Ketahui Dengan Jelas Mengenai Sekolah Swasta Dan Sekolah Negeri Untuk Anak Agar Tidak Salah Pilih

Menentukan sebuah sekolah adalah salah satu hal utama yang menentukan masa depan anak. Dengan bersekolah di sekolah yang terbaik dan bagus, minat dan bakat anak akan dilatih, dan prestasinya pun akan semakin bagus. Dengan begitu anak Anda sudah dilatih untuk menjadi yang terbaik sejak masih kecil.

Namun, memilih sekolah yang baik tidak segampang saat membalik telapak tangan. Ada banyak faktor yang wajib diperhatikan saat memilih sekolah. Perbandingan sekolah swasta atau negeri pun menjadi tidak dapat dihindari lagi.

Sekolah swasta atau negeri yang baik menyediakan segudang fasilitas yang sama baiknya. Bahkan, jika Anda memutuskan untuk menyuruh anak ke SD atau SMP negeri, Anda tidak perlu cemas dengan biaya SPP lagi.

Namun, ada beberapa faktor lain yang membuat beda sekolah swasta atau negeri. Faktor ini dapat menjadi bahan perhatian Anda sebelum mendaftarkan anak. Apa saja dari faktor itu ?

  • Perhatikan Dari Jenis Kurikulum

Kurikulum yang diberikan di sekolah negeri adalah kurikulum berbasis kompetensi yang selalu diupdate setiap beberapa tahun sekali. Kurikulum yang sekarang ini dipakai adalah kurikulum 2013 yang mendorong siswa untuk menjadi sosok pelajar yang aktif.

Namun, beberapa sekolah swasta internasional menyediakan kurikulum internasional seperti International Baccalaurate (IB) atau Cambridge. Kurikulum internasional ini membuat anak untuk melanjutkan studi di luar negeri.

  • Perhatikan Dari Fasilitas Yang Ada

Sangat disayangkan, fasilitas yang ada di sekolah negeri tidak merata. Sekolah unggulan biasanya diberikan dengan fasilitas https://macauslot88.info/ seperti lapangan, laboratorium, proyektor, atau ruangan ekstrakurikuler yang dapat menunjang proses belajar anak.

Tidak dapat dipertanyakan juga bahwa sekolah negeri yang “biasa” atau tidak unggulan masih belum memiliki fasilitas terbaik. Sementara itu, sekolah swasta biasanya menyediakan berbagai fasilitas lengkap untuk menarik siswa. Dengan ada fasilitas ini dapat menjadi pertimbangan untuk menyekolahkan anak, meski mungkin tidak dijadikan perhatian yang utama.

  • Perhatikan Dari Biaya sekolah

Pemerintah menjamin biaya sekolah dasar sampai pada sekolah menengah pertama. Artinya, selama anak bersekolah di SD serta SMP negeri, Anda tidak perlu cemas tentang biaya SPP. Sebaliknya, jika Anda memutuskan untuk menyekolahkan anak pada sekolah swasta, Anda wajib mencermati uang pangkal, SPP bulanan, uang praktik, serta berbagai biaya lainnya yang tentu harus untuk dianggarkan.

Sebaiknya, cari tahu mengenai sekolah swasta tujuan sebelum mendaftar serta pastikan Anda sudah mempersiapkan semua dana pendidikan dari jauh waktu.

  • Perhatikan Dari Ukuran Kelas

Biasanya, kelas di sekolah negeri lebih tinggi dari sekolah swasta. Satu kelas di sekolah negeri bisa memuat sampai pada 40 anak, sementara banyak sekolah swasta yang menyediakan rasio siswa dan guru lebih rendah. Semakin banyak siswa dalam suatu kelas, semakin susah juga guru memetakan minat serta  bakat setiap anak di kelasnya. Jika Anak Anda adalah anak dengan keperluan belajar khusus, Anda disarankan untuk mendaftarkan anak ke tipe sekolah swasta.

  • Perhatikan Dari Keberagaman Siswa Yang Ada

Sekolah swasta tertentu dibangun oleh yayasan berdasarkan agama, sementara sekolah negeri dibangun oleh negara. Hal ini tentu membuat beda keberagaman yang terdapat di sekolah.

Siswa di sebagian sekolah swasta tentu lebih homogen, sementara siswa di sekolah negeri lebih banyak latar belakangnya, baik latar belakang agama, ekonomi, hingga dari ras. Jika mau mengajarkan keberagaman pada anak, Anda lebih disarankan untuk menyekolahkan anak pada jenis sekolah negeri. Semoga bermanfaat

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *