Kenali Penyebab Utama Rasa Sakit Mencengkeram Di Bagian Leher

Rasa nyeri pada bagian leher adalah satu kondisi yang banyak dialami banyak orang. Rasa nyeri tersebut bisa menjadikan Anda merasa tidak nyaman dan secara tidak langsung menggerakkan kepala dan bahu. Anda mungkin ingin tahu beberapa faktor yang menyebabkannyeri pada bagian leher, berikut beberapa penyebab yang sangat sering dialami:

  • Akibat Cedera

Anda bisa meresakan sakit leher karena Anda menggerakkan leher secara dengan sengaja atau dengan cara yang tidak lazim saat olahraga atau akibat kecelakaan. Cedera akibat olahraga, saraf di leher mungkin terganggu sehingga menyebabkan sakit, matirasa dan kelemahan di leher, lengan, serta bahu.

Dalam kecelakaan, leher Anda juga mungkin tertekuk secara tidak sengaja ke depan, belakang, atau ke samping. Kepala yang meregang secara berlebihan, sehingga ligamen dan juga tendon mengalami gangguan. Sakit, rasa tertekan, kekakuan dan berkurangnya gerakan pada bagian leher juga bisa terjadi.

  • Akibat Postur Tubuh Yang Buruk

Postur yang buruk bisa mengakibatkan sakit leher. Anda bisa mempunyai postur tubuh yang buruk di lokasi kerja atau di rumah. Saat Anda memindahkansenter gravitasi dan memiringkan kepala ke depan, ligamen, tendon, serta otot di leher harus bekerja lebih kencang untuk mencengkram kepala.

Beberapa postur yang kurang baik termasuk melihat monitor komputer, menunduk untuk mengirim pesan lewat ponsel, menonton TV, membaca buku, dan yang lainnya. Kalau Anda terus melakukan aktifitas ini untuk waktu yang lama, leher Anda akan berpotensirasa sakit. Baca: https://www.inter188.org/

  • Akibat Stenosis Spinal Pada Tengkuk

Stenosis tengkuk bisa terjadi pada saat kanal tulang belakang menyempit. Faktor utama kondisi ini bisa berupa disk yang mengalami herniasi atau bone spur. Hasil akhirnya, saraf yang terdapat dalam kanal tulang bisa terganggu. Rasa sakit bisa timbul di leher, menjalar turun ke lengan, tangan, dan juga jari.

Rasa nyeri pada leher mungkin bermula dari aktivitas sehari-hari seperti posisi yang kurang tepatpada waktu mengirim pesan melalui ponsel, cedera pad saatAnda berolah raga. Dan  atau dari penyakit tengkuk tertentuakibat degenerasi disk atau herniasi disk. Dokter bisa memudahkan menentukan apa yang menjadi faktortentu dari sakit leher Anda dan mengobati sumber rasa sakitnya.

  • Akibat Degenerasi Disk Tengkuk

Sebagai hasil dari proses penuaan, disk tulang belakang Anda mengalami dehidrasi dan bantalan yang diberikannya pada tulang belakang menjadi berkurang. Sebagai imbasnya, tulang menjadi sedikit bergesekan satu sama lain, sehingga saraf sekitarmengalami teriritasi, disk mengalami herniasi, dan arthritis berpotensi terjadi.

  • Akibat Posisi Yang Salah Saat Tidur

Adalah hal yang wajar pada saat Anda bangun dan merasakan sakit dan kekakuan di leher. Ini mungkin disebabkan Anda tidur dalam posisi yang tidak baik dan buruk untuk sepanjang malam. Bantal dan lokasi tidur dengan support yang baik bisa memudahkan dalam kondisi ini.

  • Akibat Herniasi Disk Tengkuk

Pada saat bagian dalam yang lunak dari disk tulang belakang timbul ke luar bagian luar yang kaku lewat robekan pada bagian luar, ini bisa memberikan tekanan pada saraf, atau protein inflamasi mampu mengiritasi saraf. Disk di area tengkuk ini takluas, dan ruangnya terlalu banyak bagi saraf. Dengan seperti itu, bahkan herniasi disk yang kecil mampu menyebabkan saraf terjepit.

  • Akibat Gerakan Berulang

Rasa nyeri pada leher juga bisa disebabkan oleh gerakan berulang dalam waktu yang lama. Beberapa gerakan berulang pada leher seperti menari dan berenang mampu menyebabkan penggunaan berlebih otot dan jaringan lunak lainnya di leher dan akhirnya otot mengalami kelelahan dan timbul rasa sakit atau nyeri.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *