Kurangi Risiko Kecelakaan Berkendara dengan Cara Berikut

Berkendara dengan sepeda motor saat ini sudah jadi tren tersendiri di kalangan masyarakat.. Tidak hanya kaum pria, wanita pun sekarang sudah banyak yang menggunakan jenis kendaraan roda dua ini. Body-nya yang ramping akan mudah menyalip tiap baris kendaraan roda empat yang terjebak macet.Sayangnya kecendrungan penggunaan kendaraan bermotor ini tidak dibarengi dengan kesadaran akan keselamatan dari sang pengendara. Hal ini menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan saat berkendara.

Rentannya risiko kecelakaan itu membuat banyak orang memilih untuk menggunakan asuransi kecelakaan. Saat ini memang sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kecelakaan, seperti Lifepal. Banyak yang memilih asuransi kecelakaan ini untuk mengurangi kerugian yang dialami, termasuk biaya perawatan.

Walau sudah menggunakan asuransi kecelakaan, bukan berarti kita bisa seenaknya berkendara ya. Tetap saja kita harus mengikuti aturan yang ada, seperti rambu lalu lintas. Memang kecelakaan bukan hal yang benar-benar dapat kita hindari sepenuhnya. Namun, kemungkinan terjadinya masih bisa diminimalisir. Seperti dengan beberapa cara berikut.

1. Cek kendaraan sebelum bepergian

Kebanyakan orang seringkali tidak mengecek kondisi kendaraannya sebelum berpergian. Padahal langkah ini sangatlah penting. Bagaimana kalau ternyata ada kerusakan pada mesin motor atau rem dan kita baru menyadarinya di tengah perjalanan? Belum tentu saat itu jalanan sedang dalam kondisi tidak ramai atau kita sedang berada di dekat bengkel. Kalau jalanan sedang ramai, bukan tidak mungkin juga bisa terjadi kecelakaan. Maka itu, baiknya cek terlebih dahulu kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

2. Lakukan service rutin di bengkel terpercaya

Service rutin tidak hanya dilakukan untuk memeriksa saja, tapi juga dapat memperbaiki bagian-bagian tertentu yang mungkin sudah harus diganti karena rusak ataupun sudah tua. Tidak ada benda apapun yang akan awet kalau tidak dirawat dengan baik. Karenanya, service rutin sangat diperlukan agar motor kita bisa selalu dalam kondisi baik dan sehat.

3. Tidak menggunakan handphone atau gawai lainnya selama perjalanan

Kaum milenial seringkali tidak bisa terlepas dari yang namanya gawai. Seperti tiada hari tanpa gawai. Selalu dibawa kemana pun dan kapan pun, misalnya saat berkendara. Hal inilah yang sering memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena itu, baiknya tahan keinginan untuk memainkan gawai apapun, terutama Handphone saat sedang berkendara.

4. Selalu patuh pada rambu lalu lintas

Banyak pengendara yang sering menyepelekan rambu lalu lintas. Padahal ini adalah salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan berlalu lintas. Tidak cuma itu, melanggar rambu lalu lintas juga bisa membuat kita kena tilang, lho. Maka dari itu, daripada kita terkena risiko kecelakaan dan tilang, lebih baik patuhi rambu lalu lintas yang ada.

5. Gunakan helm saat berkendara

Yang satu ini paling sering diabaikan oleh pengendara. Dengan alasan kalau jarak yang ditempuh dekat, mereka seringkali menolak menggunakan helm. Seperti halnya asuransi, penggunaan helm memang belum tentu akan mencegah terjadinya kecelakaan. Namun, ini bisa mengurangi dampak kecelakaan tersebut pada diri kita, misalnya mencegah cedera di kepala yang dapat berakibat fatal. So, baiknya selalu menggunakan helm ya. Walau jarak yang ditempuh cukup dekat sekalipun.

6. Berdoa sebelum mulai berkendara

Mungkin di antara kalian masih banyak yang sering lupa melakukan ini. Padahal keselamatan berkendara tidak datang begitu saja. Semua itu adalah kehendak dari Yang Maha Kuasa. Berdoa tidak hanya untuk meminta rezeki, tapi juga perlindungan dari segala ancaman yang ada, seperti kecelakaan. Oleh karenanya, sebelum memulai perjalanan jangan pernah lupa berdoa meminta perlindungan dari-Nya ya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan berlalu lintas. Kesadaran diri adalah poin penting dalam hal ini. Dengan kesadaran diri dalam berlalu lintas yang tinggi, kemungkinan berkendara dengan aman juga akan semakin tinggi. Memang kecelakaan bukanlah hal yang dapat benar-benar kita hindari.

Namun kemungkinanterjadinya yang masih dapat diminimalisir. Hal terpenting adalah selalu ikuti aturan yang ada. Karena melanggar aturan lalu lintas tidak hanya akan merugikan diri sendiri, tapi juga pengendara lain.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *