Cara Merawat Wajah Secara Alami, Putih Dan Bebas Jerawat

(Foto/Thirzaskin.com)

Bagi seorang wanita, wajah merupakan bagian tubuh yang paling penting. Itulah sebabnya mengapa seorang wanita selalu memberikan perhatian terbesar pada bagian wajahnya. Setiap orang tentu ingin memiliki wajah yang sehat dan bersih, meskipun harus mengeluarkan banyak biaya untuk itu.

Sebenarnya cara merawat wajah tidak susah, semuanya tergantung bagaimana cara kita merawatnya dan membersihkannya. Mengetahui jenis kulit dan produk kecantikan yang cocok merupakan kunci dalam hal ini.

Saat ini penggunaan bahan-bahan alami untuk merawat wajah merupakan pilihan utama, apalagi hasilnya terbukti betul-betul memuaskan. Tidak hanya itu, menggunakan bahan-bahan alami juga lebih aman dari efek samping.

Oleh karena itulah, pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi seputar cara merawat wajah secara alami, putih, dan bebas jerawat.

Hal Mendasar Dalam Perawatan Wajah

  • Sebelum menyentuh daerah wajah, pastikan Anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu dengan air bersih agar terbebas dari kuman dan bakteri.
  • Bersihkanlah wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok dengan jenis kulit sahabat, setiap pagi dan malam, atau setiap kali keluar dari rumah.
  • Rajinlah mencuci muka setiap kulit wajah terasa kering atau saat pulang dari bepergian.
  • Selalu gunakan pelembab wajah setiap akan beraktifitas diluar rumah, sehingga kulit wajah tetap terjaga dan terbebas dari sinar ultraviolet (UV) yang bisa menyebabkan timbulnya flek hitam.
  • Luangkanlah waktu sekitar 2-3 menit setiap malam, untuk memijat kulit wajah saat sebelum tidur. Ini dilakukan untuk mengilangkan letih pada wajah dan memberikan warna kulit agar tetap sehat dan cerah.
  • Biasakanlah menggunakan masker wajah minimal 2 kali dalam seminggu, untuk menghilangkan kotoranan yang menempel pada wajah sehingga wajah menjadi lebih bersih dan segar.
  • Selanjutnya rutin meminum air putih setiap hari, minimal 8 gelas perhari agar kulit wajah tetap terlihat cerah dan segar.
  • Minumlah Vitamin E setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.
  • Biasakanlah olahraga secara teratur, agar kulit tetap kencang dan tubuh pun akan terbebas dari berbagai penyakit.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa merawat wajah agar terlihat cantik alami dan bebas jerawat dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya, peras air jeruk nipis lalu dioleskan secara merata dan didiamkan terlebih dahulu selama 10-20 menit, lalu dibasuh dengan air hangat.

Demikianlah artikel seputar tips merawat wajah agar tetap sehat, cantik dan bebas dari jerawat. Selamat mencoba.

Kenali 9 Penyebab Haid Tidak Teratur

Banyak wanita yang mengeluh mengenai haid yang tidak teratur, mereka merasa risih dengan kondisi tersebut. Umumnya wanita mengalami haid setiap 28-35 hari, namun ada wanita yang terkadang lebih cepat dan lebih lambat dari biasanya. Penyebab haid tidak teratur selalu diidentikan dengan beberapa hal.

Ketidakteraturan kondisi haid tersebut, membuat wanita kadang merasa bahwa ada hal yang menganggu pada organ reproduksinya. Jika menstruasi yang dijalankan bisa secara lancar, mungkin itu tidak akan membuat dirinya merasa risih.

Apa yang menyebabkan haid tidak teratur selalu menjadi pertanyaan dari kaum hawa ini. Banyak dari mereka yang selalu menanyakan hal ini kepada rekan sesama wanitanya, namun terkadang persepsi orang berbeda-beda. Banyak hal yang mempengaruhi kondisi tersebut, seperti:

Kondisi Hormon

Menstruasi sangat dipengaruhi oleh kondisi hormone didalam tubuh. Jika kadar hormon yang ada dalam tubuh mengalami peningakatan kadar ataupun kadarnya lebih sedikit, maka hal ini sangat mempengaruhi terjadinya hormon ada empat hormon yang mempengaruhi hal tersebut, yakni:

– Esterogen
– Progestin
– Luteinizing Hormon (LH)
– Follicle Stimulating Hormon (FSH)

Penurunan Berat Badan

Jika anda mengalami penurunan berat badan, maka itu pun menjadi salah satu penyebab menstruasi menjadi tidak lancar. Penurunan berat badan yang cukup signifikan akan mempengaruhi menstruasi anda yang tidak semestinya.

Pola Diet Ekstreme

Hal lain yang sangat mempengaruhi kondisi mentsruasi anda menjadi tidak teratur adalah diet secara extreme. Banyak wanita yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal, namun mempengaruhi pola hidup lainnya. Dan hal itu bisa menganggu siklus menstruasi pada tubuh anda. Sehingga anda ketika ingin melakukan diet harus berhati-hati.

Stress

Salah satu penyebab haid tidak teratur lainnya adalah stress. Jika anda dalam beberapa hari menjelang menstruasi mengalami stress, maka akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh anda dan juga mempengaruhi siklus menstruasi pada tubuh anda.

Tiroid

Anda memiliki tiroid? Kelenjar tiroid merupakan salah satu hal yang bisa memproduksi hormon pada tubuh. Apabila anda mengalami kelainan pada kelenjar tiroid, maka dipastikan akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh anda. Karena kelenjar tiroid mempengaruhi kadar hormon yang ada dalam tubuh.

Olahraga Berlebihan

Olahraga memang menyehatkan, namun apabila olahraga yang dilakukan secara berlebihan, maka sebenarnya itu akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh anda dan sangat mempengaruhi siklus menstruasi anda. Karena olahraga yang berlebihan dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh.

Alat Kontrasepsi

Beberapa wanita menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Alat ini sebenarnya bisa mempengaruhi siklus menstruasi anda, sehingga mempengaruhi menstruasi pada tubuh anda, dan ini akan sangat menganggu kondisi menstruasi anda.

Sindrom Ovarium Polikistik

Kondisi ini biasanya menyerang bagian rahim wanita. Karena sindrom ovarium polikistik merupakan timbulnya kista kecil pada serviks. Keberadaan kista tersebut bisa mempengaruhi kondisi hormon dalam tubuh, sehingga sangat mempengaruhi kondisi pada tubuh dan mempengaruhi siklus menstruasi. Hampir semua wanita yang mengalami sindrom ini akan berpnegaruh pada siklus menstruasi mereka.

Obesitas

Salah satu yang bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur adalah obesitas. Obesitas akan mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita. Wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Sehingga anda diwajibkan untuk menjaga tubuh anda.

Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi pada tubuh anda. Untuk itu diharapkan anda untuk menjaga tubuh untuk mendapatkan siklus menstruasi yang teratur. Banyak wanita yang mengabaikan hal ini, padahal jika dibiarkan bisa menganggu kesehatan reproduksi.

Ada baiknya ketika anda mengalami masalah pada siklus menstruasi dan mengetahui penyebab haid tidak teratur anda. Apabila anda sudah merasa risih, maka sebaiknya anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui kondisi tubuh anda.