dipakai yaitu Core i5 keatas. Lalu untuk AMD gunakan jenis yang cocok untuk gaming seperti A8, A10 dan Fx Series. Tak hanya tentang jenis dan tipe brand dari processor, kamu juga wajib memahami kecepatan processor tersebut yang disertai juga pada kecepatan Ghz yang digunakan. Jika semakin tinggi angka Ghz pada processor maka semakin kencang juga kinerja processor itu.

  • Jika Dilihat Sisi RAM

RAM adalah sebuah memori penyimpanan sementara yang dipakai waktu kita menjalankan sebuah program di sebuah laptop/komputer. Selain perlu visual yang tinggi memori yang digunakan juga harus ikut besar. Standar umum dari RAM yang biasanya digunakan pada laptop gaming yaitu dengan ukuran 4GB keatas.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *